Yuk Cari Tahu Fakta Unik Tentang Armadillo, Hewan Kecil Berlapis Baja

Armadillo, merupakan hewan mamalia plasental kecil yang diketahui memiliki perisai pada tubuhnya.

Nama Armadillo sebutan untuk hewan unik ini berasal dari bahasa Spanyol, dimana kata tersebut memiliki arti "si kecil berlapis baja", julukan tersebut mengacu pada lempeng tulang, dimana lempeng tulang menutupi bagian kepala, punggung, kaki, serta ekornya. 

Armadillo dijuluki sebagai makhluk yang unik dan enah. Mengapa demikian? Ya hal tersebut disebabkan karena hewan yang satu ini merupakan satu-satunya mamalia yang memakai cangkang. Di negara kita sendiri mungkin rasanya sulit menemukan hewan unik ini, karena hewan yang satu ini biasanya ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah.

Fakta-armadillo

Armadillo pada kenyataannya memiliki keterkaitan dengan trenggiling, namun armadillo pada umumnya memiliki moncong yang rucing serta mata yang berukuran kecil. Armadillo memiliki ukuran dan warna tubuh yang sangat bervariasi, spesies terkecil yakni pink fairy armadillo, dimana ukurannya kira-kira sebesar tupai, dengan berat badan hanya 85 gram dan panjang hanya 11 cm. Sedangkan untuk spesies terbesar yakni giant armadillo, dimana ukurannya sama dengan babi kecil, dengan berat mencapai 60 kg sedangkan panjang bisa mencapai 150 cm bahkan lebih.

Faktanya tidak semua armadillo bisa membungkus diri mereka di dalam cangkang. Bahkan seperti yang diketahui, hanya three-banded armadillo sajalah yang bisa meringkukan kepala dan kaki bagian belakang serta memutar cangkangnya menjadi seperti bola yang sangat keras dan bisa mengacaukan atau menyerang predatornya.
Armadillo pada umumnya hidup di dalam sebuah habitat beriklim sedang dan juga hangat, termasuk padang rumput, hutan tropis, serta gurun. Tingkat metabolisme armadillo sangat rendah, bahkan tubuhnya pun kurang menyimpan banyak lemak, oleh sebab itulah dingin merupakan musuh bagi mereka.

Pada sebagian besar spesies penggali merupakan hewan yang sangat suka tidur, bahkan diketahui mencapai 16 jam dalam setiap harinya, armadillo hewan unik dan aneh ini mencari makan ketika waktu subuh dan di malam hari. Biasanya hewan ini akan memangsa atau menyantap hewan serangga seperti semut, rayap, kumbang, dan juga serangga-serangga lainnya. Armadillo tidak memiliki tingat penglihatan yang bagus, oleh sebab itulah ketika mencari makan atau berburu mereka akan memanfaatkan atau mengandalkan perasaan serta penciumannya yang sangat tajam.

Kaki yang kuat serta cakar depan yang terbilang cukup besar akan mereka gunakan untuk menggali, sedangkan lidahnya yag terkenal sangat lengket digunakan untuk mengekstraksi semut dan juga rayap yang ada di dalam terowongan mereka. Tidak hanya itu, armadillo juga biasanya akan memakan tanaman serta beberapa buah, bahkan dalam beberapa kasus mereka memakan bangkai.

Sekarang ini jumlah populasi mereka semakin sedikit saja, bahkan hampir semua spesies terancam hilang habitat, biasanya ancaman kepunahan pun datang dari kebiasaan berburu yang dilakukan oleh manusia. Tidak hanya itu, banyak sekali budaya di Amerika yang menganjurkan untuk mengkonsumsi daging armadillo, dimana mereka yang biasa mengkonsumsi daging armadillo mengatakan bahwa rasa beserta teksturnya sangat menyerupai dengan babi.

Saat ini diketahui hanya populasi dari nine-banded armadillo saja yang berkembang. Sedangkan beberapa spesies lain, termasuk pink fairy armadillo saat ini sudah terancam punah.

Nah, bagi anda yan ingin melihat seperti apa keunikan dan keanehan hewan armadillo, maka anda bisa menyaksikan sendiri pada video di bawah ini.

Sungguh menakjubkan bukan? Yuk sebarkan atau bagikan informasi ini kepada sahabat, teman, atau orang-orang yang ada di sekitar anda lainnya dengan cara menekan tombol share. Tidak hanya itu, anda juga bisa menyertakan komentar atau saran pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook