Wow! 5 Hewan Dengan Lari Tercepat INI Kalahkan Kecepatan Sepeda Motor Loh!

Hewan memang terdiri dari ratusan bahkan ribuan jenis yang tersebar di dunia ini. Masing-masing hewan tentu memiliki keunikan dan juga kemampuan dalam bertahan hidup. Hewan memiliki sesuatu yang memang dapat dimanfaatkan dalam memburu mangsanya.

Seperti pada hewan-hewan berikut dengan kemampuan berlari yang cukup cepat, dijamin Anda akan takjub mengetahui kemampuannya. Hewan dengan larui tercepat ini memang menjadikan senjata ampuh bagi mereka untuk dapat bertahan hidup dan memangsa hewan buruannya. Berikut beberapa hewan dengan lari tercepat yang wajib Anda tahu:

Springbok

Hewan pertama yang terkenal dengan lari tercepat ialah springbok. Jenis hewan ini merupakan antelop berukuran medium yang banyak ditemukan di Barat Daya Afrika  tepatnya di kawasan sabana selatan. Antelop termasuk hewan mamalia yang menyerupai kambing dengan memiliki tanduk yang tegak lurus ke atas. Hewan jenis ini hampir sama dengan kijang, akan tetapi hewan ini termasuk jenis sapi.

Akan tetapi, hewan jenis ini termasuk hewan terancam punah yang merupakan anggota dari familia bovidae. Springbok pertama kali diperkenalkan pada tahun 1780 oleh Eberhard August Wilhelm Von Zimmermann yang merupakan ahli biologi asal Jerman. Hewan ini termasuk hewan yang memiliki tinggi medium dengan tinggi mulai dari 71-86 cm dengan tanduk yang sangat indah.

Dengan tampilan yang indah dan juga menarik cukup perhatian, hewan ini ternyata hewan yang memiliki kemampuan berlari sampai 100 kilometer per jamnya. Springbok juga terkenal dengan lompat tingginya hingga mencapai jarak empat meter. Wah, sangat tinggi sekali, bukan?

 Cheetah

Tidak dapat diragukan lagi akan kemampuan berlari tercepatnya. Hewan ini termasuk jenis  keluarga kucing (felidae) yang suka memangsa hewan lainnya dengan teknik yang sangat cepat dalam tangkapan. Mereka biasanya berburu mangsa dengan cara bergerombol dan juga mengendap-endap.

Cheetah ini merupakan hewan dengan kecepatan berlari mencapai 115 km per jam. Cheetah memang terkenal sebagai pemangsa paling efisien di dunia hewan ini. Mereka akan mengejar lalu memangsa hewan buruannya meski dalam jarak yang cukup jauh.

Cheetah termasuk pada hewan yang pintar dibandingkan dengan singa ataupun harimau. Ia tidak langsung menerkam mangsanya, akan tetapi ia akan memberikan sentuhan kecil pada kaki belakang korbannya saat sedang berlari kencang. Dengan melihat korbannya jatuh, ia pun langsung menerkam mangsanya hingga kehabisan banyak darah.

 Kuda

Siapa sih yang tidak kenal dengan kuda. Hewan yang memiliki lari cepat ini kerap dijadikan sebagai kendaraan perang dan juga alat transportasi. Hewan ini termasuk pada salah satu spesies dari sepuluh spesies modern yang merupakan mamalia dari genus Equus. Kuda terkenal dengan jenis hewan pelari terbaik dan juga kuat.

Seperti yang dilaporkan oleh Guinness World Records, hewan ini dapat berlari dengan kecepatan hingga 70,76 kilometer per jam. Kuda termasuk hewan peliharaan yang sangat dekat dengan manusia. Untuk itu, tidak heran kalau hewan ini diikutkan pada perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional.

 Wildebeest

Hewan ini termasuk pada salah satu mamalia herbivora yang termasuk anggota famili Bovadie. Wildebeest merupakan jenis hewan yang hidup di padang savana pedalaman Afrika.  Hewan ini termasuk jenis hewan dengan lari tercepat hingga jarak 80,5 kilometer per jamnya yang banyak ditemukan di wilayah Tanzania.

Wildebeest terkenal dengan hewan migrasi besar tahunan yang mereka lakukan untuk mencari daerah baru yang lebih hijau sekitar bulan Juli sampai Agustus.

Kanguru

Jenis hewan yang satu ini termasuk jenis hewan yang banyak ditemukan di Australia. Kanguru merupakan jenis hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupilia). Ia memiliki dua kaki belakang yang sangat kuat sehingga hewan ini dapat melompat dengan kecepatan 20-25 kilometer per jam.

Dengan kaki belakang yang kuat, ia memiliki kecepatan berlari hingga 71 kilometer per jam. Kanguru juga diketahui memiliki otot tungkai depan yang kuat sehingga ia memiliki  kemampuan untuk berkelahi juga memikat betina.

Itulah beberapa hewan dengan lari tercepat yang harus Anda ketahui. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman dan juga kerabat ya.. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply