Tetap Kokoh! 5 Bangunan Rumah yang Tidak Takluk Oleh Penggusuran

Seringkali kita mendengar berita mengenai penggusuran wilayah rumah dengan berbagai kisah dan drama yang cukup mengharukan untuk disimak. Beberapa tujuan penggusuran pada beberapa wilayah tempat tinggal pada umumnya dilatar belakangi oleh banyak hal. Mulai dari pembangunan gedung, pembangunan jalan, pembangunan kantor, pabrik dan masih banyak lagi.

Pilu rasanya ketika rumah yang telah kita tempati selama bertahun-tahun lamanya harus kita relakan untuk dihancurkan dan diratakan menjadi tempat baru yang asing. Belum lagi, dana ganti rugi yang diberikan yang tidak setimpal dengan harga tempat tinggal yang kita tempati selama ini. Pada akhirnya seringkali menuai pertikaian dan penolakan yang besar.

Hal inilah yang seringkali membuat drama penggusuran sebuah lahan pribadi menjadi begitu dramatis. Tak heran bila sebagian orang akan dengan tegas menolak penggusuran sampai dengan kesepakatan yang dilakukan telah dicapai dengan baik.

Seperti halnya dengan yang terjadi kali ini. Beberapa tempat tinggal yang ada di dunia ini rupanya menolak untuk dihancurkan pada saat wilayah yang digunakannya akan difungsikan untuk hal-hal lainnya. Tak pelak kejadian ini pada akhirnya membuat sebagian rumah yang tersisa tetap berdampingan dengan pembangunan baru yang dilakukan.

Nah, agar anda tidak lagi penasaran seperti apa saja 5 bangunan rumah yang tidak takluk oleh penggusuran. Maka mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Tetap Kokoh! 5 Bangunan Rumah yang Tidak Takluk Oleh Penggusuran

Seolah keras kepala, beberapa bangunan tempat tinggal ini tetap berdiri kokoh meski tidak ada bangunan rumah lain disekitarnya. Bahkan uniknya, bangunan rumah yang menolak penggusuran ini nyatanya tetap berdiri tegap dan berdampingan dengan pembangunan baru yang ada disekitarnya.

Hal unik ini akan dapat anda simak pada pembahasan yang akan kami berikan kali ini. Penasaran seperti apa? Mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini.

Rumah Tetap Berdiri Diatas Tanah yang Rusak

5-rumah-yang-tak-takluk-penggusuran-1.jpg

Daftar bangunan tempat tinggal yang pertama yang dapat kita simak dalam pembahasan kali ini adalah sebuah rumah yang berdiri diatas tanah rusak yang terlihat begitu berantakan. Sekilas kita melihat bangunan rumah yang ada didalam lubang tanah ini seolah menjelaskan bahwa telah ada bencana ledakan bom besar sebelumnya.

Namun kenyataannya ini adalah sebuah rumah yang berdiri kokoh di Cina. Kabarnya, si pemilik rumah menolak dengan tegas perihal penggusuran yang ada dilahan tersebut. Alasannya dikarenakan dana kompensasi penggantian rugi atas tanah dan bangunan rumahnya tidak sesuai. Perundingan ini bahkan tak pernah mencapai kesepakatan yang pasti. Untuk itulah, ketika rumah lain dihancurkan dan diratakan. Hanya rumah ini saja yang tetap terlihat berdiri kokoh meski dengan bagian yang sedikit rusak.

Menurut informasi yang didapatkan dari sekitar katanya pemilik rumah sempat meninggalkan kediamannya karena dianggap bahaya pada saat kejadian penghancuran tanah disekitar. Akan tetapi, tak lama setelahnya mereka kembali lagi dan memutuskan untuk menetap dibangunan rumah yang hanya tersisa satu-satunya ini.

Lagi-lagi alasan ekonomilah yang membuat mereka terpaksa mempertahankan tetap tinggal dibangunan tersebut. Bahkan untuk keperluan air mereka harus mengambilnya dari sungai yang jaraknya sekitar 1 kilometer lebih dari tempat tinggal mereka. Bahkan tidak ada penerangan listrik didaerah yang memang sudah dihancurkan ini. Mereka tinggal dengan menggunakan lilin atau lampu darurat.

Rumah yang Berdiri Ditengah Jalan Tol

5-rumah-yang-tak-takluk-penggusuran-2.jpg

Entah apa yang membuat pemilik rumah sampai hati tetap mempertahankan bangunannya berdiri meski berada ditengah jalan tol. Pemandangan langka seperti ini akan anda jumpai di Zhejang, Cina.

Menilik pemandangan unik seperti ini tentu membuat anda berpikir dua kali apakah ini nyata atau hanya permainan photoshop belaka. Namun inilah adanya, seorang pemilik bangunan bernama Luo Bogen dan istrinya tetap bersikeras untuk menetap ditempat tinggalnya yang bahkan kondisinya sudah terlihat hancur.

Pemerintah setempat kota Wenling, Provinsi Zhejiang Cina pada akhirnya tetap melanjutkan pembangunan jalan beraspal menuju Stasiun Kereta Api Wenling disana. Akan tetapi, jumlah kompensasi ganti rugi pembangunan rumah yang tidak sesuai dengan harapan pemilik bangunan. Pada akhirnya membuat pasangan suami istri ini terpaksa menetap dibangunan ini.

Meski mungkin setiap saat mereka harus diganggu dengan suara kendaraan yang hilir mudik. Namun hal ini tidak menghentikan mereka untuk pindah ke tempat lain. Sejak tahun 2012 lalu, jalanan ini memang sudah dapat digunakan. Para pengendara akan disuguhkan dengan pemandangan unik dengan harus berbelok menghindari rumah yang memang terpasang ditengah-tengah jalan yang terkesan begitu unik.

Bangunan yang Menjadi Terowongan Jalan Tol

5-rumah-yang-tak-takluk-penggusuran-3.jpg

Lagi-lagi, sebuah bangunan di Cina menolak untuk dihancurkan dan pada akhirnya menyuguhkan sebuah pemandangan unik yang menghiasi sebuah jalan tol diarea tersebut. Adalah sebuah keluarga di Cina yang menolak tempat tinggalnya dihancurkan oleh buldoser.

Tanah dari bangunan yang mereka tempati tersebut akan digunakan untuk membangun sebuah jalan tol oleh pemerintah setempat. Namun demikian, akibat sebuah alasan yang tidak disebutkan ke media pada akhirnya pemerintah harus meneruskan konstruksi pembangunan tanpa menghancurkan sebuah bangunan yang dimiliki oleh sebuah keluarga ini.

Sontak hal ini membuat bangunan rumah tersebut tetap berdiri layaknya sebuah terowongan. Hal ini sudah banyak tersebar di internet dan menuai komentar yang membludak oleh para netizen. Mereka bahkan menjuluki rumah ini sebagai "with a 360 degree road view". Dimana kondisi ini membuat pembangunan jalan tol pada akhirnya terlihat meliuk seperti lingkaran obat nyamuk.

Rumah Diantara Mall

5-rumah-yang-tak-takluk-penggusuran-4.jpg

Sekilas tidak ada yang aneh dengan bangunan Mall yang satu ini. Namun pada saat anda melihatnya lebih dekat, anda pun akan ikut terkejut seperti saat kami pertama kali melihatnya. Betapa tidak, diantara dua bangunan besar mall ini, rupanya ada sebuah rumah mungil yang berada dibagian tengahnya.

Rumah yang dihuni oleh seorang yang berumur 84 tahun ini menolak jika bangunan tempat tinggalnya digusur. Bahkan pemilik mall sempat menawari si penghuni rumah dengan ganti rugi yang fantastis bahkan melebihi harga rumah dan tanah yang ia miliki. 1 juta dolar menjadi angka yang tidak sedikit untuk dijadikan uang kompensasi sebuah tempat tinggal.

Namun dengan alasan banyaknya kenangan yang sudah terukir didalam rumah tersebut pada akhirnya membuat si penghuni rumah merelakan tawaran mewah yang diberikan dan lebih memilih tetap tinggal dibangunan tersebut.

Hal inilah yang membuat bangunan rumah ini menjadi icon baru untuk bangunan Mall tersebut. Namun demikian, tak lama setelah Mall tersebut berdiri, pada akhirnya si pemilik rumah meninggal dunia akibat kanker yang dideritanya. Bangunan itu pun akhirnya diberikan kepada kepala konstruksi Barry.

Rumah Ditengah Landasan Pesawat

5-rumah-yang-tak-takluk-penggusuran-5.jpg

Penduduk di Narita, Jepang ini memang telah berupaya keras untuk mempertahankan tahan dan bangunan mereka yang berada ditengah-tengah bandara. Meski telah dibujuk dengan banyak hal. namun para petani didaerah ini menolak untuk dipindahkan. Sebelumnya, pemerintah Jepang berencana untuk membangun 3 landasan. Namun karena hal ini mereka akhirnya hanya membangun 1 landasan pesawat saja.