Tugu Monas

Tugu Monas, Tempat Wisata Keluarga dan Edukasi di Jakarta

Tugu Monas, Tempat Wisata Keluarga dan Edukasi di Jakarta – Di Jakarta Pusat ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjung, termasuk wisata sejarahnya. Dikutip dari blog.cove.id ada beberapa wisata sejarah di Jakarta Pusat, di antaranya Museum Nasional Indonesia, Galeri Nasional Indonesia, Museum Taman Prasati, Monas dan lain sebagainya.

Ketika berkunjung ke Jakarta, tentu akan kurang lengkap jika anda  tidak berkunjung ke Monas. Monas memiliki ketinggian 132 meter, lokasinya berseberangan dengan Istana Negara sehingga mudah untuk dijangkau.

Tugu Monas

Lokasi Monas

Monas alamatnya mudah dijangkau. Lokasinya terdapat di pusat Jakarta atau lebih tepatnya berada di Gambir Jakarta Pusat.

Sejarah Monas

Monas itu sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Karena pemberontakan G30S PKI, pembangunan monumen ini terhenti. Adapun secara umum sejarah Monas, pembangunannya dibagi dalam beberapa periode seperti berikut ini.

  • Periode tahun 1961 s/d 1965. Di tahap ini fondasi mulai dibangun. Diketahui sekitar 360 pasak bumi dipakai untuk fondasi Monas ini.
  • Kemudian periode tahun 1966 s/d 1968. Pada waktu ini Monas pembangunannya terhenti karena pemberontakan PKI.
  • Selanjutnya periode tahun 1969 s/d 1975. Pembangunan Monas serta fasilitas dan area di sekitarnya dilanjutkan. Lalu dibuka umum pada tanggal 12 Juli 1975 oleh Presiden Soeharto.

Area tempat dibangunnya Monas luasnya yaitu sekitar 80 hektar yang mengalami beberapa kali ganti nama. Dimana awalnya disebut lapangan Gambir, kemudian diganti dengan lapangan Ikeda, lapangan merdeka, lapangan Monas sampai akhirnya lebih dikenal dengan Taman Monas.

Bentuk Tugu Monas

Tugu Monas

Perancangan Tugu Monas itu sendiri yaitu mengacu terhadap konsep universal pasangan Lingga dan Yoni. Dimana tugu obelisk melambangkan lingga, yang merupakan elemen laki-laki maskulin dan aktif. Kemudian untuk pelataran tugu melambangkan Yoni, yaitu elemen wanita pasif. Pasangan ini melambangkan kesuburan, serta keharmonisan.

Pada bagian atas Monas terdapat mahkota dengan bentuk lidah api obor. Awalnya lidah api ini dilapisi dengan menggunakan emas 35 Kg. Kemudian pada tahun 1995, emas Monas dilapisi ulang sehingga berat emas totalnya sebanyak 50 Kg.

Hal Menarik Dari Tugu Monas

Tentunya ada banyak hal menarik dari Tugu Monas. Selain bisa melihat monumen yang menakjubkan, di sini juga kita dapat rekreasi dengan keluarga tercinta. Ada banyak spot wisata edukasi dan sejarah di sini. Tentunya sangat pas berlibur ke sini mengajak keluarga tercinta. Berikut ini hal menarik dari tugu Monas.

Taman Kota Hijau

Di sekitar Monas terdapat taman hijau yang tertata rapi. Suasananya hijau, cocok untuk bersantai dengan keluarga tercinta. Selain taman, di area Monas juga ada jogging tarck serta area untuk berolahraga.

Air Mancur Menari

Di Monas juga terdapat pertunjukan air mancur menari. Pertunjukan ini biasanya diadakan saat sabtu malam dan minggu malam. Jam pertunjukan dimulai pada puku 19.30, serta pukul 20.30 dan pertunjukan berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Terdapat Patung dan Monumen

Di sini juga terdapat patung dan monumen catatan sejarah pada beberapa spot. Sebelum anda masuk dalam tugu, di taman kota anda bisa berkeliling dan menikmati karya seni.

Relief Sejarah Indonesia

Di sini juga ada relief sejarah indonesia. Dimana relief  di sini disusun secara kronologis menurut waktu.

Museum Sejarah Nasional

Museum Sejarah Nasional letaknya ada di bagian dasar Monas atau sekitar kedalaman  3 meter dari permukaan tanah. Di sini ada sekitar 51 diorama, memperlihatkan sejarah Nusantara.

Ruang Kemerdekaan

Letak amphiteater ruang kemerdekaan terdapat dalam cawan monumen. Untuk bisa ke sini, anda dapat memakai tangga berputar dari pintu selatan dan utara. Dalam ruang kemerdekaan ini, ada naskah asli proklamasi kemerdekaan RI. Dimana naskah asli ini diletakan dalam kotak kaca dalam gerbang yang berlapiskan emas.

Kemudian di bagian sisi selatan ada patung Garuda Pancasila. Lalu di sisi timur ada naskah proklamasi kemerdekaan dengan huruf perunggu. Pada awalnya, di sini disimpan bendera pusaka merah putih yang pada tanggal 17 Agustus 1945 dikibarkan. Akan tetapi, bendera pusaka tidak dipajang lagi di sini.

Puncak Monas

Pengunjung dapat naik ke pelataran puncak Monas dengan melalui lift. Pelataran ini dapat menampung sekitar 50 orang. Di sini ada beberapa teropong yang dapat digunakan untuk melihat Jakarta dari ketinggian.

Tempat Kuliner

Berbagai sajian kuliner khas Indonesia bisa anda nikmati di area Lenggang Jakarta. Di sini terdapat aneka kuliner khas yang tentunya sangat enak. Setelah berekreasi di sini, anda dapat beristirahat sambil menikmati kuliner yang tersedia. Jangan lupa juga untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Monas

Tugu Monas

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat anda lakukan ketika berlibur ke Monas seperti berikut ini.

Melihat Air Mancur Menari

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di sini ada pertunjukan air mancur menari. Nah, aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di sini yaitu melihat air mancur menari.

Naik Kereta Wisata

Jika ingin mengelilingi area Monas yang memiliki luas 80 hektar anda tidak perlu bingung. Sebab di sini terdapat kereta wisata yang bisa dengan mudah anda temukan pada tiap halter kereta.

Melihat Rusa Tutul

Di Monas juga terdapat taman rusa yang terdapat puluhan rusa tutul. Lokasinya ada di Taman Medan Merdeka. Para pengunjung dapat langsung berinteraksi dan memberi makan rusa.

Berkunjung ke Monas

Tentunya aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan yaitu berkunjung ke Monas. Di dalam Monas terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia.

Selain berkunjung ke Museum Sejarah Nasional Indonesia anda juga dapat berkunjung ke Ruang Kemerdekaan. Di sini anda dapat mendengarkan suara presiden Soekarno saat membaca teks proklamasi.

Naik Ke Puncak Monas

Ingin menyaksikan kota Jakarta dari ketinggian? Anda dapat naik ke Puncak Monas. Dari ketinggian 115 meter anda bisa melihat kota Jakarta.

Berolahraga

Anda bisa melakukan olahraga di area komplek monas seperti jogging, basket, futsal dan lain sebagainya. Terdapat lapangan yang disediakan di sini. Untuk menggunakannya anda dapat mengajukan permohonan.

Melihat Karya Seni Rupa

Patung para tokoh sejarah Indonesia terdapat di komplek Monas. Selain itu, ada juga penjelasan tentang peran tokoh untuk Indonesia.

Pasar Malam

Pasar malam lokasinya ada di Barat Lenggang Jakarta. Di sini terdapat banyak wahana bermain seperti oodng-odong, kereta wisata, bianglala dan komidi putar.

Monumen Nasional atau Monas merupakan salah satu wisata sejarah Jakarta Pusat yang populer. Monas juga sering dijadikan sebagai wisata rekreasi keluarga. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.