Berkunjung ke 9 Tempat Wisata Menarik di Pontianak

Pontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat. Pontianak memiliki sejuta pesona yang menakjubkan dan masih banyak orang yang belum tahu akan keindahan, serta tempat menarik yang ada di Pontianak. Di Pontianak terdapat objek wisata keren yang harus anda kunjungi saat datang ke Pontianak, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, wisata alam, spot foto menarik dan lain sebagainya.

Bagi anda yang berencana berlibur ke Pontianak, jangan bingung menentukan tujuan wisata. Pasalnya, kota ini menawarkan banyak tempat wisata pilihan yang bisa anda kunjungi. Meskipun jarang terdengar akan keindahannya, tetapi Pontianak memiliki banyak tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan kota besar lainnya.

Nah, untuk anda yang ingin tahu apa saja tempat menarik di Pontianak dan sekitarnya, anda bisa langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Berkunjung ke 10 Tempat Wisata Menarik di Pontianak

Selain terkenal oleh Sungai Kapuas, serta garis khatulistiwa, Pontianak juga memiliki banyak tempat menarik yang tidak boleh anda lewatkan. Jika anda sedang berlibur ke Pontianak, jangan lupa untuk mencoba mengunjungi tempat-tempat menarik ini. Yuk simak beberapa tempat menarik di Pontianak berikut ini. ( Baca juga : Menikmati Pesona Alam Liar Danau Sentarum Di Jantung Borneo )

Pantai Kijing

Pantai Kijing

Pantai Kijing menjadi salah satu objek wisata tua di Pontianak sehingga tak heran jika banyak orang yang mengetahui akan keberadaan tempat wisata alam yang satu ini.

Pantai Kijing cukup digemari oleh para wisatawan karena memiliki panorama keindahan yang begitu menakjubkan. Dulunya pantai ini yaitu hutan mangrove dan memiliki banyak biota laut seperti karang dan kepiting.

Karena sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata, Pantai Kijing memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti ruang ganti setelah anda selesai berenang, toilet dan lain sebagainya. Selain itu, di sini juga sudah tersedia warung makanan, parkir kendaraan yang memadai dan musholla. Di sini disediakan gazebo yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai Kijing.

Di Pantai Kijing selain bisa menikmati panorama keindahan pantai dan pemandangan sekitar, para pengunjung juga bisa bermain air, bermain pasir ataupun berenang. Namun, disarankan untuk berhati-hati saat bermain air atau berenang di pantainya.

Alamat : Pantai Kijing berlokasi di Ds. Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kab. Pontianak, Kalimantan Barat.

Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun Alun Kapuas

Nah, jika anda berkunjung ke Pontianak, maka  rasanya tidak akan lengkap jika anda tidak mampir ke alun-alun Kapuas. Alun-Alun Kapuas itu sendiri merupakan sebuah taman yang digemari oleh warga Pontianak. Di tempat ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung.

Oleh warga Pontianak, taman ini sering disebut juga sebagai Taman Korem. Pasalnya lokasi taman ini berada di depan kantor Korem. Taman ini berada di pinggir Sungai Kapuas.

Di Taman Alun-Alun Kapuas, anda bisa  menikmati indahnya sunset atau sunrise bersama orang terkasih. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan Sungai Kapuas  yang indah dengan warna keemasan karena terkena oleh sorotan sinar matahari. Di tempat ini juga tersedia cafe apung yang mana kapal ini akan membawa penumpangnya berjalan-jalan mengelilingi Sungai Kapuas. Selain dijadikan sebagai tujuan wisata atau berlibur, tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk event besar.

Alamat : Taman Alun-Alun Kapuas berlokasi di Jl. Rahadi Usman, Tengah, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center merupakan salah satu tempat wisata unik di Pontianak yang sayang jika dilewatkan. Sesuai namanya, tempat ini dipenuhi oleh tanaman aloe vera atau lidah buaya. Ya, tempat ini menjadi pusat budidaya tanaman lidah buaya. Berbeda dengan lidah buaya pada umumnya, lidah buaya di sini memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan berat dari setiap pelepahnya bisa mencapai 1,2 kg. Aloe Vera Center itu sendiri resmi didirikan tahun 2002, meskipun budidaya aloe vera di Pontianak sudah dilakukan sejak tahun 1990.

Di tempat ini anda bisa melihat langsung lidah buaya Pontianak yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Anda bisa melihat tanaman lidah buaya raksasa yang mungkin sebelumnya anda belum pernah melihatnya. Di sini lidah buaya di tanam dengan rapi.

Saat berkunjung ke sini alangkah lebih baiknya jika anda mengajak anak atau adik anda untuk belajar tentang kekayaan flora yang negara kita miliki. Tidak hanya melihat lidah buayanya saja, di tempat ini anda juga bisa melihat kreasi dari hasil olahan lidah buaya mulai dari kosmetik, minuman, makanan, snack dan lain sebagainya. Hasil olahan dari lidah buaya tersebut bisa anda beli untuk dijadikan oleh-oleh khas Pontianak.

Alamat : Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa

tugu khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan tugu kebanggaan untuk masyarakat Pontianak. Tugu ini berdiri kokoh dengan ketinggian 3 km di pusat kota. Tugu Khatulistiwa itu sendiri terdiri dari empat pilar, dan terbuat dari kayu belian. Untuk dua pilar di belakang, ukurannya dibuat lebih tinggi.

Dua pilar yang ada di belakang di antaranya terdapat tulisan ‘EVENAAR’, dari bahasa Belanda yang memiliki arti sebagai equator. Pada awalnya Tugu Khatulistiwa ini bentuknya sangat sederhana. Lalu dilakukan penyempurnaan hingga sampai sekarang ini.

Alamat : Lokasi Tugu Khatulistiwa berada di Jl. Khatulistiwa, Siantan, Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat.

Tugu Digulis

tugu khatulistiwa

Selain Tugu Khatulistiwa, salah satu tugu yang terkenal di Pontianak yaitu Tugu Digulis. Tugu Digulis atau Tugu Bambu Runcing itu sendiri menceritakan perjuangan para pemuda di Kalimantan Barat untuk meraih kemerdekaan.

Tugu Digulis berbentuk 11 bambu runcing yang tinggi menjulang. Dimana bambu tersebut masing-masing memiliki tinggi yang berbeda-beda yang menandakan 11 tokoh pejuang dari berbagai daerah yang berbeda. Warna bambunya kuning kehijauan seperti bambu pada umumnya.

Asal usul nama Tugu Digulis itu sendiri diambil dari kata “Digoel”, yang merupakan sebuah tempat di Papua. Dulunya wilayah ini termasuk ke dalam kekuasaan Hindia Belanda untuk tempat pengasingan atau pembuangan para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Lalu Kata Digul itu sendiri ditambahkan dengan akhiran -is, yang sebenarnya suffix  dari bahasa Inggris yakni ist yang artinya pelaku atau orang. Sehingga kata Digulis itu sendiri merujuk ke orang  yang diasingkan atau dibuang ke Digul.

Alamat : Tugu Digulis beralamatkan di Jln. Jendral Ahmad Yani, Kel. Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Pontianak.

Keraton Kesultanan Kadriah

Keraton Kesultanan Kadriah

Tempat menarik lainnya di Pontianak yang harus anda kunjungi yaitu Keraton Kesultanan Kadriah. Tempat ini adalah peninggalan kesultanan Pontianak, pendirinya yaitu Sultan Syarif Abdurrahman, berlokasi 4 km dari pusat kota.

Di Istana ini terdapat berbagai macam benda peninggalan seperti, Kaca Pecah Seribu, Singahsana, Al-Qur’an dengan tulisan tangan, serta Salasilah dari keturunan Sultan Pontianak.

Para pengunjung dapat melihat meriam kuno yang dibuat oleh Perancis dan Portugis di bagian depan, kiri depan dan tengah istana. Selain itu, dari sini para pengunjung dapat melihat anjungan, yakni sebuah ruangan yang menjorok ke arah depan dimana dulunya tempat ini digunakan oleh Sultan untuk tempat beristirahat atau hanya sekedar bersantai untuk menikmati indahnya pemandangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Alamat : Keraton Kesultanan Kadirah beralamatkan di Jl.Tritura Pontianak, Kalimantan Barat.

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng adalah replika rumah adat suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Tempat ini merupakan tempat wisata andalan yang menjadi rumah adat terpanjang. Rumah ini memiliki panjang mencapai 138 meter dan lebar 5 meter dengan ketinggian 7 meter.

Rumah ini memiliki bentuk yang unik, yakni  berbentuk rumah panggung panjang. Jika anggota keluarga semakin banyak, maka rumah akan semakin panjang karena suku Dayak memilih untuk hidup bersama dengan semua anggota keluarga dalam satu rumah.

Rumah Betang itu sendiri memiliki tiga bagian yakni pante atau teras, ruang selasar yang biasanya digunakan untuk  tempat berkumpul semua anggota keluarga, serta ruang tidur yang merupakan ruang pribadi untuk setiap kepala keluarga.

Rumah Betang Radakng yang dibuat oleh pemerintah ini terbuat dari bahan kayu ulin dengan diberikan hiasan ukiran, serta lukisan khas. Di waktu tertentu, rumah ini biasanya digunakan untuk latihan menari atau pertunjukan seni. ( Lihat juga : Mengagumi Keindahan Pulau Samber Gelap, Pulau Kecil nan Indah di Selatan Kalimantan )

Alamat : Jln. Letjen Sutoyo, Pontianak, Kalimantan Barat

Paradise-Q Waterpark

Paradise Q Waterpark

Pontianak juga memiliki taman bermain yang asik untuk liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta. Paradise-Q Waterpark adalah taman bermain air terbesar yang terdapat di Pontianak. Waterpark dengan ukuran yang besar ini memiliki berbagai wahana permainan yang sangat menyenangkan untuk dicoba.

Paradise-Q Waterpark ini mulai buka jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Dengan jam operasional yang cukup panjang akan memudahkan para pengunjung dalam menentukan waktu berkunjung. Tidak perlu khawatir masalah parkir, untuk pengunjung yang membawa kendaraan sendiri di sini sudah disediakan area parkir yang memadai.

Paradise-Q Waterpark tentu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan para pengunjungnya sehingga di tempat ini mensiagakan lifeguard yang bertugas untuk mengawasi, serta memberikan informasi tentang aneka wahana yang terdapat di tempat wisata ini.

Alamat : Jln. Arteri Supadio Km 12.8, No. 16, Sungai Raya. Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat

Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)

Hutan Kota

Jika anda ingin pergi ke tempat wisata alam sekaligus ingin tahu aneka pepohonan khas Pontianak, maka tidak ada salahnya anda mengunjungi Hutan Kota ini. Tempat wisata alam yang satu ini memiliki koleksi pepohonan, serta tanamanan khas Pontianak. Hutan Kota dibuat bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang terdapat di Pontianak.

Keberadaan pemandangan hijau yang terdapat di tengah-tengah kota menjadi sesuatu yang istimewa. Di tengah kota pengunjung akan melihat sesuatu yang berbeda saat berkunjung ke tempat wisata alam yang satu ini.

Untuk anda yang hobi dengan dunia fotografi, anda bisa menjadikan tempat ini sebagai objek karena pemandangannya indah. Selain itu, di sini pohonnya cukup besar sehingga anda dapat bersantai di atas hammock.

Alamat : Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Pontianak, Kalimantan Barat

Nah, untuk anda yang sedang berlibur ke Kalimantan Barat, khususnya ke Pontianak, jika bingung menentukan tujuan wisata, anda bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata di atas, mulai dari wisata alam, sejarah hingga waterpark.

Itulah beberapa tempat wisata di Pontianak dan sekitarnya. Selamat berlibur.

Leave a Reply