Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

4 Cara Membuat Plastisin (Playdough) – Plastisin mainan atau playdough belakangan menjadi tren mainan yang cukup populer. Anda yang ingin membuatnya di rumah, simak tutorial cara membuat plastisin yang aman dan gampang.

Entah siapa yang pertama kali memperkenalkan mainan playdough. Yang pasti sejak awal tahun 2017 mainan yang satu ini menjadi sangat terkenal sehingga ada banyak orang membuat tutorial mainan playdough atau plastisin ini.

Mulai dari anak-anak, balita bahkan orang dewasa tertarik untuk menekuni cara pembuatannya. Selain memang menarik, plastisin mainan ini bisa menjadi media untuk menstimulasi seseorang agar lebih kreatif. Ya, adonan plastisin yang kenyal dan unik memudahkan siapa saja untuk berkreasi sesuka hati mereka.

Anak-anak menjadi begitu bersemangat ketika bermain dengan permainan ini karena teksturnya yang unik dan warna-warni yang sangat mencolok membuat mereka betah bermain dengan playdough. Selain membeli dari toko mainan, sebenarnya playdough bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang aman tentunya. Baca juga: Cara Bungkus Kado Bentuk Unik dan Sederhana Hanya 3 Menit

4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

Anda yang ingin membuat sendiri plastisin atau playdough di rumah untuk anak-anak. Tak perlu khawatir di bawah ini adalah langkah yang akan dapat anda ikuti dengan mudah dan sederhana. Namun sebelumnya silahkan persiapkan bahan-bahan yang harus anda persiapkan.

Bahan-Bahan Membuat Plastisin Mainan yang Aman

  • 2 gelas terigu
  • 1 gelas garam
  • 1 gelas air
  • Beberapa pewarna makanan
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Plastisin Mainan yang Aman

Apabila bahan-bahan di atas sudah anda persiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya kita akan mulai meracik adonan untuk plastisin kali ini. Perlu diketahui bahwa penggunaan bahan-bahan dari bahan dapur adalah pilihan terbaik untuk menghadirkan media mainan yang aman untuk buah hati anda.

Campurkan Bahan Kering Terlebih Dahulu

Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

Untuk memulai pembuatan adonan dari plastisin mainan kali ini. Proses pencampuran bahan kering akan menjadi langkah awal. Hal ini ditujukan agar bahan tersebut benar-benar tercampur secara keseluruhan.

  • Adapun langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah baskom. Kemudian tuangkan tepung terigu bersama dengan garam dapur. Pastikan ukuran baskom cukup besar sehingga anda lebih mudah mencampurkannya.
  • Aduk dengan tangan atau bisa dengan menggunakan sendok kayu. Pastikan semua bahan ini tercampur dengan merata.
  • Lalu sisihkan sebentar sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.

Masukkan Air dan Uleni

Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

Bila bahan kering sudah dipastikan tercampur dengan merata maka langkah selanjutnya kita perlu membuat adonan menjadi kalis. Salah satunya adalah dengan mencampurkan air dengan takaran yang pas. Baru kemudian diaduk secara merata hingga anda mendapatkan tekstur yang kalis.

Kalis adalah sebuah keadaan dimana adonan yang anda buat tidak lengket dan menempel pada tangan. Ini artinya takaran air sudah cukup membuat adonan kenyal.

Untuk memastikan adonan bisa sampai kalis, sebaiknya masukkan air sedikit demi sedikit. Kemudian uleni dengan merata. Bila anda merasa adonan masih keras maka tuangkan kembali air ke dalamnya. Lalu lanjutkan seperti itu sampai adonan tidak lagi lengket.

Kucurkan Minyak Goreng

Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

Pemberian minyak goreng pada adonan plastisin kali ini dilakukan agar teksturnya menjadi lebih elastis dan kenyal. Sehingga anak-anak akan memainkannya dengan lebih mudah. Pemberian minyak goreng pun punya tujuan untuk mencegah adonan agar tidak mudah mengeras dan membuatnya menjadi lembut. Tekstur ini pun mirip dengan plastisin yang anda beli di toko atau pasaran. Maka dari itu, silahkan masukkan minyak goreng dengan cara:

  • Setelah adonan kalis dan merata siapkan sebuah wadah lalu masukkan minyak goreng ke dalamnya.
  • Balikkan dan pastikan seluruh permukaan adonan plastisin terlumuri dengan minyak.
  • Kemudian uleni kembali agar minyak benar-benar menyatu dengan adonan tersebut. Lanjutkan mengaduk sampai adonan menjadi benar-benar lembut dengan merata.

Berikan Pewarna

Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

Memberikan pewarna adalah proses yang penting sebab warna-warni yang ceria akan membuat anda senang melihatnya. Sehingga mereka pun tertarik dengan plastisin mainan ala rumahan yang anda buat. Pastikan anda memberikan aneka warna-warni yang cantik. Semakin banyak pilihan warna akan tentu semakin seru.

  • Caranya cukup mudah, terlebih dahulu silahkan bagi adonan menjadi beberapa bagian tergantung dari ketersediaan warna yang anda miliki.
  • Lalu kemudian masukkan dalam masing-masing wadah yang berbeda.
  • Aduk dan uleni sampai adonan berubah warnanya dengan merata. Pada saat anda akan menguleni adonan dengan warna lain pastikan anda telah mencuci tangan terlebih dahulu sehingga warnanya tidak saling tercampur.

Plastisin Mainan Siap Digunakan

Nah, setelah semua warna disiapkan maka sebaiknya sebelum digunakan tata playdough dalam sebuah wadah kemudian tutupi dengan kertas. Cara ini dilakukan agar nantinya playdough yang akan digunakan tidak mudah kering. Selain itu, memisahkannya berdasarkan warna akan memudahkan anda untuk tetap memiliki playdough dengan aneka warna yang menarik.

  • Caranya adalah dengan menyiapkanwadah atau toples dengan ukuran yang sedang. Lalu alasi dengan kertas roti bagian bawahnya.
  • Masukkan playdough ke dalamnya dan sebelum ditutup menggunakan penutup toples, tutupi dulu dengan kertas roti.
  • Lakukan cara yang sama pada beberapa warna lainnya yang masih tersisa. Nantinya ketika anak selesai bermain maka pastikan mengemasnya seperti sediakala. Dengan begini maka playdough bisa lebih tahan lama.

Artikel menarik lainnya: 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Leave a Reply