Wisata Maroko: Menikmati Eksotisme Nuansa Kota Tua Fez

Dari sekian banyak negara yang indah dikunjungi, cobalah sekali saja untuk mengunjungi tempat bernama Fez atau Old Medina.

Mungkin bagi anda yang pertama kali mendengar Fez ini kan bertanya-tanya di manakah sebenarnya letak kota ini? Kota Fez sendiri merupakan sebuah kota yang terletak di sebuah negara yang bernama Maroko. Mendengar kata Maroko mungkin bayangan anda langsung memberikan gambaran sebuah negeri padang-pasir, dan bahkan sebagian besar orang sering salah dengan mengangap Maroko ini merupakan sebuah negara yang termasuk dalam jajaran negara di jazirah Arab. Padahal jika anda mengambil peta, melihat globe atau mencari dalam intern maka letak geografi dari Maroko sendiri adalah di Benua Afrika.

Meskipun demikian hal tersebut mungkin disebabkan oleh budaya Maroko yang dipengaruhi oleh 3 budaya sekaligus, yakni Eropa, Asia, dan juga Timur Tengah. Negara Maroko sendiri merupakan salahsatu negara di Benua Afrika yang memiliki tingkat ekonomi serta keamanan cukup baik dan sangat aman untuk dikunjungi bahkan dieksplorasi oleh turis dari berbagai belahan dunia.

Letak Maroko yang mudah dijangkau dari negera Eropa memungkinkan para turis meengunjungi Maroko. Para turis yang berkunjung akan senantiasa dihibur oleh berbagai pesona keindahan alam Maroko dari mulai pantai hingga gunung. Maroko juga dikenal dengan sebutan atau julukan Maghribi, atau bisa diartikan sebagai Matahari terbit, sehingga Maroko dapat juga dijuluki sebagai negeri matahari terbit.

Hal menarik yang anda dapatkan ketika berkunjung ke Maroko adalah negara ini cukup ramah terhadap para turis yang notabene kebanyakan adalah backpacker, sehingga bisa diartikan jika Maroko ini merupakan sebuah negeri wisata yang berbiaya rendah alis low cost. Keuntungan yang anda dapatkan jika berkunjung ke Maroko juga antara lain adalah tidak diperlukannya Visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan jangka waktu hingga tiga bulan. Kemudahan dan murahnya layanan transportasi menuju Maroko juga menjadi salahsatu hal yang menjadi faktor pendukung dan pemicu meningkatnya kunjungan ke Negeri Matahari Terbit ini.

Dari sekian banyak kota tujuan di Maroko, salahsatu yang mejadi favorit kunjungan adalah Fez yang dikenal sebagai kota tertua di Maroko, dengan berbagai budaya-budaya unik dan menarik yang bisa anda temukan di sana ketika berkunjung. Fez juga menjadi kunjungan wajib anda ketika berada di Maroko karena banyak sekali menawarkan barang-barang menarik hasil tangan warga maroko yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga anda di rumah.

Keksotisan Fez

Reputasinya yang baik karena alamnya yang menawan membuat Maroko khususnya Kota Fez menjadi daftar kunjungan wajib para turis yang kebanyakan berasal dari Inggris. Kota tua satu ini memiliki ragam keeksotisan meliputi benda-benda serta nuansa kotanya yang tidak akan bisa anda dapatkan di tempat-tempat lainnya. Bahkan anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor berseliweran di sini, yang akan anda temukan justru keledai yang berjalan dengan memanggul karung-karung besar, seperti yang selama ini sering tergambar dan dilihat di film-film.

Dengan mengunjungi Fez anda akan bisa menyaksikan sisa-sisa peradaban maju masa lalu, khususnya di jantung kota Fez yakni Old Medina anda akan menemukan juga sebuah perguruan tinggi dengan usia yang jauh lebih tua jika dibandingkan dengan Oxford bahkan Al-Azhar sekalipun. Old Medina juga merupakan sebuah tempat di mana percampuran budaya terjadi ketika kaum Muslim juga Yahudi terusir dan kemudian mendiami wilayah ini.

Sajian tata kota yang unik akan membawa anda menyusuri masjid-masjid kota, bangunan-bangunan khas negara-negara timur tengah, hingga salahsatu yang paling terkenal adalah sebuah lokasi penyamakan kulit. Di sana anada akan menemukan tong-tong besar penuh dengan warna-warna menarik dan unik yang dipakai untuk proses produksi pewarnaan kulit dari mulai penyamakan, pewarnaan, hingga pengeringan kulit.

Kerajinan kulit tersebut dibuat dalam beragam jenis barang, seperti sandal, jaket, karpet dan banyak lagi lainnya untuk dijaddikan souvenir dan buah tangan ketika anda berkunjung ke Fez. Selain dari kulit, berbagai macam pernik logam, serta parfum menjadi hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika berwisata sekaligus berbelanja di kota tua ini. Dengan identitas pasar yang diusung maka anda juga bisa melakukan sesi tawar menawar harga dengan para penjual, sehingga hal tersebut bisa membuat bujet belanja anda tetap terjaga selama liburan. Jangan khawatir juga dengan makanan sebab, setelah lelah berjalan-jalan dan menikmati keindahan kota sembari berburu benda-benda unik dan menarik, anda bisa mendapatkan makanan dari kafe atau tempat makan di sana dengan sajian makanan khas Maroko tentunya.

Penginapan Di Sekitar Kota Fez

Dengan terkenalnya kota ini di mata turis-turis asing, maka ketersediaan penginapan di tempat ini sangatlah baik. Beragam penginapan tersedia dengan fasilitas lengkap dengan harga yang cukup beragam tergantung dengan kebutuhan anda selama berlibur di sana.

Transportasi Menuju Fez

Jika anda hendak berkunjung ke Maroko, khususnya Kota Fez, maka anda bisa menggunakan penerbangan langsung menuju Fez yang memiliki bandar udara sendiri dengan banyak sekali maskapai murah yang tersedia. Bahkan jika sebelumnya anda melakukan perjalanan dari London, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sejumlah 240 ribu saja. Untuk transportasi di sana anda akan menemukan sebuah kendaraan atau Taxi dengan nama Petit berwarna merah. Meskipun bergelar taxi namun jangan pernah membayangkan fasilitas mewah seperti AC.

Tips Berwisata

Ada beberapa Tips juga panduan yang bisa anda persiapkan sebelum keberangkatan anda menuju ke Maroko atau ke Fez. Adapun bebera tips yang bisa anda ikuti antara lain sebagai berikut.

  1. Meskipun kita bisa memasuki tempat ini tanpa visa, namun masa berlakunya hanya 90 hari, oleh karena itu perhatikan kunjungan anda di negara ini.
  2. Meskipun Maroko dikunjungi banyak turis dari berbagai negara, namun sebagaian besar masyarakatnya tetap tidak mampu menguasai bahasa Inggris. Sebagian besar mereka justru lebih mampu menguasai bahasa Perancis. Oleh karena itu ada baiknya mempelajari sedikit bahasa Perancis sederhana hanya untuk menanyakan jalan atau tempat kepada masyarakat.
  3. Anda pasti tidak tahan ingin mengabadikan keadaan kota tua Fez menggunakan kamera kesayangan anda. Namun jangan pernah memfoto orang sembarang di tempat ini. ada baiknya lakukan secara candid, atau jika terpaksa lebih baik meminta izin kepada orang yang akan difoto.
  4. Orang lokal cenderung sedikit memaksa untuk emnjadi guide ketika melihat turis, namun justru dengan menambah guide bujet berwisata akan lebih terkuras, oleh karena itu cobalah tolak dengan lembut dan jika perlu guide sebaiknya anda meminta satu paket dengan hotel anda menginap sehingga lebih terpercaya.
  5. Hindari jalan-jalan juga gang sempit dan sepi di area kota sebab kejahatan bisa saja terjadi dan menimpa anda.
  6. Jika berniat berbelanja di pasar, maka cobalah untuk menawar harga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, karena harga yang ditawarkan masih bisa turun tergantung kepandaian anda tawar menawar dengan sang penjual.

Berniat mengunjungi eksotisme Fez? Berikanlah komentar anda dan jangan lupa share kepada teman atau keluarga.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook