Tips Staycation

11 Tips Staycation Agar Tetap Aman, Menyenangkan dan Nyaman

Tips Staycation Agar Tetap Aman, Menyenangkan dan Nyaman  – Banyak dari kita tentu sudah ingin liburan namun masih takut karena kondisi saat ini. Untuk anda yang bosan dan ingin menikmati nuansa liburan namun tetap masih aman, tidak ada salahnya jika anda memilih alternatif yaitu staycation.

Staycation diprediksi akan semakin diminati masyarakat di masa pandemi seperti sekarang ini. Bahkan sudah ada beberapa hotel menawarkan paket staycation dengan penawaran yang menarik.

Tips Staycation

Apa Itu Staycation?

Staycation itu sendiri memiliki arti sebagai kombinasi berlibur dan tetap berada di dalam rumah. Walaupun kegiatan untuk kedengarannya membosankan, namun jika anda melakukannya dengan benar kegiatan ini akan menarik dan menyenangkan.

Hanya untuk keluar dari rumah, orang-orang juga ada yang memilih menginap di hotel selama melakukan staycation. Biasanya hotel yang dipilih lokasinya tetap dalam area tempat tinggal.

Tips Staycation Agar Tetap Menyenangkan dan Nyaman

Staycation banyak dijadikan pilihan sebagai cara untuk melepas bosan dan penat. Nah, jika anda ingin berlibur dengan konsep staycation, agar tetap aman, menyenangkan dan nyaman, anda bisa perhatikan beberapa tips staycation seperti berikut ini.

Menjaga Kesehatan

Tips Staycation

Tips staycation pertama yang harus anda perhatikan yaitu memastikan kondisi badan anda dalam keadaan sehat. Selain itu, anda juga harus memastikan kondisi anggota keluarga atau teman yang akan ikut staycation dalam keadaan sehat.

  • Maka dari itu, sebelum staycation pastikan anda menjaga kesehatan dengan baik dan benar. Mengonsumsi asupan makanan yang bergizi dan menghindari kebiasaan yang akan dapat membuat anda sakit.
  • Jika anda merasa kurang sehat dan tidak enak badan, sebaiknya rencana ini anda tunda terlebih dahulu. Anda baru bisa melakukan kegiatan ini saat kondisi sudah membaik agar kegiatan ini dapat berjalan nyaman dan menyenangkan.

Memilih Tempat Menginap yang Nyaman

Tips Staycation

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu memilih tempat menginap yang nyaman. Selain itu, anda juga sebaiknya memilih hotel yang menerapkan standar kebersihan yang sesuai.

  • Sebelum memilih tempat menginap atau hotel, anda bisa mencari terlebih dahulu ulasan hotel yang akan anda pilih. Perhatikan ulasan kebersihannya yang biasanya ditulis oleh tamu yang pernah berkunjung ke hotel tersebut.
  • Ketika melakukan proses check in, sebisa mungkin anda hindari kontak fisik. Anda sebaiknya membawa pulpen sendiri untuk tanda tangan saat proses check in supaya lebih aman.
  • Selain itu, anda juga bisa melakukan check in online jika hotel atau penginapan yang anda pilih telah menyediakannya.

Hindari Tempat Ramai

Tips Staycation

Hotel atau tempat penginapan biasanya memiliki area public yang dapat digunakan oleh pengunjung, seperti kolam renang, restoran, sauna, spa, pusat kebugaran dan lain sebagainya. Ketika menginap di hotel, banyak para pengunjung yang mencari tempat itu.

  • Nah, selama pandemi agar tetap aman sebaiknya anda hindari area tempat menginap yang ramai.
  • Begitupun ketika memakai lift, sebaiknya anda hindari lift yang terlalu penuh.

Memilih Kamar yang Memiliki Jendela Atau Balkon

Tips Staycation

Tips staycation selanjutnya yaitu memilih kamar yang memiliki jendela atau balkon. Kamar yang memiliki jendela atau balkon akan mendapatkan sirkulasi udara segar dan bagus dibandingkan dengan kamar yang tidak memiliki jendela. Selain itu, anda juga akan bisa melihat pemandangan bagus.

Untuk mendapatkan kamar seperti ini, sebelum memesan anda bisa bertanya terlebih dahulu mengenai kondisi kamar yang anda pilih sesuai dengan keinginan. Jika tidak memilikinya, anda bisa memilih kamar lainnya.

Baca juga : Tips Berwisata Ke Bromo

Membawa Peralatan Kebersihan Sendiri

Tips Staycation

Menjaga kebersihan sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari paparan virus. Selama staycation anda harus menjaga kebersihan kamar sendiri dengan membawa peralatan kebersihan. Walaupun petugas hotel sudah membersihkan kamar anda dengan teliti, namun tidak ada salahnya jika anda tetap memastikan setiap sudut kamar anda dalam keadaan bersih.

Anda bisa membawa sendiri cairan disinfektan untuk membersihkan bagian yang sering disentuh oleh orang lain seperti misalkan remote AC, remote TV, gagang pintu, kran shower sampai sekelar lampu. Benda-benda tersebut bisa anda bersihkan dengan menggunakan cairan disinfektan.

Bawa Peralatan Mandi Sendiri

Tips Staycation

Hotel akan menyediakan peralatan mandi di setiap kamar hotel. Namu, tidak ada salahnya jika anda membawa peralatan mandi sendiri.

  • Anda dapat membawa peralatan mandi yang sederhana seperti pasta gigi kecil, sikat gigi, sabun mandi kecil dan shampoo.
  • Selain itu, sebaiknya anda juga membawa handuk sendiri dari rumah.

Menyiapkan Daftar Nonton

Tips Staycation

Agar tidak bosan, anda bisa menyiapkan daftar film yang bisa ditonton bareng ketika ngumpul.

  • Anda bisa membuat daftar film yang belum sempat anda tonton.
  • Selain menyiapkan daftar film, sebaiknya anda juga siapkan cemilan agar kegiatan ini semakin menyenangkan.

Menyiapkan Game

Tips Staycation

Saat berkumpul bersama keluarga atau teman tentu akan semakin menyenangkan jika melakukan kegiatan bersama. Anda bisa mengajak mereka untuk main game. Tentunya game yang dimaksud bukan game online yang dimainkan sendiri-sendiri.

Pilihlah game seru yang dapat mempererat pertemanan, tes kekompakan atau game menebak objek dengan cara memperagakannya. Kegiatan ini tentu akan menyenangkan dan membuat setiap orang yang mengikutinya tertawa lepas.

Menikmati Makanan Khas

Tips Staycation

Liburan menjadi waktu yang tepat untuk mencoba hal-hal baru termasuk makanan. Berbicara tentang makanan, tentu setiap orang ingin mencoba makanan unik yang belum pernah dicoba.

  • Di sekitar hotel tentu terdapat tempat penjual makanan yang berbeda. Anda bisa mencobanya atau anda bisa mencoba makanan hotel yang baru atau yang belum pernah anda coba sebelumnya.
  • Jika anda menginap di vila, anda bisa membawa bekal makanan sendiri seperti sosis, ayam , sayuran dan lain sebagainya. Anda bisa mengadakan acara barbeque bersama dengan teman atau keluarga. Ciptakan momen berharga dan menyenangkan dengan orang-orang terdekat anda dengan kegiatan ini.

Lupakan Pekerjaan Sejenak

Tips Staycation

Ini merupakan tips penting yang harus anda lakukan. Ketika berkumpul dengan keluarga atau teman, sebaiknya anda minimalisir penggunaan handphone atau laptop.

  • Nikmati waktu liburan anda dengan sepenuhnya bersama orang-orang terdekat anda.
  • Jika tidak terlalu penting, sebisa mungkin anda jangan main laptop atau hp. Ini waktunya anda refreshing dan memanjakan diri anda.

Mematuhi Protokol Kesehatan

Tips Staycation

Ini menjadi tips yang sangat penting. Ketika berada di luar ruangan anda tentu harus selalu mematuhi protokol kesehatan.

Anda harus selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan. Sebagai alternatif lain anda bisa membawa hand sanitizer di tas.

Itulah beberapa tips staycation agar tetap aman, menyenangkan dan tentunya nyaman. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.