Tidak Menggunakan Pekerja Asing, Perusahaan Ini Berhasil Menjadi Rujukan Banyak Perusahaan Dunia

Stigma kompetensi pekerja asing lebih memadai mungkin masih menjadi hal yang lumrah terjdai di Indonesia.

Hal tersebut membuat mayoritas gaji ekspatriat yang bekerja di negara ini sangatlah besar, bahkan menurut survey yang telah dilakukan oleh HSBC pada tahun 2013 lalu menyebutkan jika Indonesia merupakan salahsatu negara di dunia yang memberikan gaji dengan nominal yang cukup tinggi kepada karyawan asingnya. Tidak tanggung hingga 22% pegawai asing di Indonesia digaji dengan nominal mencapai 250.000 USD pertahunnya. Sebuah jumlah yang cukup besar mengingat Indonesia sendiri sebenarnya merupakan sebuah negara yang jumlah warga negara produktifnya cukup besar di dunia.

Tapi tahukah anda? dari sekian banyak perusahaan besar yang banyak didominasi oleh tenaga kerja asing dengan bayaran tinggi, sebuah perusahaan penghasil gas cair yang terletak di Bontang, Kalimantan, yakni Badak NGL ternyata mampu berjalan tanpa melibatkan satupun ekspatriat atau pegawai asing di dalamnya, namun meskipun demikian perusahaan yang saham mayoritasnya dimiliki oleh pertamina itu mampu menjelma sebagia sebuah perusahaan gas cair alam yang menjadi rujukan bagi perusahaan-perusahaan sejenis lainnya di seluruh dunia.

03

Badak NGL sendiri mampu menjelma sebagai sebuah perusahaan yang menjadi rujukan berkat maintenance cost terendah yang dimiliknya, bahkan dengan tidak adanya karyawan asing yang bekerja di perusahaan tersebut. Badak NGL justru kini sebuah tempat yang menyediakan pelatihan bagi sebagian besar tenaga asing. Badak NGL menyediakan kesempatan bagi mereka yang ingin mempelajari mengenai sitem pengoperasian dan menjadi operator pelaksana sistem. Selain sistem, pendidikan juga berkisar pada pengoperasian alat berjalan, serta keamanan dan safety pada saat bekerja. Selain pendidikan untuk tenaga asing, Badak NGL juga tentunya menyediakan pendidikan gratis bagi warga negara sendiri atau masyarakat umum yang ingin mempelajari industri ini, mereka berharap jika pada akhirnya nanti, bisa mencetak orang-orang ahli yang memiliki kualifikasi bagus dalam industri LNG secara global.

Manajemen sistem yang sangat kodusif tersebut juga dicapai oleh perusahaan ini dalam waktu yang tidak sebentar, ada saatnya mereka juga mempekerjakan tenaga asing bahkan dengan jumlah tertinggi mencapai 300 orang lebih. Namun kini dengan jumlah 900 orang karyawan yang bekerja, mereka semuanya merupakan orang Indonesia dan lokal tanpa campur tangan pihak asing.

Dengan semua sistem yang dimiliknya tersebut, di beberapa kesempatan Badak NGL juga mampu meraih pencapaian luar biasa dan diganjar dengan berbagai penghargaan antara lain, peraih penghargaan International Sustainability Rating Sistem (ISRS 8) level 8 pada tahun 201 dari et Norske Veritas (DNV) Norwegia, sebagai lembaga sertifikasi yang resmi. Selain itu predikat tertingi juga diperoleh oleh Badak NGL dalam semua aspek seperti kain safety health environment, reliability dan banyak lagi lainnya.

Hingga kini kualitas LNG hasil produksi dari Badak NGL menjadi salahsatu yang terbaik di dunia, dengan kualitas yang dimilikinya tersebut Badak NGL juga mampu menjual LNG dengan harga paling mahal di dunia. Oleh karena itu seyogyanya kita bangga dengan pencapaian besar dan mengagumkan dari perusahaan nasional yang sudah beroperasi sejak tahun 1977 silam ini.

Bagaimana? Sangat mengagumkan sekali bukan perusahaan nasioanal ini? Mari berbagi informai berharga ini dengan teman dan sahabat anda di media sosial dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel, dan jangan lupa juga untuk berkomentar mengenai info prestasi dari perusahaan Badak NGL pada kolom yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook