Yuk Ketahui Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ginjal!

Puasa merupakan tindakan yang berpantang dari makanan, minuman atau dari keduanya, hal-hal yang buruk baik perbuatan atau ucapan serta hal-hal lainnya yang mampu membatalkan puasa dalam periode waktu tertentu.

Nah, khususnya sebagai umat islam kita memiliki kewajiban berpuasa di bulan suci ramadhan. Di bulan penuh berkah ini kita dituntut menjalankan puasa dari mulai terbit sampai terbenamnya fajar. Ketika berpuasa selama sehari penuh tentunya tidak bisa dipungkiri lagi rasa lapar dan haus selalu menghampiri kapan saja, terlebih lagi saat jam-jam makan siang. Namun perlu kita ketahui semua bahwa ketika kita berpuasa terlebih lagi puasa di bulan yang suci seperti ini, bukan hanya rahmat dan pahala saja yang kita dapatkan dari Tuhan melainkan kita pun akan mendapatkan manfaat-manfaat yang mungkin tidak kita duga sebelumnya.

Perlu kita ingat atas apa yang kita lakukan tidak akan ada yang sia-sia, begitu pun ketika kita menahan lapar dan haus saat berpuasa. Ketika kita berpuasa maka tanpa pernah disadari pada saat itu pun kita mendapatkan manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Puasa dengan tidak makan dan minum bukan berati kita menyiksa tubuh kita , justru dengan berpuasa tubuh atau bagian-bagian organ tubuh yang lainnya menjadi lebih sehat, dimana salah satunya yaitu ginjal.

Manfaat-puasa-untuk-ginjal1

Puasa untuk kesehatan ginjal sangat bermanfaat untuk bisa kita ketahui. Seperti yang telah kita ketahui, ginjal adalah salah satu organ yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Dimana fungsi ginjal untuk tubuh manusia yaitu sebagai alat penyaring kotoran yang terdapat di dalam darah yang dibuang melalui urin manusia. Tidak hanya itu, fungsi ginjal yang lainnya yaitu sebagai pengatur jumlah volume darah supaya darah yang ada di dalam tubuh tetap seimbang, menyaring glukosa, gizi dan zat-zat lain yang terdapat di dalam tubuh, serta untuk mengatur keseimbangan kimia darah dan juga menjaga pH darah agar tidak terlalu asam.

Nah, lantas apa hubungan puasa dengan kesehatan ginjal? Untuk mengetahui informasi selanjutnya maka anda harus menyimak artikel ini sampai tuntas.

Ketika kita berpuasa maka tidak ada asupan makanan dan juga air. Nah, penghentian air selama kita puasa terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal dan juga dapat meningkatkan kekuatan osmosis pada urin skitar 1.000-12.000ml osmsis/kg air. Dan pada keadaan tertentu, hal ini mampu memberikan perlindungan pada fungsi ginjal. Kekurangan air yang terjadi ketika kita berpuasa pun ternyata mampu meminimalkan volume air pada darah. Keadaan seperti ini pun mampu untuk memacu laju kinerja mekanisme lokal yang mengatur pembuluh darah, dan juga menambah prostaglandin sehingga nantinya mampu memacu fungsi serta kinerja sel darah merah.

Oleh sebab itu, dengan kita puasa maka itu merupakan salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal karena mungkin sebelumnya kita tidak pernah memperhatikan kesehatan organ ini sama sekali.

Nah, itulah manfaat puasa untuk kesehatan ginjal. Semoga setelah membaca artikel ini anda semakin rajin untuk berpuasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan dan sebarkan artikel ini dengan cara klil tombol share kepada teman atau orang-orang disekitar anda agar mereka pun bisa mengetahui manfaat yang luar biasa ketika mereka menjalankan puasa. Dan jangan lupa pula untuk memberikan komentar anda di bawah ini.