12 Tips Berwisata Ke Bromo yang Penting Diketahui

Pergi berlibur ke Bromo tentu menjadi impian banyak orang. Gunung Bromo mempunyai panorama yang begitu indah dan akan membuat pengunjung merasa takjub. Karena keindahannya tersebut, wisata Gunung Bromo tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Jika anda memutuskan untuk berkunjung dan berwisata ke Gunung Bromo, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari memilih waktu liburan, rute yang dipilih dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui apa saja tips beriwata ke Bromo, anda bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Tips Berwisata Ke Bromo

Tips Berwisata Ke Bromo yang Penting Diketahui

Sebelum pergi ke Bromo, pastikan anda sudah mengetahui terlebih dahulu beberapa tips berwisata ke Bromo seperti berikut ini.

Baca juga : Tips Wisata Ke Dieng

Memilih Rute, Serta Akses Ke Gunung Bromo

Tips Berwisata Ke Bromo

Sebelum berangkat berlibur ke Gunung Bromo alangkah lebih baik anda menentukan terlebih dahulu rute atau akses yang akan dilalui. Tersedia banyak pilihan untuk menuju ke Gunung Bromo. Gunung Bromo itu sendiri terdapat di kabupaten berbeda dan ada 4 pintu masuk, yaitu Probolinggo, Malang, Lumajang dan Pasuruan. Namun, jalur yang digunakan ada 3 jalur yaitu Surabaya dan Malang.

  • Untuk sampai di Bromo anda bisa memakai kendaraan umum. Dimana rute untuk kendaraan umum yang paling mudah yaitu melalui Pasuruan atau Probolinggo.
  • Jika menggunakan kendaraan umum, sebaiknya anda tidak merencanakan perjalanan malam atau sore.
  • Namun, rute favorit para wisatawan yaitu Malang melalui Gubugklakah. Walaupun medannya terjal, namun para wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan yang mempesona.

Memilih Waktu Berlibur yang Tepat

Kapanpun anda berkunjung, Bromo akan tetap indah dengan panoramanya yang menakjubkan. Anda dapat memilih waktu berlibur sesuai keinginan.

  • Jika anda berlibur pasca musim penghujan, anda akan melihat suasana Bromo yang hijau kembali dengan rumput, serta perdu bertunas melapisi kawasan Gunung Bromo.
  • Sedangkan pada saat kering, Bromo akan didominasi oleh warna coklat berupa lautan pasir, sehingga akan terkesan berada di gurun pasir.
  • Gunung Bromo mempunyai 2 versi berbeda, pada musim hujan dan kemarau.

Memilih Waktu Berlibur Saat Hari Biasa

Tips Berwisata Ke Bromo

Gunung Bromo tidak pernah kehabisan pengunjung. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun Mancanegara.

  • Nah, apabila anda ingin menikmati suasana Gunung Bromo yang lebih tenang dan syahdu, anda sebaiknya memilih waktu berlibur saat hari biasa.
  • Bukan memilih waktu saat libur panjang, baik Lebaran maupun Tahun Baru.

Merencanakan Durasi Berkunjung ke Bromo

Tips Berwisata Ke Bromo

Sebelum berwisata ke Gunung Bromo, alangkah lebih baiknya jika anda memutuskan akan berlibur berapa lama. Ini tentu memiliki kaitan dengan budget yang harus anda anggarkan selama berwisata.

  • Jika anda tidak akan menginap, anda bisa berangkat saat malam hari untuk berburu sunrise. Kemudian kembali saat siang hari setelah anda mengunjungi spot populer di Gunung Bromo.
  • Sedangkan jika anda berencana untuk menginap, anda bisa mencari hotel atau penginapan di sekitar Bromo.  Ada banyak penginapan yang bisa anda pilih dengan harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Mengelola Wisata Sendiri Tanpa Paket Wisata

Tips Berwisata Ke Bromo

Seperti yang kita ketahui, teknologi dan informasi sekarang ini sudah semakin berkembang. Informasi mengenai Gunung Bromo saat ini akan lebih mudah anda akses, hal ini memungkinkan bagi anda untuk leluasa mengelola wisata sendiri.

  • Anda dapat berkunjung dengan keluarga atau rombongan menggunakan kendaraan pribadi.
  • Kemudian anda bisa membeli tiket masuk. Setelah itu, anda bisa menuju ke 4 ataupun 6 spot yang populer di Bromo. Anda bisa mencapainya dengan menyewa jeep ataupun trekking.
  • Sedangkan untuk keperluan konsumsi, anda bisa mencarinya di restoran atau warung yang terdapat di sepanjang jalan.

Menyewa Jeep, Trekking atau Naik Kuda Untuk Menuju Kawah Bromo

Tips Berwisata Ke Bromo

Ketika memasuki kawasan lautan Pasir Bromo, kendaraan yang bisa masuk hanya untuk roda dua, serta Jeep Bromo berdasarkan peraturan pengelola Kawasan Bromo.

  • Untuk kendaraan pribadi atau bis dapat diparkir di rest area atau hotel.
  • Kemudian anda bisa menyewa jeep Bromo apabila tidak ingin trekking atau jalan kaki.
  • Untuk alternatif lainnya yaitu trekking ke semua spot populer di Bromo ataupun dengan sewa kuda.

Menggunakan Sepatu, Jangan Sandal

Tips Berwisata Ke Bromo

Ketika berlibur, anda tentu harus menyiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk perlengkapan dan apa yang anda pakai saat berlibur.

  • Ketika berlibur ke Gunung Bromo, alangkah lebih baik jika anda menggunaka sepatu dan jangan menggunakan sandal jepit. Terkecuali jika anda akan lebih banyak menghabiskan waktu dikendaraan.
  • Sedangkan jika anda berencana untuk melakukan banyak kegiatan di luar, menggunakan sepatu boot akan lebih aman, apalagi sata musim hujan.

Mengantisipasi Udara Dingin di Bromo

Tips Berwisata Ke Bromo

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 mdpl, dengan suhu di bawah 10 derajat Celcius. Oleh karena itu, anda juga harus mempersiapkan  segala kebutuhan untuk mengantisipasi udara dingin.

  • Untuk anda yang tidak terbiasa dengan udara dingin, anda harus membawa atau menyiapkan jaket yang tebal, sarung tangan, syal hingga membawa inhealer jika memiliki asma.

Membawa Perlengkapan Lainnya, Seperti Topi, Masker, Kacamata dan Sunblock

Tips Berwisata Ke Bromo

Kawah Gunung Bromo yang aktif masih menyemburkan aroma blerang yang menyengat. Dimana baunya ini akan membuat dada sesak, apalagi jika anda memiliki riwayat penyakit asma harus lebih waspada dan hati-hati.

  • Sebagai upaya pencegahan, anda harus membawa buff atau masker. Hal ini juga berfungsi untuk menyaring pasir atau debu. Terlebih lagi jika anda berkunjung ketika musim kemarau.
  • Kacamata hitam juga dibutuhkan untuk melindungi mata dari sinar matahari, serta mencegah pasir masuk yang terbawa oleh angin.
  • Sedangkan topi akan melindungi anda dari panas matahari.

Membawa Bekal Air dan Makanan Ringan

Tips Berwisata Ke Bromo

Di kawasan gunung Bromo sudah terdapat banyak warung dan pedagang makanan. Ketika perut lapar, anda bisa mampir dan makan.

Namun, untuk menghemat uang, anda bisa bekal aneka makanan ringan dan air untuk menjaga stamina dan mencegah dehidrasi.

Mematuhi Peraturan yang Ada

Tips Berwisata Ke Bromo

Anda tentu ingin menghabiskan waktu liburan dengan aman dan nyaman.Saat berlibur ke tempat wisata manapun, anda tentu harus menjadi pengunjung yang baik.

Nah, supaya liburan anda dapat berjalan lancar, anda harus mematuhi segala peraturan yang ada di sini. Selain itu, anda juga harus ikut menjaga kebersihan tempat wisata yang anda kunjungi.

Membawa Oleh-Oleh

Tips Berwisata Ke Bromo

Saat berlibur, rasanya akan ada yang kurang apabila anda tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Nah sebagai oleh-oleh, anda bisa membeli cenderamata atau kuliner khas Bromo untuk keluarga di rumah. Anda dapat membawa makanan khas yang bisa bertahan selama beberapa hari saat diperjalanan.

Lihat juga : Tips Wisata Murah ke Jogja

Itulah beberapa tips berwisata ke Bromo yang penting diketahui. Setelah mengetahui beberapa tips di atas, diharapkan liburan anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply