Liburan Menyenangkan dengan Mengunjungi Wisata Bogor yang Menarik

Bogor bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin berlibur di akhir pekan untuk melepaskan penat. Di Bogor terdapat banyak pilihan tempat wisata yang akan membuat liburan anda semakin menyenangkan, mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner.

Ingin tahu apa saja tempat wisata Bogor yang menarik untuk liburan? Anda  bisa simak penjelasannya berikut ini.

Tempat Wisata Bogor yang Menarik

Agar liburan anda di Bogor semakin asik dan menyenangkan, anda bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di Bogor dan sekitarnya. Kawasan Bogor dan sekitarnya menawarkan tempat wisata menarik yang sayang  jika dilewatkan. Nah, berikut beberapa tempat wisata Bogor dan sekitarnya. ( Baca juga : Pantai di Jawa Barat dan Banten yang Masih Alami dan Menawan )

1. Taman Safari

Taman safari

Berlokasi di Jln Raya Puncak, No.601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, tidak bisa dipungkiri, bahwa hingga saat ini Taman Safari Indonesia menjadi tempat wisata primadona di Indonesia. Saat akhir pekan atau musim liburan, tempat wisata ini bisa dikatakan menjadi penyebab kemacetan. Selain dari dalam kota, banyak pengunjung dari luar kota yang datang untuk berlibur ke Taman Safari.

Taman Safari itu sendiri didirikan pada tahun 1980 yang berlokasi di kawasan perkebunan teh Cisarua. Didirikan di atas tanah seluas 50 hektar, Taman Safari ini menjadi  yang pertama yang ada di tanah air. Saat ini Taman Safari sudah diperluas sampai 168 hektar yang dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi serta dilengkapi pula dengan fasilitas pendidikan.

Salah satu paket yang cukup populer di tempat ini yaitu safari malam. Wahana ini mengajak para pengunjungnya untuk bisa melihat gerak-gerik hewan ketika malam hari, termasuk hewan-hewan buas.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara menjadi  tempat wisata bogor yang menarik untuk dikunjungi. Di sini anda akan dapat menikmati pemandangan indah dari taman bunga yang mempesona. Tiap bagian taman ini memiliki berbagai tema yang terinspirasi dari tempat-tempat yang ada di dunia seperti Mediterranean, Prancis, Jepang dan Bali.

Yang menjadi daya tarik utama di tempat wisata Taman Bunga Nusantara ini yaitu adanya Secret Labyrinth. Tempat ini terinspirasi dari Maze Garden dan The Wall of Troy. Dimana taman rahasia ini menyuguhkan jebakan dengan lorong buntu, serta lorong berliku yang berujung ke tempat yang istimewa.

Selain itu, di sini anda bisa mengabadikan momen liburan anda. Anda bisa berfoto karena di sini banyak spot menarik yang sayang jika tidak diabadikan. Baca review lengkapnya di sini

3. Little Venice Kota Bunga

the jungle water adventure

Berlokasi di Batulawang, Cipanas, Cianjur, Little Venice Kota Bunga adalah tempat wisata favorit. Kota Bunga adalah komplek villa dan perumahan yang terdapat di daerah Puncak yang memang dari dulu sudah terkenal. Kota Bunga membangun wahana baru dengan nama Little Venice. Dimana tempat ini merupakan danau buatan yang sengaja dibangun dengan menyerupai kota Venice di Italia.

Selain danaunya yang dibuat sama, bangunan hingga pemandangan yang ada di sekitarnya juga dirancang hingga semirip mungkin. Di tempat ini juga anda akan menemukan berbagai wahana permainan mulai dari sepeda anak-anak, perahu bebek sampai gondola yang bisa anda ayun sendiri. Selain itu, di sini anda bisa mencoba Mississippi Boat Ride, anda akan merasakan suasana bagaikan naik ke atas kapal dengan nuansa Western.

Bukan hanya wahana permainannya saja, Little Venice menyuguhkan desain bangunan yang unik. Di sini bangunannya dibuat seperti bangunan di berbagai negara mulai dari Asia, Amerika, Eropa sampai Australia. Tidak hanya itu saja, tempat wisata ini juga menyuguhkan indahnya pemandangan bunga yang ada disini.

4. The Jungle Water Adventure

the jungle water adventure

Di tempat wisata ini anda akan menemukan aneka wahana permainan yang menarik untuk dicoba seperti Kiddie Pool, Slide Pool, Recer Slide, Spiral Slide dan Tube Slide. Saat berkunjung ke sini anda bisa mencoba berbagai wahana air yang menyenangkan.

Namun, untuk anda yang lebih suka bersantai serta menikmati pemandangan, anda cukup menikmati kolam berenang Leisure Pool. Ini merupakan kolam berenang dimana di bagian tengahnya anda bisa menikmati minuman atau makanan. Tidak hanya menikmati wahana air saja, anda juga bisa bermain di Fountain Futsal.

Berlokasi di Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan, tempat wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk anda yang ingin bersantai bersama keluarga tercinta.

5. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang ini berjarak 5 km dari Kota Bogor. Kampung ini merupakan kampung tertua di Bogor. Di tempat ini anda akan diajak untuk merasakan suasana kampung sunda pada zaman dulu dengan 8 jenis kesenian Sunda yang dilestarikan oleh penduduknya.

Selain itu, di sini juga ada beberapa situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran berupa Bukit Berundak. Dalam setiap tahunnya di sini masyarakat selalu mengadakan upacara Seren Taun yang menjadi bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa atas rejeki panen, serta hasil bumi.

Karena Kampung Budaya Sindangbarang ini dijadikan sebagai kampung budaya, maka para pengunjung yang datang ke kampung ini bisa bermalam dan menginap di rumah adat. Para pengunjung dapat merasakan suasana kehidupan sehari-hari penduduk di sini. Selain itu, anda juga akan diajak untuk melihat para ibu sedang menumbuk padi di lesung dan memasak nasi dengan menggunakan hawu dan kayu.

Kampung Budaya Sindangbarang berlokasi di Jl. Endang Suma Wijaya, RT.02 Rw.08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Ds. Pasir Eurih, Kec. Tamansari, Bogor.

6. Taman Sakura

Taman Sakura

Apakah anda ingin melihat keindahan bunga sakura? Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang karena anda bisa menikmati keindahan bunga sakura dengan berwisata ke Kebun Raya Cibodas.

Pohon dengan bunga  cantik berwarna pink ini sudah ditanam sejak tahun 1971 di Kebun Raya Cibodas. Terdapat 435 pohon bunga sakura yang bisa anda temukan di tempat ini dengan dikelilingi pemandangan Gunung Gede-Pangrango.

Yang menakjubkan, jika pohon sakura di negara asalnya bermekaran selama sekali setahun pada tiap musim semi, sedangkan di tempat ini anda bisa melihat keindahan bunga sakura 2 kali dalam setahun, yakni bulan Januari-Februari serta Juli-Agustus. Dimana ini disebabkan karena adanya perbedaan iklim, serta kontur tanah.

Tidak hanya Taman Sakura saja, di Kebun Raya Cibodas juga para pengunjung dapat menikmati indahnya padang rumput yang luas, aneka  koleksi tanaman, pohon raksasa, taman lumut, air  terjun, kolam, sungai, air mancur dan rumah kaca. Taman Sakura ini berlokasi di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur.

7. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya berdiri pada tahun 1993, di atas tanah dengan luas 5 hektar. Dimana dulunya bernama Penangkaran Rusa Cariu. Di tempat ini anda bisa bisa melihat rusa-rusa menggemaskan.

Di penangkaran rusa ini dikembangkan beberapa jenis rusa seperti rusa Jawa, rusa Bawean dan rusa Cheetal. Apabila anda datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maka anda  diharuskan memarkirkan kendaraan pada tempat yang sudah disediakan. Kemudian perjalanan anda dilanjutkan dengan melalui jembatan gantung yang berada di atas Sungai Cibeet. Karena pemandangannya begitu mempesona, saat berada di atas jembatan anda bisa mengabadikan beberapa gambar.

Setelah anda sampai dipenangkaran, anda bisa bermain dan memberi makan rusa-rusa yang ada di sini. Untuk memberi makan rusa, anda bisa membeli ubi yang telah disediakan oleh petugas di sini.

Selain menjadi tempat untuk perkembangbiakan rusa, tempat ini menyediakan wahana outbound, serta tempat perkemahan.

8. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala

Untuk anda yang ingin menikmati liburan dengan nuansa yang berbeda, maka anda dapat berkunjung ke Pondok Rasamala. Di sini anda bisa berkemah di alam terbuka atau di tengah-tengah hutan pinus. Tidak perlu bersusah payah membawa tenda atau membawa makanan, karena di sini anda bisa menikmati kemewahan hotel.

Di sini anda bisa melihat indahnya air mengalir di cururg kecil yang terdapat di perkemahan. Selain itu, suasana akan semakin di dukung dengan menyalakan api unggun dan mendengarkan suara-suara serangga di hutan. Selain itu, anda juga dapat menikmati kabut tipis yang turun dari puncak gunung. Di tempat ini juga anda dapat mengabadikan momen karena banyak spot-spot yang bagus mulai dari rumah pohon, pemandangan alam dan air terjun. Tempat Pondok Rasamala ini berlokasi di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Jln. Gn. Bunder, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor.

9. Cimory Riverside

Cimory Riverside

Bukan hanya lidah saja yang dimanjakan saat datang ke sini, namun mata juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang disuguhkan di sini. Lokasinya tepat di tepi sungai yang jernih di antara rindangnya pepohonan akan memberikan sensasi makan yang berbeda dari yang lainnya. Dengan di dukung sejuknya udara puncak, Cimory Riverside menjadi pilihan tempat yang cocok untuk bersantai di sore hari dengan ditemani hidangan yang lezat dan pemandangan yang menakjubkan. Asiknya, menu makanan di sini harganya cukup terjangkau.

Selain itu, restoran di sini juga dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak, toko yang menjual aneka olahan yoghurt dan susu, serta pabrik cokelat. Jadi sebelum pulang anda bisa membeli oleh-oleh terlebih dahulu di sini. Berlokasi di Jl. Raya Puncak Km. 76, Megamendung, Bogor Timur, tempat ini sangat mudah dijangkau.

10. Warso Farm

Warso Farm

Durian dianggap sebagai raja segala buah oleh orang Indonesia. Meskipun kulitnya memiliki duri yang tajam, namun buah dengan aroma yang khas ini memiliki rasa yang lezat dengan teksturnya yang lembut. Sehingga tak heran buah yang satu ini menjadi favorit banyak orang.

Warso Farm terletak di Ds. Cihideung, Kab. Bogor dan berada di atas lahan seluas 8,5 hektar dengan ditanami oleh pohon buah durian sebanyak 900, termasuk jenis durian varietas unggul. Tempat ini menjadi surganya durian. Untuk anda pecinta durian, anda harus berkunjung ke  tempat yang satu ini.

Adapun beberapa jenis durian yang di tanam di sini yaitu durian jenis petruk, tembaga, sunan, montong, lay dan simas. Simas itu sendiri merupakan durian varietas asli dari Bogor dengan daging berwarna kuning, serta manis dan legit.

Setelah anda puas berkeliling melihat pohon durian dan suasana di sekitar, anda bisa langsung memilih buah durian dan membelinya langsung dari pohon. Tentunya anda harus datang ke tempat ini saat waktu yang pas yaitu saat musim duren.

11. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura-Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta bukan hanya sebagai objek wisata, namun juga sebagai tempat peribadatan yang digunakan oleh masyarakat Hindu yang tinggal di Jawa Barat.

Ketika anda berkunjung ke sini, anda akan melihat dua pura yakni Pura Melanting, serta Pura Pasar Agung sebelum anda masuk ke bagian utama komplek.

Pura utama di komplek ini umumnya tertutup untuk para wisatawan yang datang berkunjung. Terkecuali untuk mereka yang akan melakukan ritual. Area yang bisa dimasuki oleh wisatawan satu-satunya yaitu bagian alun-alun.

Namun, meskipun begitu anda tetap bisa menikmati keindahan pura ini dengan Gunung Salak sebagai latar belakangnya, serta cantiknya taman-taman yang ada di sekeliling pura.

Pura Jagatkartta yang berlokasi di Tamansari, Bogor  menjadi pura terbesar yang ada di Jawa Barat.

12. Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas-

Untuk anda yang ingin berwisata ke kebun teh, maka tak ada salahnya untuk datang ke tempat ini. Selain menyaksikan hamparan kebun teh yang hijau dan indah, di sini anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tentunya menyenangkan. Di sini anda bisa sambil menunggang kuda di  tengah-tengah hamparan pohon teh.

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di sini yaitu tea walk, yaitu kegiatan berjalan-jalan dengan menyusuri perkebunan teh dan tentunya didampingi oleh pemandu yang akan memberikan informasi tentang perkebunan teh di sini. Selain itu, anda juga dapat berkunjung ke pabrik teh atau jika ingin bermalam anda bisa menginap di pondok yang disediakan. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana rasanya bangun di pagi hari dengan pemandangan indah di sekeliling anda. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk anda. Perkebunan Teh Gunung Mas berlokasi di Jl. Raya Puncak, Kotak Pos 6 Km. 27, Cisarua, Bogor.

13. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Berlokasi di Jln. Raya Cileungsi-Jonggol Km 3, Mekarsari, Bogor, tempat wisata ini akan menawarkan pengalaman wisata yang menarik sambil mengenal buah-buahan dan keanekaragaman hayati. Tempat ini merupakan tempat untuk melestarikan buah-buahan tropika, terlebih lagi untuk varietas unggul yang ada di seluruh daerah Indonesia. Selain itu, tempat ini digunakan untuk area penelitian, budidaya serta pengembangan bibit unggul.

Untuk membuat para pengunjung nyaman saat datang ke tempat ini, disediakan berbagai fasilitas di antaranya yaitu family garden, baby zoo, kids fun valley, greenhouse melon, menara pandang, pongo show dan sabut kelapa outbound. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, salah satunya yaitu paket Green Land Tour. Dengan paket wisata ini anda akan diajak berkeliling kebun buah dengan kereta wisata.

14. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Untuk anda yang menyukai kegiatan-kegiatan yang penuh tantangan, maka anda bisa datang ke Fly Indonesia Paragliding. Di sini anda bisa mencoba paralayang dan merasakan sensasi terbang dengan ketinggian 1,3 km di atas permukaan laut. Apabila anda takut terbang sendirian, anda bisa meminta bantuan instruktur yang dapat menemani anda.

Keamanan dan peralatan yang digunakan tentu terjamin sehingga anda jangan takut. Berlokasi di Jln. Raya Puncak, Km. 87,  di sini anda bisa merasakan sensasi yang berbeda dan tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk liburan anda.

15. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor diperkirakan terdapat 15.000 pohon, serta tanaman yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri. Bukan hanya beragam tanaman saja, namun di Kebun Raya Bogor juga terdapat museum zoologi.

Selain itu, di Kebun Raya Bogor yang menjadi favorit para wisatawan yaitu berfoto di jembatan Gantung Merah. Spot ini memang sering digunakan untuk pemotretan, terutama untuk foto prewedding karena latar belakangnya indah dan mempesona.

Para pengunjung juga dapat membeli souvenir ataupun bibit tanaman di Garden shop. Tidak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa melihat fasilitas yang lainnya di Kebun Raya Bogor ini seperti kolam teratai, taman meksiko, tugu reindwart dan masih banyak yang lainnya. ( Lihat juga :  14 Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang Wajib Dikunjungi )

16. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong menjadi tempat wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi saat anda pergi  ke Bogor. Di tempat makan ini para pengunjung dapat sambil melihat pemandangan indah nan mempesona dari tepi Sungai Cikeas yang dilengkapi dengan sejuknya suasana pegunungan.

Meskipun dinamakan sebagai Pasar Ah Poong, akan tetapi para pengunjung tidak akan membeli makanan di perahu yang mengapung di sungai. Para pengunjung tetap membeli makanan di kedai yang telah disediakan. Di Pasar Ah Poong ini disediakan 80 tenant dengan menyajikan aneka ragam kuliner nusantara ataupun mancanegara. Untuk sistem pembayaran di tempat ini yaitu dengan menggunakan deposit khusus eat and eat. Dimana penggunaan kartu deposit ini hanya bisa digunakan di Pasar Ah Poong. Para pengunjung dapat membeli kartu tersebut, lalu mengisi saldonya di kasir sebelum membeli makanan yang tersedia di sini. Saldo di kartu ini berlaku untuk 30 hari.

Selain menikmati aneka kuliner yang tersedia di sini, para pengunjung juga dapat naik perahu untuk mengitari sungai cikeas. Bahkan di sini telah disediakan berbagai wahana permainan untuk membuat pengunjung nyaman dan betah di sini.

17. Devoyage Bogor

Devoyage Bogor

Devoyage Bogor merupakan tempat wisata baru di Bogor. Tempat wisata ini mengusung konsep perkampungan Eropa. Di sini terdapat menara Eiffel, gondola ala Venesia dan kincir angin khas negara Belanda.

Selain miniatur ala Eropa, Devoyage Bogor juga dilengkapi dengan rumah foto, kebun binatang mini, rumah permainan, rumah cendera mata, sampai tersedia fasilitas perahu yang dapat digunakan untuk mengelilingi kawasan wisata ini.

Untuk anda yang ingin berlama-lama berada di sini jangan merasa khawatir, sebab di sini sudah disediakan kafe dan restoran yang menyajikan aneka hidangan western. Devoyage berlokasi di Jl. Raya Bogor, No. 240, Mulyaharja, Bogor Selatan, Bogor.

18. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

Bogor memiliki kontur alam berbentuk pegunungan menjadikan bogor memiliki banyak curug atau air terjun. Salah satu curug yang terdapat di Bogor yaitu Curug Cibaliung.

Curug Cibaliung merupakan tempat wisata Bogor yang berlokasi di Ds. Karang Tengah, Kec. Madang, Sentul. Hanya saja, karena aksesnya yang cukup sulit membuat curug ini tidak diketahui banyak orang.

Meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi Curug Cibaliung ini tetap menawarkan keindahan curug atau air terjun yang mempesona. Airnya yang jernih dan sejuk menambah daya tarik dari Curug ini.

Oleh masyarakat sekitar, Curug Cibaliung ini lebih dikenal dengan sebutan Leuwi Cibaliung. Dengan kontur alam bebatuan yang dikelilingi oleh pepohonan sangat cocok untuk anda yang penat dengan suasana perkotaan. Ketika anda berkunjung ke curug ini anda bisa merasakan kesejukan airnya dengan mandi di curug ini.

Demikian beberapa tempat wisata Bogor yang menarik dikunjungi untuk membuat liburan anda semakin menyenangkan.

Leave a Reply