Wisata Pulau Pisang Tawarkan Keindahan dan Kemurnian Alam

Wisata Pulau Pisang Tawarkan Keindahan dan Kemurnian Alam – Indonesia adalah negara kepulauan yang membentang luas dari mulai Sabang sampai dengan Merauke. Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya banyak pantai yang tersebar di banyak daerahnya di tanah air. Mulai dari ujung Barat sampai ke ujung Timur barisan pantai membentang menghiasi pulau-pulau yang ada. Itulah mengapa, ada banyak pantai dan pulau menarik untuk dikunjungi dan dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Daripada pergi ke luar negeri hanya untuk menikmati pemandangan pantai atau pulau-pulau cantik. Tanah air kita pun sebenarnya menyimpan banyak keindahan yang tak kalah saing. Anda tinggal memilih destinasi kota atau provinsi mana yang ingin dikunjungi dan temukan pantai cantik untuk berwisata. Karena sebagian besar provinsi di tanah air kita ini hampir seluruhnya punya pantai.

Contohnya seperti Lampung, provinsi Barat di tanah air ini menyimpan aneka pantai dengan nama yang unik dan menawarkan kecantikannya yang khas dan berbeda. Salah satunya adalah Pulau Pisang dengan segala keelokan yang dimilikinya dijamin tempat ini akan menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata Pulau Pisang Tawarkan Keindahan dan Kemurnian Alam

Daya tarik di Pulau Pisang tak hanya membius warga local dan sekitarnya untuk berkunjung ke tempat ini. Bahkan banyak turis yang tertarik membuktikan keindahan dan kecantikan pulau yang terletak di bagian paling Barat Indonesia ini. Nah, bagi anda yang juga ingin menyambangi Pulau Pisang baik bertravel solo maupun bersama dengan keluarga dan kerabat maka di bawah ini kita simak terlebih dahulu ulasan.

Wisata Pulau Pisang di Lampung

Wisata Pulau Pisang di Lampung

Satu dari puluhan pantai yang terkenal di Lampung, Pulau Pisang adalah salah satu pulau yang punya reputasi yang cukup baik sebagai pulau dengan keindahan yang menakjubkan. Nama Pulau Pisang sendiri memang sudah lama dikenal sebagai objek wisata bahari yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat yang menawarkan panorama lautnya.

Pulau Pisang menghadap secara langsung ke bagian Samudera Hindia dengan luas pulau mencapai 148,82 hektar. Dari namanya, kita mungkin penasaran mengapa orang sampai memberikan nama tersebut untuk pulau yang ada di Lampung ini. Konon katanya, Pulau Pisang diberikan karena bentuk pulaunya yang hampir mirip dengan pisang. Pemandangan ini dapat dibuktikan apabila anda menaiki menara di Pulau Pisang. Pemandangan dari ketinggian inilah yang akan membuat anda paham mengapa pulau ini diberikan dengan nama tersebut.

Akan tetapi, versi lain menyebutkan bahwa pemberian nama Pulau Pisang diberikan sebab penemu dari pulau ini datang dengan menggunakan pelepah pisang. Cerita lain yang berkembang menyebutkan dahulu di pulau ini terdapat banyak pohon pisang yang amat melimpah.

Entah cerita versi mana yang benar yang jelas pulau yang kental dengan budaya ini memang menawarkan keindahan dan kemurnian alam yang siapa saja bisa menikmatinya bila mampir ke pulau yang satu ini.

Pulau Pisang pun terkenal sebagai pulau yang bersih dengan pantai yang putih dan halus bersih. Pantai Pulau Pisang dijamin akan membuat siapa saja yang pernah mampir ke tempat ini merasa ingin kembali lagi untuk sekedar menikmati pemandangan alam dan desiran pasir yang menggoda di pulau yang satu. Angin sepoi-sepoi dan pemandangan pohon kelapa yang landai seakan menyempurnakan tampilan dari sebuah pemandangan pantai yang elegan.

Tak hanya keindahan pantainya yang mempesona. Pulau Pisang pun punya beberapa spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Tempat yang paling menarik untuk disambangi adalah Pantai Dermaga. Pantai ini lokasinya ada di Pekon Pasar. Salah satu ciri khas unik yang mungkin tidak anda jumpai di tempat lainnya adalah pemandangan tiang-tiang beton dari sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus dengan ombak yang besar.

Spot yang Harus Dikunjungi di Pulau Pisang

Wisata Pulau Pisang di Lampung

Ada beberapa tempat menarik dan unik yang sayang apabila anda lewatkan begitu saja ketika menyambangi Pulau Pisang. Beberapa tempat tersebut tak kalah menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan keunikannya tersendiri. Nah, bagi anda yang penasaran mengetahui apa saja spot cantik di Pulau Pisang selain Pantai Dermaga. maka mari simak informasinya di bawah ini.

Batu Inton

Spot selanjutnya yang dapat anda nikmati di Pulau Pisang adalah Batu Inton. Tempat ini masuk ke dalam wilayah Pekon Pasar. Di tempat ini anda akan disuguhi pemandangan kerlap-kerlip dari batu pantai yang terkena dengan pancaran sinar matahari. Tak hanya mereka yang langsung datang ke Batu Inton. Anda yang hanya berada di pinggir pantai pun akan merasa seperti terdapat banyak kilauan di pantai yang satu ini. Kilauan tersebut berasal dari intan yang sangat eksotis. Itulah mengapa tempat ini bernama Batu Inton karena ada banyak batu intan di tempat yang satu ini.

Gua Liang

Tak jauh dari Batu Inton anda pun bisa menyambangi Gua Liang dimana tempat ini masuk ke dalam wilayah Pekon Bandar Dalam. Pemandangan yang disuguhkan di tempat ini adalah pemandangan laut lepas yang amat mempesona termasuk di dalamnya anda bisa menikmati pemandangan di Batu Inton dari tempat ini.

Karena tempat ini adalah sebuah gua alam maka jangan heran bila disepanjang jalan menuju gua anda akan disambut oleh barisan kera ekor panjang yang saling bergelantung dan berlompat dari satu pohon ke pohon lain. Sensasi perjalanan seperti seorang raja hutan yang disambut oleh kawanan kera ini tentu menjadi pengalaman yang akan sulit untuk dilupakan.

Batu Tiga

Selain Gua Liang anda pun jangan sampai melewatkan Batu Tiga yang berada di Pekon Sukamarga. Spot yang satu ini sebenarnya masih satu jalur dengan Gua Liang jadi sambil mengunjungi Gua Liang lanjutkan perjalanan menuju Batu Tiga. Adapun penamaan Batu Tiga untuk tempat ini dikarenakan ketika anda menyusuri bagian kiri dari Pulau Pisang maka anda akan mendapati tiga batu berukuran besar yang tersebar pada bagian bibir pantai.

Karena sebagian besar pantai di tempat ini terbentuk dari karang yang curam tersiram ombak maka anda bisa ikut memancing di tempat ini. Ada fasilitas sewa alat pancing yang tersedia di tempat ini yang mana tentunya dapat anda manfaatkan dengan baik.

Transportasi Menuju Pulau Pisang

Wisata Pulau Pisang di Lampung

Bagi anda yang ingin menyambangi tempat yang satu ini maka anda akan perlu mengambil perjalanan darat dari Bandar Lampung menuju Krui. Perjalanan ini bisa dilakukan dari Bandar Lampung menuju Pringsewu dan berlanjut ke Kita Agung Sedayu Bengkunet hingga akhirnya anda sampai di Krui.

Setibanya di Krui anda bisa mengambil perjalanan laut dari Dermaga Kuala Krui. Perjalanan yang ditempuh biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Tak perlu khawatir perjalanan laut disini ombaknya cukup bersahabat sehingga anda tidak perlu khawatir akan mabok laut.

Leave a Reply