Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit – Percantik desain interior di dalam rumah dengan sentuhan artistik pot bunga dari sedotan. Di bawah ini adalah tutorial cara membuat bunga dari sedotan yang akan dapat anda simak dengan mudah.

Belakangan ini sedotan menjadi salah satu jenis limbah plastik yang jumlahnya semakin hari semakin banyak jumlahnya. Merebaknya aneka jajanan minuman dengan kemasan menjadikan sedotan plastik dipilih sebagai salah satu alat penunjang hidangan minuman dalam kemasan cup.

Nah, daripada menimbun banyak sampah dan mencemari lingkungan kita. Lebih baik manfaatkan peralatan ini untuk dijadikan hiasan di rumah anda. Ya, cara membuat bunga dari sedotan akan kita bahas kali ini sehingga memudahkan anda membuat hiasan sendiri di rumah. Baca juga: Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Cara pembuatannya cukup mudah dan peralatan yang anda butuhkan umumnya sangat sederhana yakni dengan hanya menyiapkan gunting dan sedotan bekas sebanyak-banyaknya. Lalu seperti apa sih cara membuat bunga dari sedotan? Caranya dapat anda simak di bawah ini.

Peralatan yang Dibutuhkan:

Sebelum anda terburu untuk membuat hiasan bunga dari sedotan, alangkah baiknya simak terlebih dahulu apa saja peralatan yang harus anda siapkan dengan merata. Di bawah ini adalah beberapa peralatan yang perlu disiapkan.

  • Sedotan warna-warni sebanyak-banyaknya
  • Satu buah gunting
  • Tang
  • Kawat untuk mencetak batang bunga hiasan
  • Lem glue gun

Langkah Cara Membuat Bunga dari Sedotan:

Nah, setelah peralatan di atas sudah dikumpulkan, kemudian anda akan siap untuk memulai langkah cara membuat bunga dari sedotan kali ini. Cara yang dilakukan dipastikan mudah untuk diikuti dan diakhir artikel akan ada tayangan video yang bisa anda simak.

Mulai dengan Menyiapkan Sedotan

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk memulai pembuatan cara membuat bunga dari sedotan kali ini adalah dengan menyiapkan sedotan dan gunting. Biasanya sedotan terbagi menjadi beberapa kualitas tergantung dari harganya. Ada beberapa jenis sedotan yang sangat tebal dimana biasanya jenis sedotan ini akan sulit untuk dicetak.

Nah, untuk jenis sedotan ini anda akan perlu melemaskan bagian permukaan sedotan dengan merata. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melenturkan bagian permukaan sedotan, diantaranya adalah:

  • Pegang bagian masing-masing ujung sedotan dengan menggunakan tangan anda.
  • Lalu ambil gunting dan tekankan gunting dibagian atasnya sambil ditarik dengan perlahan.
  • Lakukan cara ini selama beberapa kali sampai anda mendapati bagian permukaannya menjadi lebih lentur.
  • Baru setelah itu, anda akan mulai dapat membentuknya.

Potong Sedotan Menjadi Beberapa Bagian

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Untuk satu sedotan anda perlu membaginya menjadi beberapa bagian. Cara ini dilakukan agar nantinya bunga yang dibuat dari sedotan ukurannya sesuai dan tidak terlalu panjang.

  • Untuk memudahkan anda melakukannya, silahkan ambil sedotan yang sudah dilenturkan.
  • Lalu setelah itu, lipat menjadi dua bagian dan gunting dengan perlahan.
  • Gunting kembali bagian yang sudah anda potong masing-masing menjadi dua bagian. Sehingga dalam satu sedotan anda mendapatkan empat potongan yang sudah disiapkan.

Potong dengan Bentuk Melengkung

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Tak selesai sampai disitu, setelah memotongnya menjadi beberapa bagian kini tiba saatnya untuk anda membentuk bunga pada sedotan yang sudah digunting. Bentukan bunga bisa dibuat dengan cara menggunting sedotan membentuk liukan yang mudah dan sederhana.

Lakukan cara yang sama pada sisa sedotan yang sudah anda siapkan. Nantinya anda tinggal menyatukan dan merekatkannya secara bersamaan sehingga bentuk bunga akan nampak cantik dan menarik.

  • Caranya adalah dengan mengambil salah satu bagian ujung sedotan.
  • Kemudian potong dengan bentuk meliuk dengan perlahan dari ujung bawah menuju ke bagian atas sedikit menyempit.
  • Lalu setelah itu, bunga dan rekahkan anda akan mendapati bentuk potongannya terlebih seperti pada gambar.

Lengkungkan dengan Kunci

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Seperti halnya bentuk bunga asli yang bagian permukaannya selalu meliuk keluar membentuk kesan merekah yang cantik. Maka kesan yang sama perlu diberikan pada bunga dari sedotan kali ini akan nampak lebih realistik. Pada kesempatan ini anda bisa menggunakan kunci sewaktu mencetaknya sehingga anda lebih mudah. Selain itu, salah satu alasan penggunaan kunci untuk cetakan bunga ini dilakukan agar nampak garis cantik seperti corak yang ada pada bunga.

Namun sebenarnya selain kunci, anda bisa menggunakan media lain yang lebih mudah bahkan dengan menggunakan gunting agar tidak perlu banyak peralatan yang digunakan pada tutorial cara membuat bunga dari sedotan kali ini. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk membuat bunga kali ini adalah dengan:

  • Tarik bagian ujung sedotan menggunakan kunci atau gunting. Bagian yang harus dicetak adalah bagian yang lebih lebar.
  • Lakukan secara berulang sampai anda mendapati kesan liukan atau lengkungan pada bagian ujung yang baru saja anda cetak.
  • Nantinya anda akan mendapati bentuknya lebih mirip dengan kelopak bunga yang siap disatukan.
  • Bila sudah selesai silahkan sisihkan sementara.

Artikel menarik lainnya: Jaga Bumi Tetap Hijau dengan 8 Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Buat Bagian Putik Bunga dengan Warna Lain

Setelah selesai dengan kelopak bunga maka kini anda perlu membuat putik bunga. Untuk memberikan kesan yang lebih cantik maka sebaiknya gunakan warna lain untuk membuat putik bunga. Pada kesempatan kali ini kita gunakan warna kuning namun anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau selera anda sendiri.

  • Caranya, ambil sedotan dengan warna lain. Kemudian sesuaikan ukurannya dengan ukuran kelopaknya.
  • Kemudian gunting bagian ujungnya membentuk rawis-waris kecil.
  • Lakukan dengan perlahan. Kemudian ujungnya ditekan melengkung seperti pada saat anda melengkungkan bagian ujung sedotan bentuk kelopak
  • Setelah selesai sisihkan dan anda akan mulai merangkai.

Mulai Merangkai

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Setelah semuanya disiapkan dengan merata kini kita akan mulai merangkai. Siapkan semua peralatan dekat dengan anda, termasuk dengan sedotan yang sudah dibentuk dengan merata agar anda lebih mudah merangkainya.

  • Ambil kawat untuk dijadikan batang dalam pembuatan bunga kali ini. Lalu lengkungkan ke dalam bagian ujungnya menggunakan tang.
  • Setelah itu, berikan lem glue gun
  • Lalu tancapkan terlebih dahulu putiknya dan tekan bagian ujungnya agar menempel.
  • Setelah itu, bagian ujung yang masih kurang rapi digunting membentuk kerucut.
  • Lalu tempelkan putiknya mengeliling. Namun sebelumnya berikan terlebih dahulu lem menggunakan glue gun pada masing-masing bentuk kelopak agar merekat dengan lebih mudah.

Tutupi Kawat dengan Kertas Warna

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Untuk menutup bagian kawat agar tidak terlalu kentara maka anda bisa menggunakan kertas warna atau kertas krep. Caranya adalah dengan menutupinya dengan cara memutar sampai bagian kawat tertutupi secara keseluruhan. Namun sebelumnya pastikan jika anda sudah melumuri lem pada seluruh permukaan kawat agar kertas merekat dengan erat.

Nah, kini bunga dari sedotan sudah siap. Anda hanya perlu menyatukannya dengan menggunakan kertas krep yang diikat untuk menyatukan satu bunga dengan bunga lainnya. Kemudian siapkan pot dan tata dengan cantik.

Leave a Reply