Wisata Lampung: Menikmati Indahnya Alam Pantai Pegadungan Gigi Hiu Melalui Lensa Kamera

5/5 (1)

Liburan adalah salahsatu cara yang bisa anda tempuh untuk menghilangkan segala kepenatan dalam kepala.

Perjalanan baru, membawa nuansa dan pengalamn baru yang membuat otak kita sejenak berhenti untuk terus berkutat pada beban pekerjaan dan beban sehari-hari yang terus berulang dan berjalan. Dengan berlibur setidaknya anda memiliki sejenak waktu untuk kembali menyegarkan fikiran dan memberikan asupan serta nutrisi yang baik bagi jiwa anda.

Beruntunglah anda tinggal di sebuah negara yang menyediakan berbagai pilihan serta spot petualangan yang menarik dan unik. Di beberap tempat bahkan keindahan yang tersaji seringkali di metaforakan sebagai surganya dunia, berkat keindahan dan mengagumkannya pemandangannya.

Sekian banyak tempat inidah dan menarik di Indonesia, Lampung sudah tentu termasuk di dalamnya. Di Lampung anda akan disuguhi berbagai atraksi alam yang sangat mengagumkan, dari mulai gajah-gajah Lampung hingga serombongan lumba-lumba cantik yang seringkali muncul dan menampakan diri di Teluk Kiluan. Meskipun demikian selain dua atraksi wajib yang harus anda kunjungi jika sedang berada di Lampung, anda juga semestinya mencoba berkunjung ke sebuah lokasi pantai yang menawan dan eksotis. Bernama Pantai Pagadungan, lokasi tersebut juga seringkali disebut sebagai Pantai Gigi Hiu.

Pantai Gigi Hiu ini cukup berbeda dengan pantai lainnya yang banyak tersebar di Indoesia. Pantai Gigi Hiu atau Pegadungan ini memiliki keeksotisan yang terletak dari banyaknya gugusan batu-batu karang yang menjulang tinggi bak tebing dengan susunan yang cukup unik. Gugusan-gugusan batu tersebut memiliki tinggi dan juga besar yang cukup bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter untuk ketinggiannya.
Itulah lokasi dari Pantai Pegadungan yang dikenal sebagai Pantaiu Gigi Hiu berkat adanya tebing-tebing yang menyerupai gigi dari hewan laut yang cukup ganas yakni hiu. Meskipun dengan keeksotisannya itu pula lokasi ini disebut sebagai Batu Layar karena batunya yang berkembang bagaikan perahu layar.

Berlokasi di Kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, lokasi Gigi Hiu sendiri adalh sebuah daerah yang cukup jauh dari lingkungan penduduk dan juga keramaian. Meskipun demikian sebenarnya lokasi ini letaknya tidak terlalu jauh dari sebuah lokasi mengagumkan lainya yakni Teluk Kiluan.

Keeksotisan Pantai Gigi Hiu Pegadungan

Pantai Gigi Hiu

Pantai Pegadungan merupakan sebuah lokasi yang bisa dikatakan masih dalam upaya berkembang. Meskipun namanya memang tengah naik daun berkat beberapa review dan cerita-cerita pengalaman perjalanan mengenai keindahan yang tersaji di Pantai Pegadungan ini.

Berbagai pengayaan fasilitas dan akses jalur wisata belum dipikirkan dengan baik dan matang, baik oleh warga masyarakat sekitar atau bahkan pemerintah. Tetapi sepertinya akses menuju lokasi yang kurang menunjang tidak akan menghalangi hasrat berpetualang, apalagi jika anda memang memiliki jiwa petualang sejati yang selalu haus akan temapt wisata dan pengalaman baru.

Tapi tunggu dulu, ada hal lain yang harus menjadi perhatian anda sebelum berkunjung, sebab di sekitar Pantai Pegadungan dan Gigi Hiu ombak yang dimilikinya sangat besar dan batu-batu karang tajam serta runcing, hal tersebut sepertinya bukan kabar baik bagi anda yang berniat mencoba berlibur dengan berenang, snorkeling ataupun diving di area ini. Tidak seperti kebanyakan lokasi wisata bahari di Indonesia ternyata pantai yang satu ini bukanlah spot yang tepat bagi anda yang ingin melakukan kegiatan bawah laut.

Pantai mengagumkan yang satu ini justru menawarkan keindahan lokasinya melalui pemandangan yang tersaji, sehingga memang kebanyakan pengunjung yang hadir ke lokasi ini merupakan para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan alam melalui lensa kameranya. Sajian terbaik yang bisa anda dapatkan jika berkunjung ke Pantai Pegadungan khususnya Gigi Hiu adalah ketika matahati terbit. Pada saat itu anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pancaran lembayung berwarna merah jingga diantara sela-sela batu-batu karang besar nan runcing serta deburan ombak besar yang juga memantulkan cahaya dari warna matahari yang indah.

Apa yang Bisa Dilakukan di Pantai Gigi Hiu?

  • Pantai Gigi Hiu memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Karang yang menjulang bahkan ada yang mencapai 10 meter menambah keindahan pantai ini. Nah, untuk anda  yang ingin mengunjungi pantai ini, beberapa hal bisa anda lakukan seperti berikut ini:
  • Di Pantai ini anda bisa menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan. Anda dapat mengabadikannya menggunakan kamera kesayangan anda. Panorama yang begitu mengagumkan akan membuat anda terpana. Pastikan memory camera anda bisa menampung banyak foto sehingga anda dapat memotret setiap sudut yang mengagumkan dari pantai yang satu ini. Jika ditanya waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini, yaitu sepanjang hari, baik pagi, siang, sore, kecuali malam hari. Liburan di  pantai ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk anda. Sebelum ke pantai ini anda bisa melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan, kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan ke pantai eksotis ini dengan menggunakan ojek. Karena di pantai ini belum tersedia restoran, maka disarankan untuk membawa bekal makanan untuk berjaga-jaga jika nantinya anda lapar saat di perjalanan.
  • Saat liburan ke sini anda tidak perlu membawa alat-alat untuk berenang ataupun menyelam. Maka dari itu, sebelum berlibur kemanapun anda harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai lokasi tujuan anda. Jangan sampai anda sudah membawa peralatan lengkap untuk menyelam atau berenang, namun kegiatan tersebut tidak boleh dilakukan. Di pantai ini banyak karang-karang tajam sehingga anda harus lebih waspada. Maka dari itu, saat berkunjung ke sini anda jangan berenang.
  • Agar liburan anda di pantai ini semakin menyenangkan, anda dapat pergi bersama teman-teman. Anda dapat mengeksplorasi keindahan pantai ini dan mengabadikan momen indah dengan lensa kamera anda.
  • Pantai Gigi Hiu memiliki ombak yang besar, sebab berbatasan dengan Samudera Indonesia. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih berhati-hati.

Spot Fotografi

Pantai Gigi Hiu

Meskipun lokasi pantai ini cukup tersembunyi, serta jauh dari Kota Bandar Lampung, namun pantai ini terkenal khususnya untuk fotografer, baik itu domestik atau mancanegara.

Pantai ini sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing untuk melakukan kegiatan fotografi. Nah, untuk anda yang suka pada dunia fotografi maka disarankan untuk mengunjungi lokasi ini. Pasalnya pantai ini berbeda dari pantai yang lainnya. Gugusan batu karang yang tinggi seolah-olah sengaja disusun dengan unik menambah keindahan pantai ini. Pantai ini juga fotogenik sehingga cocok untuk anda yang ingin selfie.

Batu karang yang terdapat di pantai ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda dari mulai 1 meter bahkan hingga 10 meter. Saat mengunjungi pantai ini anda akan langsung terpesona oleh keindahannya. Ketika didekati, bebatuan memiliki tekstur retakan membentuk garis lurus. Batu-batu karang ini bagaikan tertancap dalam lautan sehingga meskipun ombak besar datang tidak akan membuat batuan ini miring atau jatuh.

Pesona Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu mampu membuat pengunjungnya kagum karena keindahan lokasi yang diberikannya,  sehingga biasanya yang banyak berkunjung ke pantai ini adalah para fotografer.

Ketika berkunjung ke pantai ini pemandangan terbaik yang bisa anda lihat yaitu ketika matahari terbit. Di waktu tersebut anda akan melihat pemandangan yang begitu menakjubkan. Pancaran lembayung disela-sela batu karang, dengan ditambah deburan ombak memantulkan cahaya dari matahari.

Mengapa Dinamakan Pantai Gigi Hiu?

Di antara kita mungkin banyak yang penasaran akan asal usul  nama Pantai Gigi Hiu. Mengapa dinamakan Pantai Gigi Hiu? Apakah ada ikan hiu di pantai ini? Tidak seseram seperti namanya, di sini tentu tidak ada ikan hiu. Penamaan ‘Pantai Gigi Hiu’ itu sendiri karena panorama yang terdapat di sekitarnya yang memang terbilang unik. Nama gigi hiu diberikan pada pantai ini karena adanya karang-karang tajam yang terdapat di sekeliling pantai. Dimana karang-karang tersebut menyerupai gigi ikan hiu.

Mengetahui seperti itu, anda jangan khawatir saat datang ke pantai ini karena disini anda tidak akan bertemu dengan ikan hiu, justru anda akan disuguhkan oleh keindahan batu karang yang seolah-olah sengaja di susun dengan unik.

Pantai Gigi Hiu juga terkenal dengan nama Pantai Batu Layar karena adanya batu yang berjajar seperti layar perahu. Bentuknya seperti kain yang menahan angin laut.

Kapan Waktu yang Tepat Berkunjung Ke Pantai Ini?

Untuk berkunjung ke pantai ini disarankan saat bukan musim penghujan. Berkunjung saat musim panas, anda akan melihat pemandangan yang bersih dan jelas. Maka dari itu anda yang gemar fotografi sebaiknya datang saat waktu yang tepat.

Ketika musim penghujan, biasanya Pantai Gigi Hiu akan diselimuti oleh kabut. Pemandangan indah di Pantai Gigi Hiu akan terhalang oleh kabut-kabut tersebut.

Akses Wisata Ke Pegadungan

Jalur akses dan jalan menuju ke Pantai Pegadungan ini seprtinya yang menjadi permasalahan utama yang membuat lokasi indah ini kurang menarik perhatian wisatawan, selain karena memang lokasinya cukup terbatas pada kegiatan fotografi dan perjalanan pemandangan saja. adapun untuk mencapai ke pantai ini anda bisa mengikuti rute berikut.

    1. Dengan titik perjalanan dari Bakahuni anda bisa menggunakan travel menuju ke Panjang.
    2. Setelah mencapai Panjang perjalanan kembali dilanjutkan menuju ke Teluk Kiluan.
    3. Terakhir anda bergerak menuju ke Pantai Pegadungan beralih dari transportasi mobil dengan menggunakan Ojek.

Sebenarnya jarak tempuh dari Teluk Kiluan menuju ke Pantai Pegadungan tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu satu jam perjalanan saja, namun karena jalan berlubang serta licin dan rawan, maka perjalanan akan melebihi waktu tersebut. ongkosnyapun cukup besar unutk satu kali perjalanan pulang-pergi. Sebenarnya ada perahu yang melewati rute Pantai tersebut, namun karena ombak juga karang tajam berbahaya membuat perahu tidak bisa bersauh ke pinggir.

Akomodasi Wisata

Loksainya yang harus ditempuh dengan penuh perjuangan pastinya cukup menguras tenaga anda, apalagi jika anda ingin menikmati matahari terbenam yang menjadi sajian utama dari lokasi ini, maka mau tidak mau anda harus menginap di sekitar Pantai Pegadungan.
Anda mungkin tidak akan menemukan hotel-hotel mewah berkelas, namun anda bisa mencoba mencari penginapan di rumah-rumah warga sekitr, atau anda bisa kembali menuju ke Teluk Kilauan yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut untuk mendapatkan penginapan.

Tips Berwisata

Ada beberapa tips yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum berangkat ke lokasi ini antara lain sebagai berikut.
Lokasinya cukup terpencil dan akses perjalanan cukup sulit, sehingga tempat ini cocok bagi anda yang benar-benar memiliki jiwa traveling sejati. Bagi anda yang setengah-setengah berkunjung sebaiknya mengurungkan niat. Namun pemandangan menakjubkan menanti anda di ujung perjalanan.

    1. Cobalah memilih waktu yang tepat ketika berkunjung. Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk menuju ke pantai ini, sebab akses jalan yang tersedia cukup aman, jalanan tidak akan terlalu licin dan tentunya mengurangi resiko terjatuh.
    2. Berhati-hatilah ketika berada di sekitar pantai apalagi Gigi Hiu, sebab karang-karangnya cukup tajam, tetaplah fokus pada pijakan anda sembari mengabadikan momen indah di lokasi tersebut.
    3. Persiapkan juga keunagan anda, sebab, justru ongkos yang harus anda keluarkan untuk naik ojek bisa berkali lipat lebih besar, dibandingkan dengan travel yang memebawa anda dari pelabuhan ataupun menuju Teluk Kiluan. Harga yang biasanya diberikan kepada penumpang berkisar di 150 ribu untuk sinag hari, bahkan jika anda berniat menikmati matahari terbit dan pulang malam hari maka tarifnya naik menjadi 200 ribu.
    4. Untuk anda yang berencana mengunjungi Pantai Gigi Hiu, disarankan untuk membawa bekal makanan atau minuman yang cukup. Pasalnya di sini anda akan kesulitan menemukan warung penjual makanan. Di sini masih belum tersedia fasilitas warung makan. Sebelum menuju pantai ini anda dapat mengisi perut terlebih dahulu di Pegadungan atau Kiluan. Anda juga sebaiknya membawa bekal makanan dan air minum yang cukup untuk berjaga-jaga.
    5. Saat mengunjungi pantai ini disarankan bersama rombongan karena pantai ini masih terbilang sepi.
    6. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan selama perjalanan atau ketika sampai di tempat.

Objek Wisata Lainnya Dekat Pantai Gigi Hiu

Nah, bagi anda yang belum puas menikmati keindahan alam Pantai Gigi Hiu. Sebelum pulang tidak ada salahnya anda mengunjungi Teluk Kiluan. Selain di Pantai Gigi Hiu, anda juga akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di Teluk Kiluan. Teluk Kiluan merupakan objek wisata pantai. Kondisi teluk ini masih terbilang alami, jalan untuk sampai ke tempat ini cukup sulit ditempuh.  Di pantai ini memiliki daya tarik yang membuat pengunjung datang ke sini yaitu adanya Pulau Kelapa, serta pantainya masih alami dan putih bersih.

Warga di Desa Kiluan Negeri menawarkan jasa penginapan, serta tur lumba-lumba menggunakan perahu. Kita bisa melihat atraksi lumba-lumba di habitat aslinya. Daya tarik tambahan dari pantai ini yaitu kegiatan snorkling.

Setelah melepas lelah dari Pantai Gigi Hiu, anda bisa menikmati makanan segar  yang banyak tersedia di tempat ini.

Nah, mengetahui keindahan Pantai Gigi Hiu, maka tidak ada salahnya anda berlibur ke tempat yang satu ini. Pemandangan indah yang disuguhkan akan membuat anda takjub dan merasa betah berada disana. Terlebih lagi anda juga bisa sekaligus mengunjungi Teluk Kiluan karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Anda dapat menikmati liburan ke dua tempat sekaligus.

Sangat unik dan mengagumkan bukan Pantai Pegadungan ini? Mari berkunjung bersama dengan keluarga dan teman anda setelah sebelumnya membagikan video dan artikelnya. Jangan lupa juga memberikan komentar mengani keesotisan pantai di Lampung ini.

Leave a Reply