10 Tips Wisata Murah ke Jogja Namun Tetap Seru

Tips Wisata Murah ke Jogja – Jogja merupakan salah satu tujuan wisata favorit, baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Jogja selalu penuh dikunjungi oleh para wisatawan, sebab kaya akan destinasi wisata alam hingga kaya akan budaya.

Memiliki daya tarik, membuat wisatawan tidak pernah bosan saat berkunjung ke Jogja. Selain wisatanya, kuliner dan budayanya pun membuat banyak orang ingin kembali. Nah, untuk anda yang ingin wisata ke Jogja namun memiliki budget pas-pasan, anda jangan khawatir karena anda tetap bisa berlibur dengan memperhatikan beberapa tips wisata murah ke Jogja namun tetap seru berikut ini.

Baca juga : Mengintip Keindahan Pantai Kuwaru Bantul Jogja

Tips Wisata Murah ke Jogja Namun Tetap Seru

Mengetahui tips wisata murah ke Jogja tentu sangat penting, apalagi jika anda memiliki budget pas-pasan. Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini.

Hindari Berlibur Saat Musim Liburan

Tips Wisata Murah ke Jogja

Tips wisata murah ke Jogja pertama yang harus anda perhatikan yaitu memilih waktu yang tepat. Tentunya anda ingin berlibur saat musim liburan tiba. Berlibur bersama keluarga atau teman tentu akan sangat menyenangkan.

Namun, sebagai tips wisata murah ke Jogja sebaiknya hindari musim liburan. Selain untuk menghindari wisatawan yang banyak, tips ini juga ampuh jika anda ingin mencari penginapan yang murah meriah sehingga akan dapat menghemat biaya saat berlibur.

Memilih Penginapan Murah

Tips Wisata Murah ke Jogja

Tips selanjutnya yaitu mencari penginapan murah. Ada banyak penginapan murah yang bisa anda temukan di sana. Untuk mencari tahu informasinya anda bisa membuka internet. Selain itu, pilihan berikut ini bisa dijadikan alternatif.

  • Anda dapat mencari penginapan di daerah Sosrowijayan atau daerah Prawirotaman.
  • Sosrowijayan itu sendiri yaitu daerah yang berada dekat Malioboro. Jika anda ingin mencari penginapan murah meriah dekat Malioboro, maka daerah Sosrowijayan menjadi pilihan tepat. Dari Malioboro anda hanya cukup berjalan kaki untuk mencari penginapan murah yang sesuai.
  • Untuk daerah Prawirotaman, dari Malioboro jaraknya cukup jauh. Namun, meskipun begitu daerah ini memiliki keistimewaan tersendiri. Daerah ini terkenal akan wisata malamnya. Ketika anda ke daerah ini lebih dari pukul 10 malam, anda akan banyak menemukan tempat asik untuk nongkrong. Selain itu, penginapan di sini juga harganya cukup murah.

Memesan Penginapan Secara Online

Tips Wisata Murah ke Jogja

Tips lainnya supaya anda mendapatkan penginapan murah namun dengan fasilitas yang menarik yaitu dengan memesan penginapan jauh hari sebelum anda pergi berlibur.

  • Oleh karena itu, anda harus rajin untuk update harga penginapan.
  • Supaya anda mendapatkan penginapan yang murah namun bagus, anda dapat melihat review dari para pengunjung yang sebelumnya pernah datang.

Menggunakan Bis atau Kereta Kelas Ekonomi

Tips Wisata Murah ke Jogja

Selain penginapan, anda juga harus memilih alat transportasi yang tepat saat akan berlibur ke Jogja. Yuk perhatikan tips berikut ini.

  • Memilih bis untuk berlibur ke Jogja adalah yang paling murah yang dapat dilakukan.
  • Tidak hanya bis, anda juga dapat memilih naik kereta kelas ekonomi.

Membawa Kendaraan Pribadi

Tips Wisata Murah ke Jogja

Selain menggunakan angkutan umum, anda juga bisa membawa kendaraan pribadi untuk menghemat biaya berlibur. Jika anda membawa kendaraan sendiri, maka akan dapat mengurangi biaya transportasi kereta atau bis. Dengan membawa kendaraan pribadi, anda akan lebih mudah saat hendak mencari atau pergi ke tempat wisata tertentu.

  • Jika akan membawa kendaraan sendiri, anda harus memastikan bahwa kendaraan anda kondisinya baik-baik saja agar perjalanan anda tidak akan terhambat.
  • Sebelum berangkat, pastikan anda cek terlebih dahulu kendaraan anda.
  • Selain itu, pastikan anda memiliki teman yang bisa menyetir agar bisa bergantian ketika anda sudah lelah.

Menghubungi Kerabat atau Teman yang Rumahnya di Jogja

Tips Wisata Murah ke Jogja

Jika anda memiliki teman atau kerabat yang tinggal di Jogja, hal ini tentunya menguntungkan untuk anda. Bisa saja liburan anda di Jogja akan ditemani olehnya sehingga anda tidak perlu susah-susah lagi mencari informasi.

  • Nah, anda dapat memberitahu mereka bahwa anda akan berlibur ke Jogja. Dengan seperti itu, mungkin saja anda akan diajak untuk menginap di tempat mereka, ini tentunya akan menghemat biaya.
  • Selain itu, setidaknya anda juga bisa mencari tahu informasi tentang tempat wisata maupun tempat makan yang murah.

Mencari Tempat Makan Dekat Kampus

Tips Wisata Murah ke Jogja

Makan tentu menjadi kebutuhan yang tidak boleh terlewatkan. Di Jogja selain terkenal dengan tempat wisatanya, juga terkenal akan kuliner khasnya. Anda tentu ingin mencoba aneka makanan yang ada di sana.

  • Nah, sebagai tips liburan hemat dan murah di Jogja, anda sebaiknya jangan makan di tempat wisata.
  • Salah satu pilihan yang tepat yaitu makan di angkringan atau warung yang berada dekat kampus.
  • Biasanya warung-warung tersebut menyediakan makanan dengan harga yang cocok untuk kantong mahasiswa.

Berkunjung ke Tempat Wisata Murah dan Gratis

Tips Wisata Murah ke Jogja

Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di Jogja juga terdapat banyak tempat wisata yang murah meriah atau bahkan gratis.

  • Beberapa tempat wisata yang murah namun menarik di antaranya yaitu Malioboro, Benteng Vredeburg, Keraton, Tugu Jogja, Tamansari, Museum Sonobudoyo dan lain sebagainya.
  • Anda juga dapat wisata malam sambil menikmati keindahan kota Jogja. Anda dapat mengunjungi Alun-alun Selatan dan Utara.
  • Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih tempat wisata alam. Tempat wisata ini cocok untuk anda yang ingin mendapatkan pengalaman baru. Untuk wisata alam yang baru, biasanya memiliki harga tiket yang relatif murah.
  • Untuk memudahkan anda mencari tempat wisata murah dan menyenangkan, anda bisa mencari rekomendasi tempat wisata di internet.

Kelompokan Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi Berdasarkan Lokasi

Tips Wisata Murah ke Jogja

Hal lainnya yang harus anda lakukan sebagai tips liburan hemat dan murah di Jogja yaitu mengelompokan tempat wisata sesuai dengan lokasinya.

Anda bisa mencari tempat wisata mana saja yang berdekatan. Ketika anda mengunjungi tempat wisata yang berdekatan, maka akan dapat menghemat waktu, juga menghemat biaya untuk transportasi.

Membeli Oleh-Oleh dengan Bijaksana

Tips Wisata Murah ke Jogja

Ketika berlibur, terlebih lagi berlibur ke luar kota tentu rasanya akan ada yang kurang jika anda tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Nah, jika bekal atau uang anda pas-pasan, maka anda harus lebih bijaksana saat membeli oleh-oleh.

  • Ketika membeli oleh-oleh jangan ragu untuk menawar. Hal ini bisa anda lakukan apabila membeli oleh-oleh di sekitar Malioboro atau Pasar Beringharjo.¬† Dengan menawar anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dan tentunya ini akan sangat menguntungkan untuk anda.
  • Selain itu, biasanya penjual akan memperhatikan penampilan para pembelinya. Oleh karena itu, saat berbelanja ke Pasar Beringharjo pastikan penampilan anda tidak memperlihatkan kemewahan, sehingga penjual bisa menurunkan harga barang sesuai dengan keinginan anda.

Lihat juga : Wisata Gua Pindul, Gua Unik yang Terdapat Sungai di Dalamnya

Itulah beberapa tips wisata murah ke Jogja yang dapat anda ikuti. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply