Wisata Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Indah nan Abadi di Probolinggo

Wisata Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Indah nan Abadi di Probolinggo – Bagi anda yang ingin berwisata ke destinasi wisata alam yang menenangkan dan sejuk, maka wisata air terjun dapat anda jadikan pilihan. Ada salah satu air terjun di Probolinggo yang keindahannya tidak bisa diragukan lagi. Lokasinya yang terpencil membuat suasana kawasan air terjun ini tetap asri dan tenang. Karena keindahannya, banyak wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. Nah, berikut ini beberapa informasi mengenai tempat wisata Air Terjun Madakaripura.

Sejarah dan Mitos Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura menjadi salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi oleh anda yang menyukai liburan dengan nuansa alam. Air Terjun Madakaripura ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter, dengan debit air yang lumayan besar.  Karena saking tingginya air terjun ini, orang yang berkunjung dan berdiri di bawahnya hanya akan merasakan butiran halus airnya saja. Keindahannya jangan ditanyakan lagi, para pengunjung akan terhipnotis oleh keindahan yang ditawarkan oleh air terjun yang satu ini. Ketika berada di sini para pengunjung seolah-olah sedang berada di tabung transparan dengan dikelilingi tebing yang tinggi.

Pesona dari Air Terjun Madakaripura yang terkenal salah satunya yaitu fenomena pelangi. Para pengunjung juga akan merasakan suasana magis saat tebing yang ada di sekeliling air terjun seolah-olah mencegah agar sinar matahari tidak masuk.

Air Terjun Madakaripura itu sendiri diambil dari 3 nama, yakni Mada diambil dari nama Gajah Mada, kemudian Kari yang memiliki makna peninggalan, serta Pura yang artinya tempat untuk sembahyang.

Di balik air  terjun ini terdapat sebuah gua yang oleh masyarakat dipercaya sebagai tempat untuk bersemedi Patih Gajah Mada. Gajah Mada adalah tokoh penting di era Kerajaan Majapahit dan ia berprestasi menyatukan Nusantara. Berdasarkan cerita dari masyarakat, di sini Patih Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya. Sampai meninggal, Patih Gajah Mada tetap ada di sini dan merenungi apa yang telah dilakukannya. Dimana cerita tentang Patih Gajah Mada ini semakin diperkuat dengan adanya arca Gajah Mada yang terdapat di kawasan ini.

Air Terjun Madakaripura disebut-sebut sebagai air terjun abadi. Sebab para pengunjungnya akan terus melihat air tanpa sedikit pun kekeringan. Selain itu, debitnya tidak berkurang maupun bertambah baik ketika musim hujan atau musim kemarau.

Mitos lainnya dari Air Terjun Madakaripura yaitu para pengunjung harus pulang sebelum jam 2 siang. Para warga sekitar yakin bahwa lebih dari jam ini maka akan terjadi hujan dengan tiba-tiba yang akan menyebabkan debit air naik. Selain itu, mitos lainnya dari air terjun ini yaitu bahwa airnya dapat membuat awet muda.

Pesona Air Terjun Madakaripura

Suasana Air Terjun Madakaripura begitu teduh dan sejuk. Siapa pun yang berkunjung ke sini akan merasa takjub oleh pesona air terjun ini, karena suasananya berbeda dengan air terjun yang lainnya. Sebelum sampai di air terjun utama, para wisatawan akan melihat 4 air terjun dengan salah satunya berbentuk seperti rongga. Pemandangan hijau di sekitar air terjun terlihat begitu indah dan menawan. Adanya pemandangan hijau ini karena adanya air terjun dari atas ke bawah.

Keindahan di kawasan ini tidak hanya pada air terjun saja, namun juga air yang membentuk sebuah aliran dengan warna biru dan indah. Para pengunjung akan dibuat terpesona dengan keindahan air ini. Tidak hanya itu, suara yang muncul dari air terjun ini akan membuat pengunjung rileks. Suara air terjun ini menghasilkan gelombang dan terdengar dramatis.

Alamat Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura beralamatkan di Dsn. Branggah, Ds. Negororejo, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo. Untuk sampai di kawasan ini para pengunjung bisa menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda harus naik bus ke Terminal Probolinggo. Dari Probolinggo anda bisa naik angkutan umum khusus melayani perjalanan ke Air Terjun Madakaripura. Jurusan angkutan umum yang dapat anda gunakan yaitu Lumbang-Bromo. Sesampainya di Kec. Lumbang, anda diharuskan untuk pindah lagi angkutan umum. Untuk lebih mudah anda bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai ke lokasi tujuan.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka anda bisa menggunakan rute Probolinggo, Bromo dengan melalui Tongas. Anda akan menemukan pertigaan Sukapura. Lalu anda bisa ambil arah kanan hingga sampai di pasar Lumbang. Lalu anda bisa mengikuti petunjuk jalan untuk sampai ke Air Terjun Madakaripura.

Jika sudah sampai di kawasan air terjun, maka untuk sampai ke titik air terjunnya anda harus jalan lagi selama kurang lebih 20 menit. Akses jalan untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura tidaklah mudah. Untuk berkunjung ke sini dibutuhkan perjuangan yang ekstra. Namun, saat ini pengelola sudah membuat jalan yang lebih baik sehingga akan memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung. Meskipun begitu, para pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati.

Aktivitas Wisata Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura sebagai bagian kawasan wisata Bromo akan memanjakan mata pengunjung yang datang ke sini. Sehingga anda jangan bingung melakukan kegiatan apa di sini karena rasa kagum anda melihat air terjun dan pemandangan di sekitar akan membuat anda betah untuk berlama-lama di sini.

Selain di lokasinya, ketika berada di perjalanan untuk menuju ke sini para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah dengan pohon besar yang membuat teduh, sungai-sungai dengan suasana khas pegunungan.

Tentunya untuk berkunjung ke sini para wisatawan harus menggunakan perlengkapan yang tepat, seperti sandal atau sepatu yang kuat serta tahan air, pakaian ganti, payung atau jas hujan untuk meminimalisir agar anda tidak kebasahan.

Saat jarak sudah semakin dekat, udara akan semakin dingin dan anda akan merasakan percikan air. Benteng tebing yang curam meneteskan air seolah-olah sedang hujan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda jangan berkunjung saat musim hujan. Nah, sesampainya di lokasi anda akan melihat air terjun yang indah dengan pemandangan yang menakjubkan.

Diberlakukan larangan untuk berkunjung ke air terjun saat hari sudah mulai gelap, serta berawan. Pasalnya hujan dan air bah datang tidak bisa diprediksi. Tidak hanya rawan oleh banjir, air terjun ini juga rawan oleh longsor sebab penuh oleh tebing curam.

Fasilitas yang Tersedia

Dekat dengan pintu utama, sudah tersedia area parkir khusus untuk sepeda motor. Fasilitas yang lainnya seperti misalkan kamar mandi, toilet, mushola dan toko souvenir sudah tersedia dan berada di sekitar pos retribusi.

Di perjalanan turun ada banyak kotak untuk sarang lebah yang dibuat oleh warga sekitar untuk mengambil madu segar. Selain itu, di depan pintu masuk ada warung yang tersedia sehingga para wisatawan bisa menikmati makanan yang tersedia sambil melihat indahnya pemandangan. Terdapat beberapa penjual yang menawarkan sandal, jas hujan serta jasa tour guide.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Madakaripura

Liburan ke Air Terjun Madakaripura dapat menjadi pilihan alternatif untuk mereka yang ingin berwisata murah meriah. Sebab berkunjung ke sini para wisatawan hanya harus membayar tiket masuk dengan harga yang sangat murah. Nah, supaya perjalanan semakin nyaman anda harus simak beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Madakaripura seperti di bawah ini.

  • Saat berkunjung ke Air Terjun Madakaripura anda harus membawa jas hujan ataupun payung. Sebenarnya anda dapat menyewa payung di dekat parkir namun biasanya harganya tidak pasti. Oleh karena itu, sebaiknya anda membawa sendiri payung dari rumah.
  • Untuk mengabadikan momen liburan anda dan pemandangan indah di sekitar, anda dapat membawa kamera. Namun pastikan kamera sudah dilindungi dengan waterproof case maupun pelindung lainnya yang anti air.
  • Sebaiknya anda membawa peralatan mandi dan baju ganti. Kamar mandi di kawasan ini cukup baik dan nyaman.
  • Sebaiknya anda jangan datang saat musim penghujan. Pasalnya ketika musim hujan sering terjadi banjir. Maka untuk keselamatan alangkah lebih baik jika anda tidak berkunjung saat musim hujan.
  • Demi keamanan anda juga jangan masuk ke area air terjun tanpa seorang pemandu. Pemandu yang ada di sini sudah memiliki pengetahuan mengenai area yang aman untuk pengunjung saat di sungai.
  • Agar lebih mudah untuk menuju ke tempat ini anda sebaiknya datang bersama rombongan dengan menggunakan kendaraan pribadi.
  • Gunakan juga sendal atau sepatu yang nyaman, tebal dan tidak mudah licin.

Air Terjun Lainnya di Probolinggo yang Tidak Kalah Menarik

Selain Air Terjun Madakaripura, di Probolinggo, Jawa Timur ternyata masih ada lagi tempat wisata serupa yang akan memikat para wisatawan. Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan Air Terjun Madakaripura. Mari intip beberapa air terjun yang dapat anda kunjungi saat berkunjung ke Probolinggo selain Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Umbulan

Tempat wisata yang satu ini juga dapat anda jadikan pilihan kateika anda datang ke Probolinggo. Air terjun ini menyajikan pemandangan yang cantik, sejuk dan tenang. Mengunjungi air terjun cocok bagi anda yang membutuhkan ketenangan. Air terjun ini berlokasi di Kec. Sukapura, Probolinggo.

Air Terjun Watu Lawang

Jika wisata Air Terjun Madakaripura sudah terlalu umum bagi anda, maka anda dapat berkunjung ke Air Terjun Watu Lawang. Air terjun ini memiliki suasana yang tenang, sejuk dan damai. Tebing menjulang tinggi sebelum memasuki air terjun semakin menambah keindahannya. Air terjun ini beralamatkan di Ds. Ngepung, Sukapura, Probolinggo.

Air Terjun Triban

Air terjun yang satu ini tidak kalah memukau dari air terjun yang lainnya. Tempat wisata yang satu ini berada di Ds. Ngepung, Probolinggo. Ketika di perjalanan menuju kesini anda akan melihat perbukitan. Jika dilalui saat musim hujan, aksesnya akan licin dan curam. Semakin jauh anda berjalan dan mendekati sungai, maka jalurnya akan semakin menantang. Namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan oleh pemandangan yang memanjakan mata.

Air Terjun Kali Pedati

Air terjun ini memiliki tinggi hingga mencapai 20 meter dan berada di kawasan wisata Bromo. Panorama yang indah dengan airnya yang jernih akan memanjakan mata. Air terjun ini berlokasi di Ds. Kalianan, Kec. Krucil, Probolinggo.

Demikian beberapa informasi tentang wisata Air Terjun Madakaripura yang dapat kami berikan untuk anda semoga bermanfaat.

Leave a Reply