Tips Menjaga Kepadatan Tulang di Usia 30

Tips Menjaga Kepadatan Tulang di Usia 30 Agar Tidak Menurun

Tulang menjadi komponen penting dalam tubuh. Di usia 25 hingga 30, kepadatan tulang biasanya akan cenderung stabil. Hanya saja, melewati usia tersebut dengan perlahan kepadatan tulang akan menurun. Sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sejak dini.  Nah, anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk menjaga kepadatan tulang diusia 30-an.

Tips Menjaga Kepadatan Tulang di Usia 30

Pemicu Hilangnya Kepadatan Tulang

Diketahui terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan proses penurunan kepadatan tulang menjadi semakin cepat di antaranya seperti berikut:

  • Kurangnya konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kalsium dan vitamin D.
  • Jarang melakukan olahraga juga dapat menyebabkan menurunnya kepadatan tulang lebih cepat.
  • Mengonsumsi alkohol dengan berlebihan dan merokok.

Tips Menjaga Kepadatan Tulang

Nah, untuk menjaga dan memperlambat penurunan kepadatan tulang, ada beberapa cara yang bisa  dilakukan seperti berikut ini.

Hindari Alkohol dan Rokok

Konsumsi alkohol dan merokok akan dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang menjadi lebih cepat, baik pada pria ataupun pada wanita. Bahkan kebiasaan konsumsi alkohol dan merokok akan menyebabkan proses penyembuhan menjadi lambat jika anda mengalami berbagai masalah pada tulang seperti patah tulang dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari kebiasaan buruk yang satu ini. Hindari minum alkohol dan merokok agar tulang tetap sehat dan lebih kuat.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Olahraga juga dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Beberapa jenis olahraga seperti joging, berjalan, latihan angkat beban hingga  aerobik akan dapat menstimulasi proses regenerasi tulang. Dengan melakukan olahraga maka tulang akan menjadi padat dan lebih kuat.

Menerapkan Pola Makan yang Tepat

Kebutuhan kalsium yang tidak terpenuhi pada makanan akan dapat menyebabkan turunnya kepadatan tulang. Sangat penting untuk mengubah pola makan dengan memperbanyak kalsium dan asupan vitamin D. Kedua nutrisi ini mempunyai peran penting untuk menjaga kepadatan tulang. Anda bisa menemukan kalsium dan vitamin D pada aneka bahan makanan seperti susu, daging merah, yoghurt, keju, kedelai, ikan laut, gandum dan jamur.

Selain itu, anda juga harus mengonsumsi protein. Sebab protein menjadi penyusun utama tulang. Memenuhi protein juga akan menjaga kepadatan tulang. Protein bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti daging, telur atau brokoli.

Mengonsumsi Suplemen yang Bagus Untuk Tulang

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kepadatan tulang yaitu dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin C. Mengonsumsi kalsium yang cukup berguna untuk kekuatan tulang, serta mengurangi risiko masalah kesehatan tulang, seperti patah tulang. Sedangkan fungsi vitamin D untuk meregulasi kalsium pada tubuh. Vitamin C bermanfaat untuk menghasilkan kolagen. Lalu vitamin B6 bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang.

Salah satu suplemen untuk menjaga kesehatan tulang yaitu CDR. Suplemen ini memang diformulasikan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Mengandung kalsium, vitamin D, vitamin C dan vitamin B6. Tersedia berbagai rasa yang bisa anda jadikan pilihan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Nyatanya, menjaga kesehatan tulang di usia 30 bukanlah hal yang sulit. Nah, anda bisa memulainya dengan  menerapkan pola hidup dan pola makan sehat agar tubuh mendapatkan asupan yang dibutuhkan tulang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.