Wisata Gua Pindul, Gua Unik yang Terdapat Sungai di Dalamnya

Wisata Gua Pindul – Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di Yogyakarta terdapat banyak tempat wisata yang begitu mempesona. Selain banyak wisata bersejarah, di Yogyakarta juga ada banyak wisata pantai dan pemandangan alam yang begitu menawan. Selain itu, ada juga wisata gua yang akan memberikan pengalaman berbeda kepada para pengunjungnya.

Salah satu gua di Yogyakarta yang wajib dikunjungi yaitu Gua Pindul. Gua Pindul menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan. Nah, ketika berkunjung ke Yogyakarta anda dapat memasukan Gua Pindul ke dalam daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi. Dijamin ketika berkunjung ke tempat wisata ini anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan  tentunya menyenangkan.

Di gua ini terdapat sungai di dalamnya. Dimana para pengunjung dapat melakukan cave tubing. Cave tubing yaitu aktivitas menyusuri sungai yang terdapat di dalam gua dengan menggunakan perlengkapan yang sudah disediakan, seperti ban pelampung. Nah, berikut ini beberapa informasi yang dapat kami berikan seputar Wisata Gua Pindul untuk anda.

Lokasi Gua Pindul

Untuk anda yang ingin berlibur ke Gua Pindul, anda tentunya akan bertanya-tanya di mana lokasi Gua Pindul bukan? Gua Pindul itu sendiri berlokasi di Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunungkidul, DIY, Indonesia.

Melihat Keindahan Gua Pindul

Wisata Gua Pindul

Gua Pindul merupakan salah satu keindahan alam yang terdapat di Gunung Kidul. Tempat wisata ini menyuguhkan sesuatu yang menarik dan berbeda untuk para pengunjungnya. Keindahan Gua Pindul ini tidak kalah menarik dari keindahan tempat wisata lainnya yang terkenal. Gua ini memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5 meter, sedangkan ke dalamannya sekitar 5 hingga 12 meter.

Salah satu daya tarik dari Gua Pindul itu sendiri yaitu adanya kilauan air di dalam Gua Pindul. Dimana air tersebut asalnya dari mata air gedong tujuh. Karena keindahan Gua Pindul dan air yang ada di dalamnya menjadi salah satu asalan mengapa gua yang satu ini banyak dikunjungi.

Ketika berkunjung ke Gua Pindul, anda akan menikmati indahnya stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Selain itu, para pengunjungnya akan dapat menikmati indahnya lukisan ornamen yang terdapat pada dinding gua. Dimana lukisan ornamen tersebut semakin menambah keindahan dari Gua Pindul tersebut. Di tambah suara gemericik air di dalam gua semakin melengkapi keindahan dan suasana tempat wisata yang satu ini. Tentunya para pengunjung akan merasa takjub dengan keindahan dari gua yang satu ini. ( Baca juga : Wisata Pantai Baron )

Melihat pesona keindahan dari Gua Pindul ini, maka sangat disayangkan jika anda pergi ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Gua Pindul. Nah, anda dapat berlibur ke Gua ini bersama keluarga atau teman ketika hari libur.

Daya Tarik Gua Pindul

Wisata Gua Pindul

Aliran dari sungai di dalam Gua Pindul cukup datar, tenang dan aman untuk ditelusuri.  Anda dapat melakukan penelusuran bersama dengan rombongan dalam waktu kurang lebih 45 menit. Dimana sepanjang penelusuran dalam Gua Pindul anda akan menyaksikan berbagai keindahan dan keunikan yang sebelumnya mungkin tidak akan pernah anda jumpai di gua-gua yang lainnya. Nah, Gua Pindul ini memiliki beberapa zona yang menarik. Berikut ini beberapa Zona yang ada di Gua Pindul:

Zona Terang

Di Zona terang anda akan dapat menyaksikan stalaktit dan stalagmit yang begitu indah dan sangat memanjakan mata. Anda akan menyaksikan secara langsung keindahan gua. Di zona terang ini cahaya matahari masih ada untuk menerangi gua, sehingga keindahan dari dinding gua tersebut masih bisa terlihat dengan jelas. Selain melihat staktit dan stalagmit, anda juga akan melihat ornamen alam serta melihat kelelawar yang bergantung.

Zona Remang

Nah, setelah anda melewati zona terang, kemudian anda akan melewati zona remang. Di sini cahaya yang masuk sudah sangat minim sehingga pemandangan di gua akan terlihat samar-samar. Di zona ini stalaktit dan stalagmit lebih banyak dibandingkan dengan zona sebelumnya.

Di area ini ada beberapa batu yang memiliki mitos tersendiri untuk pria. Selain itu, di zona ini juga terdapat sebuah batu yang berada di langit-langit, dimana batu ini mengeluarkan air dan kabarnya memiliki mitos tersendiri bagi wanita.

Zona Gelap

Zona selanjutnya yaitu zona gelap. Ini merupakan ruangan dalam gua yang tidak ada cahaya sedikit pun. Di zona ini guide biasanya akan mematikan lampu, serta meminta para peserta untuk tidak menyelakan penerangan sebelum mengheningkan cipta. Nah, setelah selesai mengheningkan cipta, perjalanan kemudian akan dilanjutkan kembali menuju ke pintu keluar.

Jika anda sudah melewati zona gelap ini maka anda akan melihat lorong yang terdapat cahaya. Dimana zona ini akan anda jumpai sebelum pintu berakhir di gua pindul.

Keunikan Gua Pindul

Gua Pindul memiliki beberapa keunikan yang berbeda dari gua-gua yang lainnya. Keunikan yang dimiliki gua ini akan membuat pengunjungnya penasaran. Nah, sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Gua Pindul memiliki stalaktit dan stalagmit yang menarik. Nah, berikut ini beberapa keunikan yang dimiliki oleh Gua Pindul yang dapat anda simak.

Batu Stalaktit

Stalaktit merupakan bebatuan yang terdapat di dalam gua yang menggantung di langit-langit gua dan memiliki bentuk yang mengerucut ke bagian bawah. Nah, Gua Pindul memiliki salah satu batu stalaktit yang besar. Dimana berdasarkan penelitian batu stalaktit ini menjadi nomor 4 terbesar di dunia. Stalaktit ini dinamakan sebagai soko guru atau tiang gua sebab memiliki ukuran yang besar.

Batu Stalagmit

Stalagmit merupakan bebatuan yang bentuknya menjulang ke atas dengan bentuk seperti gunung kecil yang terdapat di dalam gua. Nah, di Gua Pindul terdapat salah satu batu stalagmit yang memiliki mitos, khususnya untuk para pria.

Batu Gamelan

Keunikan lainnya yang akan anda temukan di Gua Pindul yaitu adanya batu gamelan. Disebut sebagai batu gamelan karena saat dipukul akan mengeluarkan suara seperti gong.

Cahaya Surga di Gua Pindul

Sebelum anda sampai diakhir penelusuran, anda akan melewati Gua Jemblong atau Gua Vertikal. Dimana di gua ini anda akan melihat sebuah cahaya yang begitu indah. Dimana cahaya tersebut disebut dengan cahaya surga. Anda akan melihat keindahan cahaya ini pada jam 11 siang.

Selain beberapa keunikan tersebut, akan ada banyak lagi keunikan yang dapat anda jumpai ketika melakukan penelusuran.

Rute Menuju Gua Pindul

Wisata Gua Pindul

Lokasi Gua Pindul cukup mudah untuk dijangkau karena jalannya yang sudah beraspal dan bagus, namun jaraknya cukup jauh dari kota Yogyakarta. Nah, anda dapat mengawali perjalanan dengan mengarahkan kendaraan ke jalan Jogja-Wonosari, kemudian anda akan melewati Bukit Bintang, lalu anda dapat mengikuti jalan Poros hingga sampai di Kota Wonosari.

Sesampainya di Wonosari anda dapat menuju ke Bundaran Siyono dengan ciri adanya bangunan air mancur di bagian tengahnya. Sesampainya di bundaran anda dapat mengarahkan kendaraan ke kiri, kemudian mengikuti jalan hingga anda menemukan lampu merah di simpang empat. Dari sana anda dapat mengambil jalan lurus hingga menemukan perempatan besar. Selanjutnya silakan belokan kendaraan anda ke kiri menuju ke Ds.  Bejiharjo. Ikuti jalan lurus hingga anda bertemu dengan sebuah SMP. Setelah itu anda bisa belok ke arah kiri dan terus mengikuti jalan lurus hingga sampai di lokasi Gunung Pindul. Sesampainya di kawasan Ds.  Bejiharjo anda akan diantarkan hingga ke lokasi wisata.

Tips Berwisata Ke Gua Pindul Yogyakarta

Wisata Gua Pindul

Nah, agar liburan anda di Gua Pindul lebih asik dan nyaman, maka sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu beberapa tips berwisata seperti berikut ini.

  • Sebelum anda melakukan penelusuran di Gua Pindul dengan menggunakan ban karet, maka anda harus mencek pelampung yang akan anda gunakan. Anda harus memastikan pelampung anda kondisinya dalam keadaan baik-baik saja.
  • Ketika menggunakan ban pelampung, anda harus menggunakan pelampung dengan baik dan benar sesuai yang diintruksikan.
  • Jika anda memiliki headlamp, maka anda dapat membawa alat tersebut agar dapat anda gunakan ketika memasuki zona gelap.
  • Agar penelusuran anda nyaman dan mendapatkan momen yang menyenangkan anda dapat datang ke lokasi pada jam yang tepat yakni sekitar jam 9 pagi. Pada jam ini masih belum ramai, serta air dalam gua tidak terlalu dingin.
  • Anda harus merencanakan waktu liburan dengan baik. Untuk menghindari keramaian, alangkah lebih baik jika anda datang lebih awal.
  • Jika anda memiliki dana yang lebih untuk berlibur, akan lebih baik jika anda memilih paket liburan sehingga anda mendapatkan pemandu yang terpercaya dan kompeten. Dengan seorang pemandu wisata maka liburan anda di Gua Pindul akan lebih aman dan mendapatkan berbagai informasi dengan detail mengenai lokasi wisata Gua Pindul.
  • Terdapat beberapa wisata yang tidak kalah menarik dari Gua Pindul. Nah, jika anda ingin mendapatkan sensasi yang berbeda, maka anda dapat mencoba mengunjungi beberapa wisata yang lainnya.
  • Sebelum berlibur anda harus menjaga kesehatan supaya liburan anda tetap nyaman.
  • Untuk anda  yang datang dari kota yang berbeda atau harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke Gua Pindul, sebelum berlibur anda  harus memastikan kendaraan anda dalam keadaan baik-baik saja.
  • Anda juga harus membawa beberapa perlengkapan yang dibutuhkan selama berwisata. ( Lihat juga : Mengintip Pesona Keindahan Pantai Indrayanti Yogyakarta )

Fasilitas Gua Pindul

Wisata Gua Pindul

Di Gua Pindul sudah disediakan berbagai fasilitas agar pengunjungnya merasa nyaman saat berlibur di tempat wisata ini. Adapun beberapa fasilitas di Gua Pindul di antaranya yaitu:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Tempat istirahat
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Tempat makan
  • Cave tubing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami berikan seputar wisata Gua Pindul. Untuk anda yang ingin nuansa yang berbeda ketika berlibur, maka anda dapat mencoba mengunjungi wisata Gua Pindul ini. Anda dapat menghabiskan waktu liburan di Gua Pindul bersama rombongan keluarga atau teman-teman. Karena berlibur bersama-sama tentunya akan lebih menyenangkan. Nah, semoga informasi yang kami berikan seputar Wisata Gua Pindul bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply