Tradisi! 5 Makanan dan Minuman yang Hanya Ada Saat Puasa di Indonesia

Hanya dalam hitungan minggu dan beberapa hari lagi, masyarakat dunia, khususnya pada Muslim akan dihadapkan pada ibadah puasa. Tentunya ibadah yang satu ini sudah menjadi ibadah yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Muslim yang ada di dunia. Selain sebagai bulan yang penuh dengan berkah, puasa pun selalu identik dengan tradisi unik di masing-masing wilayah dan daerah yang ada di tanah air.

Nah, dari serangkaian budaya tersebut makanan dan minuman selalu menjadi menu yang utama menghiasi bulan puasa. Betapa tidak, menahan lapar dan hau selama bulan puasa tentunya membuat sebagian orang mencari menu makanan dan minuman lezat yang bisa disantap pada saat berbuka nanti.

Hal inilah yang mungkin menjadi alasan beberapa resep masakan dan minuman hadir menghiasi bulan puasa. Hanya saja, uniknya di Indonesia sendiri beberapa daftar makanan hanya dapat dijumpai pada waktu bulan puasa saja. Sehingga ketika anda atau orang lain menjumpai salah satu menu makanan puasa di bulan lain. Maka akan secara otomatis orang mengatakan serasa bulan puasa.

Lantas seperti apa saja sih 5 makanan dan minuman yang hanya ada saat puasa? Penasaran seperti apa saja daftarnya? Mari kita simak secara langsung dibawah ini informasi menariknya untuk anda.

Tradisi! 5 Makanan dan Minuman yang Hanya Ada Saat Puasa di Indonesia

Beberapa hidangan makanan dan minuman tentu terasa istimewa saat bulan puasa. Hal inilah yang mungkin membuat sebagian orang lebih mengkhususnya menghadirkan makanan yang terkesan berbeda pada saat bulan puasa. Bahkan beberapa makanan dan minuman cenderung hanya dijumpai pada saat bulan puasa saja. Sementara pada bulan-bulan lainnya akan aneh rasanya ketika menghidangkan menu makanan tersebut.

Namun demikian, tidak sedikit mereka yang dengan senang hati menyajikan makanan atau minuman tersebut dibulan lainnya. Lalu seperti apa saja 5 daftar makanan dan minuman yang hanya ada pada saat bulan puasa? Mari simak dibawah ini.

1. Buah Kurma

makanan-unik-yang-hanya-asa-saat-puasa.jpg

Masyarakat Indonesia memang tidak bergerak dalam bidah cocok tanam buah kurma. Buah yang satu ini selama ini kita kenali sebagai buah yang tumbuh di tanah mesir atau Arab. Akan tetapi, satu hal yang unik dari buah yang satu ini adalah ketika kehadirannya mulai marak dijajakan di pasar maka pertanda puasa sudah mulai dekat.

Sehingga demikian, buah kurma memang selalu diidentikan dengan makanan puasa yang khas. Penyajian buah kurma pada menu makanan puasa memang menjadi ciri khas yang tidak dapat dipisahkan. Apalagi menurut sunnah Nabi menganjurkan bahwa berbuka akan lebih baik dengan mengkonsumsi 3 butir kurma dengan segelas air.

Beberapa orang yang masih memegang teguh sunnah ini, tak pernah melewatkan buah kurma selalu menemani ibadah puasanya selama bulan Ramadhan. Itulah mengapa buah kurma seringkali disebut dengan makanan puasa yang hanya ada pada bulan Ramadhan.

Akan tetapi, selain bulan puasa beberapa orang akan dapat menjumpai buah kurma ketika seseorang baru saja kembali dari ibadah Haji. Makanan ini seringkali dibawah sebagai oleh-oleh jamaah Haji sekembalinya mereka dari tanah Suci.

2. Kolak

makanan-unik-yang-hanya-asa-saat-puasa-1.jpg

Makanan selanjutnya yang khas dengan bulan Ramadhan adalah kehadiran kolak. Kolak adalah olahan makanan tradisional yang dibuat dari santan kelapa yang dicampur dengan aneka bahan seperti pisang, ubi dan masih banyak lagi. Penyajian dari makanan ini dibuat dengan rasa manis dan kuah santan yang kental. Kehadiran kolak selama bulan Ramadhan bisa menjadi hal yang wajib pada beberapa orang.

Bahkan usaha penjualan kolak pada saat bulan ramadhan bisa menjadi usaha yang laris dan menjanjikan. Itulah mengapa banyak orang bisa banting setir dengan berjualan kolak selama bulan Ramadhan. Para penikmat kolak yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan akan dengan senang hati memburu hidangan yang satu ini ke beberapa tempat khususnya pada saat menjelang buka puasa.

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang membuat hidangan ini sendiri di rumah. Biasanya para istri dan para ibu akan membuat sendiri sajian yang satu ini sebagai makanan takjil dirumah pada saat menjelang berbuka puasa.

3. Candil

makanan-unik-yang-hanya-asa-saat-puasa-.jpg

Makanan yang satu ini sama halnya dengan sajian kolak yang banyak diburu sebagai hidangan buka puasa. Candil adalah salah satu olahan makanan tradisional yang dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula dan santan. Hidangan yang satu ini bisa disertakan dengan sajian makanan manis lainnya pada saat buka puasa.

Uniknya hidangan candil hanya akan ditemui pada saat bulan puasa saja. Jadi demikian, untuk anda yang belum pernah mencoba hidangan yang satu ini maka berburulah pada saat bulan puasa. Dan nikmati betapa lezat dan menggodanya hidangan yang satu ini pada saat bulan puasa.

Penyajian candil bisanya akan lezat dinikmati pada saat masih panas. Namun demikian, beberapa orang lebih memilih memasukan hidangan ini pada lemari es terlebih dahulu sebelum menyantapnya besama-sama.

4. Es Campur

makanan-unik-yang-hanya-asa-saat-puasa-3a.jpg

Kali ini hidangan bulan puasa yang unik datang dari sajian minuman es campur. Hidangan yang satu ini mungkin bisa anda jumpai pada saat bulan-bulan biasa. Akan tetapi umumnya lebih sulit mendapatkan es campur selain bulan puasa. Hidangan es campur adalah sajian minuman menyegarkan yang dibuat dari menambahkan beberapa bahan buah-buahan yang dicampur dengan susu kental manis, es batu, agar-agar dan masih banyak lagi.

Sajian minuman ini selalu sukses menjadi pelepas dahaga puasa, apalagi pada saat cuaca puasa yang begitu panas. Es campur dengan rasa manis dan sensasi dingin yang ditawarkannya seringkali menjadi godaan puasa terbesar ketika anda melihat penjual es campur pada siang bolong. Hidangan yang satu ini memang nikmat disantap pada saat berbuka puasa sebagai hidangan takjil yang nikmat.

5. Opor Ayam

makanan-unik-yang-hanya-asa-saat-puasa-4.Png

Sajian opor ayam adalah cirri khas dari sajian bulan puasa yang begitu kental dengan suasana menjelang lebaran. Hidangan yang satu ini adalah olahan ayam yang dicampur dengan santan dan dibumbui dengan rempah yang menggoda. Biasanya penyajian hidangan ini akan nikmat dinikmati bersama dengan sepiring nasi atau lontong yang kenyal.

Tak lupa pula hidangan kerupuk yang renyah dan sambal yang pedas akan dapat melengkapi suasana berbuka dan memuaskan hasrat lapar yang anda tahan selama setengah hari ini. Sajian opor ayam selalu khas dengan bulan puasa. Namun demikian, tak sedikit dari mereka yang menyajikan hidangan ini pada bulan-bulan lainnya.

Itulah dia beberapa informasi mengenai 5 makanan dan minuman yang hanya ada saat puasa di Indonesia. Untuk anda yang saat ini berada di luar negeri atau berdomisili di tempat yang jauh sepertinya anda akan merindukan hidangan makanan khas puasa di Indonesia. Namun tak perlu khawatir dengan menyimak beberapa daftar makananan diatas. Anda dapat menghadirkan suasana puasa yang hangat dengan hidangan buatan anda sendiri.