Wisata Lawang Sewu | Tempat Wisata Bersejarah di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang, sebagai ibu kota Jawa Tengah memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang ke kota ini. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Lawang Sewu.

Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Banyak orang yang mengenal Lawang Sewu karena cerita mistisnya. Namun selain itu, lokasi ini juga menawarkan daya tarik lainnya untuk para pengunjung. Selain bangunannya yang megah, pengunjung juga bisa belajar sejarah kereta api. Nah, untuk mengetahui sekilas tentang Lawang Sewu, anda bisa simak pada pembahasan di  bawah ini

Sekilas Tentang Lawang Sewu

Wisata lawang sewu

Siapa yang tidak tahu Lawang Sewu? Meskipun belum pernah menginjakan kaki ke tempatnya, tentunya hampir semua orang sudah pernah mendengar tentang Lawang Sewu. Lawang Sewu itu sendiri merupakan sebuah gedung atau bangunan mewah yang berada di Kota Semarang. Lokasinya ada di sebelah timur Bundaran Tugu Muda. Nama Lawang Sewu itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang memiliki arti, Lawang artinya pintu, serta Sewu artinya seribu. Jika dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Gedung dengan Pintu Seribu. Pintu dalam setiap ruangan terdapat 1 atau 2 pintu, bahkan ada ruangan yang memiliki 3 pintu atau bahkan lebih.

Gedung Lawang Sewu itu sendiri didirikan oleh Belanda dengan tujuan untuk kantor serta gedung perusahaan kereta api. Oleh karena itu, gedung ini dibangun dengan pintu yang banyak supaya memudahkan akses untuk menuju ke ruangan yang lainnya. Sehingga urusan pegawai akan menjadi cepat selesai.

Gedung Lawang Sewu tetap berdiri kokoh hingga sekarang ini. Bentuknya memang berbeda dengan kantor lainnya pada saat itu. Gedung ini menonjolkan keindahan yang akan membuat setiap orang yang melihatnya merasa takjub. Karena keindahannya tersebut, ditambah dengan nilai sejarah di gedung ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi saat anda berkunjung ke Semarang. Selain melihat bangunan yang megah dengan banyak pintu, anda juga sekaligus dapat belajar sejarah di sini.

Selain kental dengan cerita sejarah, Gedung Lawang Sewu juga kental akan cerita misterinya. Diketahui di dalam gedung ini ada ruang penjara dan ruang penyiksaan pada zaman dahulu. Namun, meskipun begitu tidak mengurungkan niat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata bersejarah yang satu ini. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang berkunjung saat malam hari.

Saat itu pihak yang mengelola gedung sangat memperhatikan dan senantiasa merawat gedung supaya para pengunjung merasa betah dan nyaman di sini. Selain itu, cat gedung selalu diperbaharui sehingga tidak nampak seperti bangunan lama. Saat berkunjung di malam hari, anda tetap akan merasa nyaman karena di sini telah dipasang banyak lampu yang akan menerangi tempat. ( Baca juga : Wisata Pantai Nambung )

Sejarah Lawang Sewu

Wisata lawang sewu

Pada tahun 1904 Lawang Sewu pertama kali dibangun. Hingga selesai pembangunan gedung ini memakan waktu 3 tahun. Tepatnya pada tahun 1907, Lawang Sewu selesai dibangun. Bangunan ini dibangun oleh Belanda pada zaman dahulu. Tujuan utama pembangunan Lawang Sewu itu sendiri sebenarnya untuk kantor NIS yang merupakan sebuah perusahaan kereta api swasta Belanda pada saat itu. Seluruh bangunan di desain oleh orang Eropa. Bahkan semua bahan bangunannya diambil dari Eropa.

Pada saat Jepang menguasai Semarang, tepatnya pada tahun 1940an, gedung ini berubah fungsi menjadi tempat istirahat bagi tentara Jepang. Di mana di ruangan bawah tanah terdapat ruangan untuk penyiksaan.

Nah, setelah kemerdekaan Indonesia yakni pada tahun 1945, Lawang Sewu pernah dijadikan sebagai kantor institusi pemerintahan. Beberapa di antaranya yaitu Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia yang sekarang lebih dikenal sebagai PT Kerata Api Indonesia (KAI), pernah juga digunakan sebagai Kantor Prasarana Komando Daerah Militer, serta sebagai Kantor Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

Daya Tarik Lawang Sewu

Wisata lawang sewu

Ketika anda memasuki halaman gedung, koleksi lokomotif kereta api tua akan anda lihat. Kereta api tersebut kabarnya dahulu pernah beroperasi di Semarang. Kondisi kereta api tersebut masih bagus karena tentunya dirawat dengan baik.

Gedung Lawang Sewu pintu masuknya berada di selatan. Ketika pengunjung masuk ruangan gedung di lantai 1, para pengunjung akan melihat museum kereta api yang terdapat wallpaper dan koleksi gambar kereta api. Selain itu, terdapat foto dengan tulisan mengenai sejarah kereta api bangsa Indonesia. Ada juga koleksi mesin dengan tuas yang pada zaman dahulu digunakan untuk memindahkan kereta api. Di sini juga para pengunjung akan melihat foto dan artikel tentang asal usul perusahaan kereta api Indonesia. Dimulai waktu berdirinya perusahaan hingga perjalanan sampai sekarang.

Pindah ke bagian halaman ruangan, pengunjung akan melihat koleksi kerata api dengan warna biru, namun ukurannya sedang. Di bagian ruangan yang lainnya terdapat koleksi kereta api pada zaman dahulu dengan bahan bakar tenaga uap. Miniatur ini disimpan dalam ruangan berkaca sehingga para pengunjung bisa melihatnya  dengan jelas.

Selain koleksi kereta api, di sini juga terdapat koleksi mesin ketik yang digunakan pada zaman dahulu. Selain itu, ada juga mesin telegram besar. Sedangkan di bagian ruangan yang lainnya terdapat koleksi seragam perusahaan kereta api Indonesia.

Beberapa foto kerata api pada zaman dahulu yang digunakan di Indonesia juga ada di sini. Pengunjung dapat melihat gambar rancangan bangunan, serta denah ruangan. Ada juga foto mengenai kondisi gedung saat zaman dahulu dan foto gedung saat ini.  Selain itu, masih banyak lagi yang dapat pengunjung lihat di bangunan ini dan tentunya berkaitan dengan sejarah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Lawang Sewu

Wisata lawang sewu

Berlibur ke Semarang tanpa mengunjungi Lawang Sewu rasanya akan ada yang kurang. Selain melihat bangunan yang megah, di Lawang Sewu juga ada beberapa kegiatan lainnya yang dapat pengunjung lakukan seperti berikut ini.

Belajar Sejarah Kereta Api

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berkunjung ke Lawang Sewu tentunya anda akan banyak belajar mengenai sejarah kerata api. Berkunjung ke tempat ini pengetahuan anda mengenai sejarah kereta api akan semakin bertambah. Sebab anda akan mengetahui sejarah mengenai pembuatan kereta api pertama kali hingga sekarang. Waktu liburan anda tentu tidak akan sia-sia, karena selain liburan wawasan anda juga akan semakin bertambah, terutama mengenai sejarah kereta api.

Pengunjung dapat berkeliling untuk melihat berbagai lokomotif dan gerbong. Namun, selain itu di sini juga menayangkan sejarah tentang kerata api bentuk video yang tentunya dapat para pengunjung nikmati.

Berfoto

Lawang Sewu bangunannya begitu artistik dan klasik. Tentunya saat berkunjung ke sini anda harus mengabdikan momen indah sebagai kenang-kenangan. Anda dapat berfoto karena terdapat banyak spot menarik di sini. Tentunya akan ada yang kurang jika anda berlibur tanpa ada dokumentasi.

Di Lawang Sewu juga biasanya banyak digunakan untuk foto prewed. Biasanya bagian gedung yang sering digunakan untuk foto prewed yaitu aula utama. Tentunya,  untuk mengadakan foto prewed anda harus meminta perizinan pihak pengelola terlebih dahulu.

Rute Menuju Lawang Sewu

Wisata lawang sewu

Di kota Semarang itu sendiri, Lawang Sewu lokasinya cukup strategis. Gedung ini terletak di bundaran Tugu Muda, tidak  jauh dari Balaikota Semarang.  Nah, untuk memudahkan anda berikut ini rute menuju Lawang Sewu.

Bandara Ahmad Yani

Untuk sampai di Lawang Sewu, tentunya anda harus ada di Semarang terlebih dahulu. Jika anda dari luar kota dan menggunakan pesawat, anda dapat memilih penerbangan ke Bandara Ahmad Yani Semarang. Sesampainya di Ahmad Yani, anda bisa naik bus BRT koridor IV dengan arah  Stasiun Tawang. Namun, anda tidak perlu turun di stasiun Tawang. Anda bisa berhenti di halte Pasar Bulu.

Setelah itu, anda bisa naik angkot orange Karang Ayu. Kemudian anda bisa tepat turun di depan Lawang Sewu. Apabila tidak ingin ribet, anda bisa menggunakan transportasi online.

Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang

Sedangkan jika anda menggunakan kereta api ke Semarang, anda akan berhenti di stasiun Tawang atau Poncol. Jika anda telah turun di stasiun tersebut, maka anda bisa menuju gerbang utama dan mencari BRD koridor IV arah Cangkiran. Turunlah di Balaikota Semarang. Untuk sampai ke Lawang Sewu anda harus berjalan sekitar 100 m ke selatan.

Penginapan Dekat Lawang Sewu

Pengunjung dari luar kota yang ingin menghabiskan waktu liburan beberapa hari di Semarang bisa menyewa penginapan di dekat Lawang Sewu. Sehingga untuk anda yang ingin pergi ke Lawang Sewu tidak perlu lagi jauh-jauh. Nah, berikut beberapa penginapan dekat Lawang Sewu.

Rumah Teman Hostel dan Homestay

Penginapan ini beralamatkan di Jl. Lemah Gempal 1 No. 25, Bulustalan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50246. Untuk sampai ke Lawang Sewu anda membutuhkan waktu kurang lebih 12 menit.

MG Suite Semarang

Hotel ini berlokasi di Jln. Petempen No. 294, Gajah Mada, Kembangsari, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50133. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit untuk sampai ke Lawang Sewu.

POP! Hotel Pemuda, Semarang

Penginapan ini berlokasi di Jl. Simpang No.9, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132. Untuk sampai ke Lawang Sewu dibutuhkan waktu sekitar 3 menit.

Whiz Hotel Pemuda Semarang

Penginapan ini berlokasi di Jl. Kapten Piere Tendean No.9, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132.  Untuk sampai ke Lawang Sewu dibutuhkan waktu selama kurang lebih 12 menit.

Aston Inn Pandanaran – Semarang

Hotel ini berada di Jl. Pandanaran No.40, Pekunden, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134. Sekitar 8 menit untuk sampai ke Lawang Sewu dari hotel ini.

Nah demikian beberapa penginapan atau hotel yang dekat dengan Lawang Sewu. ( Lihat juga : Tempat Wisata Menarik di Pontianak )

Jam Operasional Lawang Sewu

Anda bisa berlibur atau berkunjung ke Lawang Sewu kapanpun. Lawang Sewu buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 21.00 WIB. Selain itu, tiketnya juga tergolong murah.

Untuk anda yang ingin liburan sambil belajar sejarah dan menambah wawasan, pergi ke Lawang Sewu adalah pilihan yang tepat. Semoga beberapa informasi yang kami berikan untuk anda dapat menjawab rasa penasaran anda tentang Lawang Sewu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply