10 Tips Wisata Ke Dieng Agar Nyaman dan Menyenangkan

Tips Wisata Ke Dieng  – Salah satu tempat wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Dieng. Dieng itu sendiri yaitu kawasan dataran tinggi yang terletak antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dataran tinggi ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah dan memiliki suhu yang sejuk.

Di sekitar kawasan Dieng itu sendiri terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah, untuk anda yang berencana berlibur ke Dieng, agar liburan  anda lebih nyaman dan menyenangkan perhatikan beberapa tips wisata ke Dieng berikut ini.

Tips Wisata Ke Dieng

Baca juga : Tips Wisata Murah ke Jogja

Tips Wisata Ke Dieng Agar Nyaman dan Menyenangkan

Sebelum berlibur ke tempat wisata tertentu, alangkah lebih baik jika anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai tempat wisata tersebut termasuk tips-tips berwisata. Nah, berikut ini beberapa tips wisata ke Dieng yang dapat anda simak.

Membawa Jaket dan Baju Hangat

Tips Wisata Ke Dieng

Hal paling penting yang harus anda perhatikan sebelum berwisata ke Dieng yaitu mempersiapkan kondisi fisik. Terlebih lagi untuk anda yang tidak kuat terhadap kondisi ingin. Perlu anda ketahui, Dieng suhunya cukup dingin. Jika anda tidak mempersiapkan kondisi fisik, bisa saja anda akan jatuh sakit saat perjalanan. Liburan yang seharusnya membuat anda senang justru tidak menyenangkan lagi.

  • Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa baju hangat dan jaket tebal. Selain itu, anda juga harus mempersiapkan sarung tangan dan penutup kepala.
  • Jika biasanya anda liburan hanya membawa sedikit baju, saat berwisata ke Dieng usahakan untuk membawa baju lebih banyak dari kebutuhan. Pasalnya, dinginnya udara di sana harus membuat anda memakai pakaian berlapis.
  • Tidak hanya pakaian saja yang harus dibawa, anda juga harus membawa pelembab seperti lotion, cream wajah dan lip balm. Pasalnya, udara yang dingin akan membuat kulit anda kering.

Menempuh Perjalanan dengan Kereta Api Atau Bus

Tips Wisata Ke Dieng

Untuk menempuh perjalanan ke Dieng, anda bisa menempuh perjalanan darat , baik dengan menggunakan kereta api atau bus. Sedangkan jika anda wisatawan dari luar Jawa, anda bisa menempuhnya dengan menggunakan pesawat.

  • Pilihlah transportasi yang membuat anda dan rombongan nyaman, baik bus atau kereta.
  • Selain itu, anda juga bisa membawa kendaraan pribadi bersama rombongan. Agar tidak lelah di jalan, pastikan ada beberapa rombongan anda yang bisa mengendarai mobil agar bergantian saat menyetir.

Memilih Penginapan

Tips Wisata Ke Dieng

Mencari penginapan adalah hal penting yang harus dilakukan jika anda akan berlibur beberapa hari. Jika anda sebelumnya belum memesan penginapan, maka sesampainya di Dieng anda bisa langsung mencari penginapan. Dieng memiliki banyak homestay yang bisa anda jadikan pilihan dengan harga yang bervariasi.

  • Apabila anda berlibur dengan rombongan, akan lebih baik jika anda menyewa sekaligus satu rumah.
  • Ketika memilih penginapan pastikan penginapan tersebut memiliki fasilitas air hangat, mengingat udara di Dieng cukup dingin.

Bertanya Sebelum Memesan Makanan

Tips Wisata Ke Dieng

Di Dieng tentu banyak warung makan yang bisa anda jadikan pilihan sebagai tempat makan. Biaya makan di Dieng itu sendiri untuk sekali makan cukup murah. Namun, masih banyak pedagang yang tidak menyediakan daftar harga.

  • Oleh karena itu, sebelum makan alangkan lebih baik jika anda bertanya terlebih dahulu.
  • Salah satu menu makanan yang wajib anda coba yaitu Mie Ongklok yang merupakan salah satu makanan khas Dieng.

Berkunjung Ke Telaga Menjer

Tips Wisata Ke Dieng

Jika penginapan sudah anda dapatkan, kini saatnya anda berjalan-jalan menikmati tempat wisata di Dieng. Salah satu tempat wisata yang dapat anda kunjungi yaitu Telaga Menjer. Kecantikan dan daya tariknya akan membuat banyak orang terpesona. Oleh karena itu, tempat wisata yang satu ini jangan sampai anda lewatkan.  Di tempat ini dikelilingi dengan bukit hijau dan di bagian tengahnya terdapat telaga.

  • Ketika berkunjung ke sini anda harus menyediakan uang untuk biaya masuk. Namun, jangan khawatir karena biaya masuknya pun tergolong murah.
  • Jika anda ingin mencoba naik wahana perahu motor untuk berkeliling telaga, anda juga harus menyiapkan lagi biaya, namun juga masih terjangkau.

Berkunjung Ke Gardu Pandang Dieng

Tips Wisata Ke Dieng

Berkunjung ke Gardu Pandang Dieng juga sebaiknya tidak anda lewatkan. Namun, jika anda memiliki fobia terhadap ketinggian sebaiknya jangan datang ke sini. Di sini anda akan merasakan sensasi dekat dengan awan. Di Gardu Pandang ini anda akan melihat indahnya Gunung Sindoro dan melihat pemandangan kota Dieng dengan jelas.

  • Gardu Pandang Dieng menjadi pilihan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Namun, jika anda takut ketinggian jangan datang ke sini.
  • Berkunjung ke tempat ini juga menjadi tips wisata murah meriah karena untuk bisa menikmati keindahan ini tidak dikenakan biaya.

Mengunjungi Candi Arjuna

Tips Wisata Ke Dieng

Candi Arjuna lokasinya berada di kawasan Dieng. Keberadaan candi ini banyak menarik perhatian para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mencanegara.

  • Berkunjung ke Candi Arjuna menjadi salah satu tips untuk anda yang sedang mencari tempat wisata sejarah.
  • Agar menghemat waktu, anda bisa mengelompokan tempat wisata yang berdekatan yang akan anda kunjungi.
  • Ketika di sini anda bisa mengabadikan momen liburan anda dengan berfoto sebagai kenang-kenangan.

Berkunjung ke Desa Sembungan

Tips Wisata Ke Dieng

Desa Sembungan diketahui sebagai salah satu desa tertinggi yang terdapat di Pulau Jawa. Untuk anda yang ingin mencoba sensasi ketinggian tanpa harus mendaki, mengunjungi desa tertinggi ini adalah pilihan yang tepat. Desa ini berada di 2.306 mdpl sehingga udaranya sangat dingin.

  • Nah, jika anda tertarik untuk mengunjungi desa ini, pastikan anda menggunakan baju tebal atau membawa jaket.
  • Ketika berkunjung ke tempat wisata manapun, anda harus mematuhi tata tertib yang berlaku agar liburan anda tetap nyaman dan menyenangkan.

Berkunjung ke Tempat Wisata Lainnya

Tips Wisata Ke Dieng

Tidak hanya Telaga Menjer, Gardu Pandang, Candi Arjuna dan Desa Sembungan saja, namun anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang terdapat di Dieng. Ada banyak tempat wisata lainnya yang tidak boleh anda lewatkan. Agar liburan anda menarik dan menyenangkan, jangan sampai melewatkan tempat wisata tersebut seperti :

  • Mengunjungi Kawah Sikidang
  • Melihat sejarah Dieng di Dieng Plateau Theatre
  • Berkunjung ke Bukit Batu Pandang, di sini anda bisa melihat indahnya Telaga Warna di atas ketinggian
  • Menyusuri Telaga Cebong dengan perahu motor
  • Mengunjungi Telaga Warna dengan warna air  yang dapat berubah-ubah
  • Melihat indahnya matahari terbit di Bukit Sikunir

Lihat juga : Tips Liburan ke Bali

Membawa Oleh-Oleh

Tips Wisata Ke Dieng

Sebelum anda pulang dan mengakhiri liburan di Dieng, anda dapat berbelanja oleh-oleh khas Dieng untuk keluarga di rumah.

Jika anda membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak, untuk menghemat pengeluaran anda sebaiknya membeli oleh-oleh dengan harga terjangkau namun tetap bermanfaat.

Itulah beberapa tips wisata ke Dieng agar liburan anda nyaman dan menyenangkan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply