9 Tips Berlibur di Alam Agar Aman dan Nyaman

Liburan dapat membantu melepas penat dan menghilangkan stres yang melanda. Ada banyak destinasi wisata yang dituju untuk berlibur. Destinasi wisata alam biasanya dijadikan pilihan untuk mereka yang suka suasana alam terbuka.

Demi keamanan dan kenyamanan berlibur, beberapa hal penting harus diperhatikan saat berlibur. Nah, berikut ini tips berlibur di alam terbuka agar aman dan nyaman.

Tips Berlibur di Alam Agar Aman dan Nyaman

Agar liburan anda menyenangkan, aman dan nyaman, beberapa tips berlibur di alam berikut ini dapat anda perhatikan.

Membuat Rencana Perjalanan

Tips Berlibur di Alam

Membuat rencana perjalanan sangat penting dilakukan. Dibutuhkan jadwal yang harus dipatuhi oleh semua peserta perjalanan. Karena jika terlambat akan menyebabkan agenda perjalanan mundur atau tidak sampai ke tempat wisata yang dituju.

Melakukan Riset Pada Tempat yang Dituju

Tips Berlibur di Alam

Melakukan riset tempat yang akan dituju bertujuan untuk mengetahui keadaan topografi, cuaca, iklim, budaya dan lingkungan. Untuk melakukan riset bisa dengan akses internet. Namun, tidak ada salahnya anda juga bertanya langsung pada orang yang pernah berkunjung ke tempat tujuan anda.

Mempersiapkan Fisik dan Mental

Mempersiapkan mental dan fisik juga harus dilakukan sebelum anda berlibur. Pastikan anda juga menjaga kesehatan agar waktunya tiba untuk berangkat berlibur kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat, dengan cara menerapkan pola hidup yang tepat, menjaga pola makan yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mendatangkan penyakit.

Membuat Anggaran

Tips Berlibur di Alam

Dengan menentukan rencana perjalanan, serta riset yang sudah anda buat, anda akan memperoleh anggaran yang diperlukan. Sebaiknya anda melebihi jumlah anggaran untuk hal yang tidak terduga.

Membawa Baju dan Perlengkapan Secukupnya

Tips Berlibur di Alam

Membawa baju  dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan saat liburan tidak hanya harus disiapkan saat berlibur ke alam terbuka saja, namun juga saat berlibur ke destinasi wisata yang lainnya. Saat berlibur ke alam terbuka sebaiknya bawa baju atau perlengkapan secukupnya saja mengingat di alam terbuka tidak memiliki banyak ruang kosong untuk menyimpan barang.

Membawa Bekal

Tips Berlibur di Alam

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu membawa bekal makanan. Anda dapat membawa makanan yang dapat mengganjal perut ketika lapar seperti biskuit atau roti. Bekal menjadi hal penting yang harus disiapkan karena ketika berlibur ke alam terbuka anda belum tentu menemukan pedagang yang menjual makanan. Oleh karena itu, dari pada anda bingung saat sedang lapar, lebih baik anda membawa bekal sendiri dari rumah. Selain bekal makanan, sebaiknya anda juga membawa bekal obat-obatan.

Membawa Kompor Portable

Tips Berlibur di Alam

Membawa kompor portable dapat anda pertimbangkan saat berlibur ke alam terbuka. Anda dan teman-teman dapat memasak aneka masakan sendiri agar liburan menjadi menyenangkan.

Membawa Lotion Anti Nyamuk dan Serangga

Tips Berlibur di Alam

Ketika berlibur di alam terbuka, salah satu masalah yang anda temui yaitu serangga ataupun nyamuk. Untuk menghindari kedua ini anda bisa membawa lotion anti nyamuk atau serangga. Anda juga bisa membawa obat-obatan untuk mengatasi gigitan kedua hewan ini. Mencegah gigitan nyamuk dan lotion akan membuat anda merasa lebih aman dan nyaman saat liburan.

Tenda dan Sleeping Bag yang Nyaman

Tips Berlibur di Alam

Berlibur ke alam terbuka, terlebih lagi jika anda ingin bermalam, tenda dan sleeping bag adalah hal penting yang harus disiapkan. Anda dapat menggunakan tenda maupun sleeping bag yang nyaman. Sehingga anda bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

Baca juga : Tips Liburan ke Bali

Ketika berlibur ke tempat wisata manapun, anda tentunya harus menjaga sopan santun dan kebersihan lingkungan. Selain itu, anda juga harus mentaati peraturan yang telah ditetapkan di tempat wisata yang anda tuju.

Leave a Reply