Yuk Cari Tahu Jembatan Terpanjang Di Indonesia yang Menakjubkan

Siapa yang tidak tahu dengan Jembatan Suramadu? Jembatan Suramadu ini memang termasuk jembatan baru yang mulai dibangun pada tahun 2003 serta selesai dan diresmikan pada 10 juni 2009 silam.

Jembatan Suramadu ini merupakan jembatan terpanjang yang ada di Indonesia, dengan panjang mencapai 5.438 meter. Bahkan jembatan ini pun dijuluki sebagai jembatan terpanjang ke 3 di Asia Tenggara. Dalam pembangunan jembatan ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit pastinya, dimana pembanguan jembatan yang satu ini sekitar 4,5 triliun rupiah.

Jembatan ini menghubungkan dua pulau di Indonesia, sesuai dengan namanya 'Suramadu' maka jembatan ini pun menghubungkan Surabaya dan Madura. Jembatan yang menakjubkan ini terdiri dari tiga bagian. Dimana bagian pertama merupakan jalan layang yang berada tepat di sisi masing-masing pulau, dengan panjang di sisi Surabaya sekitar 1458 meter serta di sisi Madura sekitar 1818 meter. Selanjutnya disambung oleh jembatan penghubung dan masing-masing panjangnya sekitar 627 meter. Yang terakhir adalah jembatan utama yang letaknya di tengah-tengah serta terdiri dari tiga bagian, dua bentang samping dengan panjang 192 meter dan bentang utama dengan panjang 434 meter.

Pembangunan jembatan yang berada di atas selat madura ini sebenarnya memiliki tujuan untuk pemerataan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di sisi pulau Madura yang pada dasarnya relatif tertinggal dibandingkan dengan kota tetangganya Surabaya. Jembatan ini memiliki 4 jalur, 2 jalur untuk roda empat dan 2 jalur untuk roda dua.

Meskipun tujuan sebagai pemerataan pembanguan dan ekonomi pulau Madura, tetapi jembatan ini juga telah menjadi salah satu tujuan wisata yang selalu diburu entah itu oleh warga sekitar ataupun para traveller yang memang sengaja datang dari luar kota untuk melihat keindahan yang dimiliki oleh Jembatan Suramadu ini.

Pemandangan yang bisa dilihat dari Jembatan Suramadu ini memang terbilang cukup menarik. Pada siang hari ketika anda melewati jembatan yang satu ini atau sengaja datang mengunjungi, maka anda pun bisa melihat indahnya Selat Madura dari atas jembatan tersebut. Lautan yang mengelilingi anda pada saat itu akan memberikan sensasi serasa terbang di atas laut. Dan pada saat anda melihat ke arah Surabaya, maka anda bisa menikmati gagahnya patung Jalesveva Jayamahe serta kawasan Pantai Kenjeran, bahkan sesekali anda pun bisa menikmati kapal yang sedang berlayar.

Ketika malam hari, keindahan Jembatan Suramadu ini tidak kalah. Bahkan pada malam hari jembatan ini terlihat lebih cantik. Lampu-lampu yang menghasi menara jembatan menciptakan kombinasi berwarna-warni yang indah untuk dipandang serta membuat suasananya pun menjadi lebih menarik, pastinya akan sangat tepat jika diabadikan dengan menggunakan kamera. Untuk menikmati Jembatan Suramadu ini sebenarnya ada cara lain selain melalui atas jembatan, caranya yaitu dengan naik kapal atau menyewa perahu.

Ada keunikan lain pada jembatan yang satu ini, dimana bila dilihat dari jauh maka jembatan ini akan terlihat begitu menanjak pada bagian tengahnya, namun jika kita melewatinya secara langsung tidak ada bagian yang menanjak tersebut tapi yang ada hanya jalan yan sedikit landai saja. Nah, untuk melihat keindahan jembatan yang satu ini anda bisa melihatnya sendiri pada video yang akan kami sajikan di bawah ini.

Sangat indah dan menakjubkan bukan? Yuk sebarkan artikel ini kepada teman dan orang-orang terdekat anda serta jangan lupa berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook