Tips Liburan Akhir Pekan di Rumah

Tips Liburan Akhir Pekan di Rumah dengan Mendekor Ruang Tamu Agar Terkesan Luas

Tips Liburan Akhir Pekan di Rumah  – Memiliki rumah yang nyaman menjadi dambaan semua orang. Rumah yang nyaman akan membuat pemiliknya betah. Cara untuk menciptakan hunian yang nyaman salah satunya dengan memperhatikan desain dari setiap ruangan, termasuk ruang tamu.

Seperti yang kita ketahui, ruang tamu adalah salah satu ruangan penting dalam sebuah rumah. Selain fungsinya sebagai tempat untuk menerima tamu, namun ruangan ini juga menjadi ruangan atau area pertama yang diakses saat masuk ke dalam rumah.

Hanya saja tidak sedikit orang yang memiliki kendala dengan ukuran ruang tamu yang terbatas. Padahal sebenarnya, ukuran ruangan bukanlah penghalang untuk menciptakan desain ruang tamu seperti yang diinginkan. Ruang tamu kecil di rumah anda akan terlihat menarik dan nyaman dengan desain yang tepat.

Nah, anda bisa mendekorasi atau mendesain ulang ruang tamu saat libur akhir pekan. Ajak keluarga anda untuk membantu menciptakan ruang tamu nyaman seperti yang didambakan. Dalam mendesain ulang ruang tamu, anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Liburan Akhir Pekan di Rumah

Tips Liburan Akhir Pekan di Rumah dengan Mendekor Ruang Tamu Agar Terkesan Luas

Membuat ruang tamu kecil terkesan luas bukan berarti anda harus merenovasi atau merombak ruang tamu, namun cukup dengan mendesain ulang dengan memperhatikan tips berikut.

Mengaplikasikan Warna-Warna Terang

Cara membuat ruang tamu kecil terasa lebih luas yang pertama yaitu dengan mengaplikasikan warna-warna terang pada ruang tamu anda. Dengan mengaplikasikan warna terang anda akan mengalihkan perhatian desain ruangan kecil. Beberapa warna terang yang bisa dijadikan pilihan di antaranya yaitu kuning, biru muda dan hijau. Warna-warna cerah seperti ini akan menjadikan suasana ruangan di rumah anda menjadi lebih nyaman dan terbuka. Jangan pernah menggunakan warna gelap karena akan membuat ruangan di rumah anda terkesan lebih sempit.

Baca juga : Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Memasang Cermin Untuk Memberikan Kesan Luas

Selanjutnya tips yang bisa anda lakukan untuk membuat suasana ruang tamu terasa lebih luas yaitu dengan memasang cermin. Memasang cermin pada ruangan untuk menciptakan kesan luas bukanlah hal yang baru lagi. Nah, tips seperti ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat ruang tamu kecil menjadi terkesan luas.

Jika bisa, anda bisa memilih dinding untuk meletakan cermin yang langsung berhadapan dengan jendela yang terdapat pada ruang tamu anda. Ini dilakukan agar cermin tersebut dapat merefleksikan cahaya yang berasal dari luar. Cara lainnya, anda juga bisa memanfaatkan lampu-lampu, serta menata furniture yang terdapat pada ruang tamu anda.

Jangan Letakan Sofa Besar

Dalam sebuah ruang tamu, kehadiran sofa adalah hal penting.  Walaupun umumnya sofa membuat ruang tamu penuh, namun keberadaannya tidak boleh dihilangkan. Nah, untuk anda yang memiliki ukuran ruang tamu kecil, sebaiknya pilihlah sofa yang ukurannya tidak terlalu besar. Agar menampilkan kesan minimalis, anda bisa memilih model sofa yang memiliki dua atau tiga dudukan. Sofa ini bisa anda kombinasikan dengan meja kecil dari kayu atau kaca. Pastikan letak sofa juga diatur sedemikian rupa sehingga ruang tamu di rumah anda terkesan lebih luas.

Hindari Mengaplikasikan Pola Berlebih

Mengaplikasikan pola atau motif tertentu pada sebuah ruangan memang akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan hidup. Hanya saja, untuk ruang tamu kecil, mengaplikasikan pola dengan berlebihan justru akan menjadikan ruangan terasa sesak, sempit dan padat.

Apabila anda ingin menghias ruang tamu dengan pola-pola kesukaan, caranya yaitu dengan mengaplikasikannya pada elemen dekoratif seperti bantal sofa, taplak ataupun benda-benda kecil lainnya. Sedangkan untuk elemen yang lainnya biarkan terlihat polos.

Minimalisir Furniture Pada Ruang Tamu

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam mendesain ruang tamu kecil agar nampak lebih luas yaitu dengan meminimalisir perabotan di ruang tamu. Oleh karena itu, untuk  di ruang tamu kecil, utamakan perabotan penting saja seperti sofa dan meja kecil.

Selain itu, alangkah lebih baik jika anda memilih perabotan yang multifungsi. Pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Nah, anda bisa mengusung konsep ruang tamu minimalis modern. Konsep ruang tamu ini simpel namun menarik.

Perhatikan Pencahayaan

Selain memperhatikan furniture dan dekorasi ruang tamu kecil untuk menciptakan ruang tamu yang terkesan luas, anda juga harus memperhatikan pencahayaan dari ruangan. Pastikan ruang tamu kecil anda memiliki pencahayaan yang tepat. Ruang tamu dengan pencahayaan kurang akan terkesan sesak dan sempit. Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dengan menghadirkan jendela di ruang tamu ataupun memilih genteng yang terbuat dari kaca. Sehingga dengan begitu ruangan anda akan menjadi terbuka.

Pilih Dekorasi yang Tepat

Ketika mendesain sebuah ruangan, untuk mempercantik ruangan yaitu dengan mengaplikasikan dekorasi pada ruangan tersebut. Jika anda memiliki ruangan terbatas, maka sebaiknya hindari mengaplikasikan dekorasi terlalu banyak atau berlebihan. Mengaplikasikan dekorasi seperlunya akan membuat ruang tamu kecil anda tidak terkesan sempit, penuh dan sesak.

Menerapkan Konsep Terbuka

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat ruang tamu kecil menjadi terasa luas yaitu dengan memilih konsep ruangan terbuka. Anda bisa menggabungkan ruang tamu bersama ruangan lainnya seperti ruang TV, ruang keluarga atau ruang makan. Karena menggunakan konsep terbuka, maka pastikan desain setiap ruangan serasi dan rapi agar lebih nyaman dan sedap dipandang mata.

Memasang Karpet Tanpa Corak

Karpet menjadi salah satu dekorasi yang akan mempercantik ruang tamu. Selain sebagai dekorasi, pemasangan karpet pada ruang tamu juga akan membuat ruangan kecil terasa luas. Nah, untuk membuat ruangan terasa luas namun tetap hangat dan nyaman, anda bisa mengaplikasikan karpet tanpa corak. Memilih karpet dengan model seperti ini adalah hal yang tepat.

Anda jangan pernah melapisi seluruh ruang tamu kecil menggunakan karpet. Pasalnya, memasang karpet dengan berlebihan akan mengurangi estetika interior ruang tamu di rumah anda.

Menambahkan Tanaman Hias Untuk Mempercantik Ruangan

Salah satu dekorasi rumah yang banyak dijadikan pilihan yaitu tanaman hias. Meletakan tanaman hias di ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih indah. Anda bisa memilih tanaman khusus dalam ruangan. Tanaman hijau yang memiliki daya tahan yang tidak bergantung pada matahari. Ini dilakukan agar anda tidak perlu repot-repot membawa keluar tanaman hias tersebut setiap hari. Tidak hanya memperhatikan jenis tanamannya saja, namun anda juga harus memperhatikan ukuran tanaman hias yang sesuai dan cocok disimpan di dalam ruangan.

Memiliki ukuran ruang tamu kecil bukanlah alasan bagi anda untuk berhenti berkreasi. Justru sebaliknya, anda dituntut untuk lebih kreatif dalam mendesain ruangan. Walaupun susah-susah gampang, namun mendesain ruang tamu kecil agar terlihat semakin menarik bukanlah hal yang mustahil. Anda bisa mulai mendesain dan mengatur ulang ruang tamu kecil anda agar jauh lebih menarik, nyaman dan tentunya terkesan luas. Anda bisa mencari beberapa inspirasi ruang tamu di polarumah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.