15 Tempat Wisata Semarang yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Anda berencana berlibur ke Semarang ? Tentu anda butuh banyak referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi agar waktu liburan anda menyenangkan. Di Semarang itu sendiri terdapat banyak pilihan tempat wisata menarik dengan fasilitas yang lengkap.

Ingin tahu apa saja tempat wisata Semarang yang bagus dan menarik? Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.

Tempat Wisata Semarang yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki sejuta pesona yang menakjubkan. Semarang dapat anda jadikan tujuan wisata karena memiliki banyak tempat wisata. Adapun beberapa tempat wisata Semarang yang dapat anda jadikan tujuan ketika berlibur di antaranya berikut ini.

Lawang Sewu

Tempat Wisata Semarang

Lawang Sewu menjadi salah satu tempat wisata Semarang yang populer. Rasanya tidak lengkap jika anda datang ke Semarang namun tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Lawang Sewu kerap dikaitkan dengan tempat wisata angker. Dulunya bangunan yang satu ini digunakan untuk kantor NIS. Gedung ini dibangun pada tahun 1904, memiliki ciri khas dari banyaknya pintu dan jendela yang ada membuat bangunan ini terlihat unik nan megah. Nah, karena jumlah pintunya yang banyak, bangunan ini kemudian disebut sebagai Lawang Sewu, artinya yaitu seribu pintu.

Di sini anda bisa melihat megahnya gedung, sekaligus belajar sejarah. Selain itu, anda juga bisa mengabadikan momen liburan anda bersama keluarga atau teman-teman ketika berkunjung ke sini. Di sini banyak tempat indah untuk berfoto.

Kota Lama Semarang

Tempat Wisata Semarang

Selain Lawang Sewu, Kota Lama Semarang juga menjadi tempat wisata populer yang harus anda kunjungi, terutama untuk anda yang hobi berfoto. Di sini terdapat bangunan dengan gaya eropa klasik yang biasanya banyak menjadi buruan para fotografer.

Di kawasan ini anda akan melihat tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini juga anda bisa menyewa sepeda tua untuk berkeliling kawasan sambil berfoto dengan latar yang menarik.

Selain itu, di sini terdapat kafe Spiegel yang menawarkan kuliner dengan suasana tempat atau bangunan yang menarik. Tidak hanya Kafe Spiegel saja, di sini juga banyak kafe lainnya dengan suasana ala zaman kolonial.

Brown Canyon

Tempat Wisata Semarang

Tempat wisata Semarang lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Brown Canyon. Di tempat ini anda akan bisa melihat indahnya tebing-tebing tinggi berwarna cokelat yang menjulang. Melihatnya akan membuat anda merasa takjub. Pemandangan yang menarik ini tentunya akan sayang jika tidak diabadikan oleh kamera.

Sebenarnya Brown Canyon adalah tempat galian tanah uruk, padas, serta pasir dengan luas sekitar 50 hektar. Dengan tiket masuk yang murah anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan di sini dan mengambil foto yang cantik.

Kampung Batik Semarang

Tempat Wisata Semarang

Tempat wisata yang satu ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Lama. Kampung Batik Semarang berlokasi di Kel. Rejamulya, Semarang Timur.

Kampung Batik Semarang adalah tempat wisata yang menjadi tempat kerajinan batik Semarang. Batik Semarang memiliki pola khas seperti Lawang Sewu, Tugu Muda dan lain sebagainya. Batik di sini juga memiliki warna yang terang dan cantik.

Di sini harga batik yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Selain berbelanja batik, di sini anda bisa belajar membatik dan melihat proses pembuatan batik itu sendiri.

Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat Wisata Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa pada zaman dahulu adalah stasiun Ambarawa yang dibangun pada 21 Mei 1873. Dimana pada tahun 1976 stasiun ini resmi ditutup dan fungsinya berubah menjadi museum. Di tempat wisata ini para wisatawan dapat menyaksikan 21  lokomotif yang berperan penting ketika pada masa perjuangan kemerdekaan dulu. Selain itu, wisatawan juga memiliki kesempatan menaiki lokomotif tua.

Candi Gedong Songo

Tempat Wisata Semarang

Candi Gedong Songo berada di Kec. Bandungan, Kab. Semarang. Selain sebagai tempat wisata bersejarah, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan yang indah karena lokasinya yang terdapat di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat kolam air panas alami.

Terdiri dari sembilan bangunan candi, candi ini terlihat memukau. Dulu candi ini namanya Candi Gedong Pitu, karena hanya terdapat 7 candi. Kemudian pada tahun 1908 hingga 1911, dua candi ditemukan pada area yang sama. Kemudian nama candi ini berubah menjadi Candi Gedong Songo.

Klenteng Sam Po Kong

Tempat Wisata Semarang

Tempat wisata Semarang selanjutnya yaitu Klenteng Sam Po Kong, tempat beribadah etnis Tionghoa. Tempat ini diketahui sebagai tempat persinggahan, serta pendaratan pertama Laksamana China, Cheng Ho.

Klenteng ini memiliki desain khas Tiongkok dengan warna merah yang mendominasi. Kompleks klenteng ini memiliki luas hingga 3,2 hektare. Di sini anda bisa berfoto untuk mengabadikan momen indah ketika anda berlibur.

Ketika mengunjungi tempat ini, anda juga bisa menyewa pakaian China. Sedangkan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu ketika sore hari.

Wisata Eling Bening

Tempat Wisata Semarang

Wisata Eling Bening termasuk tempat wisata baru di Semarang yang sekarang sedang populer. Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Sarjono, Bawen, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang begitu indah dan menarik. Ketika berkunjung ke sini anda akan menyaksikan rawa pening yang terhampar luas dan pegunungan yang menawan. Udaranya yang segar dan sejuk akan membuat anda betah ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain itu, di tempat wisata ini juga sudah disediakan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari kolam berenang, restoran hingga bumi perkemahan. Karena ada banyak fasilitas yang disediakan, di tempat wisata ini anda dapat melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan.

Sambil menikmati indahnya suasana alam di sekitar, anda bisa berenang di kolam berenang yang sudah disediakan. Di sini juga terdapat children play ground, archery area, hill tracking area, flying fox dan lain sebagainya.

Benteng Pendem Ambarawa

Tempat Wisata Semarang

Lokasi tempat wisata yang satu ini dekat dengan Museum Kereta Api Ambarawa. Sebenarnya tempat wisata ini bernama Fort Willem I. Hanya saja, oleh warga sekitar tempat wisata ini disebut dengan Benteng Pendem atau artinya Benteng Terpendam.

Disebut seperti itu karena benteng ini pada awalnya terdapat di bawah permukaan tanah yang dibangun pada tahun 1834. Terlihat tidak terawat karena pilar-pilar ditumbuhi oleh tumbuhan liar dan lumut, namun karena hal itulah membuat tampilan benteng terlihat menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

Pantai Marina

Tempat Wisata Semarang

Mencari wisata pantai di Semarang? Maka wisata pantai yang dapat anda jadikan pilihan salah satunya yaitu Pantai Marina. Pantai Marina lokasinya ada di utara Kota Semarang. Tempat wisata yang satu ini terkenal untuk kegiatan jogging atau lari pagi.

Pantai ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap seperti kolam berenang, ski air, speed boat, serta taman untuk bermain anak-anak. Di sini juga anda bisa melakukan kegiatan bersepeda karena suasannya begitu sejuk dan sepi.

Umbul Sidomukti

Tempat Wisata Semarang

Umbul Sidomukti menjadi salah satu tempat wisata keluarga dan anak di Semarang. Anda bisa berlibur ke tempat wisata yang satu ini bersama keluarga tercinta. Baik orang dewasa maupun anak-anak tentunya akan senang berlibur di tempat ini. Selain itu, lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang.

Umbul Sidomukti memiliki fasilitas yang lengkap. Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Ungaran di ketinggian hingga 1.200 mdpl. Suasananya yang sejuk akan membuat para wisatawan betah berlama-lama berada di sini.

Berwisata ke tempat ini anda tidak akan bosan karena ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sini, mulai dari berenang, melihat pemandangan sekitar yang indah hingga menikmati sajian kuliner di tempat ini.

Kebun Binatang Semarang

Tempat Wisata Semarang

Kebun Binatang Semarang berlokasi di Jl. Walisongo KM 16, sebrang terminal Mangkang. Kebun Binatang Semarang ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata anak dan keluarga. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 9 hektar. Satwa di kebun binatang ini ada yang di tempatkan di dalam kandang, namun ada juga yang ditempatkan di ruang terbuka.

Selain itu, para pengunjung juga di sini dapat naik kereta mini, gajah, becak air dan perahu. Di sini harga tiket masuknya cukup terjangkau. ( Baca juga :  Mengintip Keindahan Wisata Goa Jatijajar di Kebumen )

Water Blaster Bukit Candi Golf

Tempat Wisata Semarang

Tempat wisata ini merupakan wisata permainan air yang ada di Semarang dan menjadi tempat wisata favorit untuk keluarga dan anak. Di sini terdapat arus luncur yang memiliki ketinggian 25 meter, sebelum tercebur di kolam berenang anda akan meluncur sepanjang 230 meter.

Selain itu, ada banyak lagi permainan lainnya yang bisa anda coba. Untuk anda yang ingin menguji nyali, anda bisa mencoba flying fox. Permainan ini berada di ketinggian 23  meter dengan panjang 105 meter.

Simpang Lima

Tempat Wisata Semarang

Ketika berkunjung ke Semarang tidak lengkap rasanya jika anda tidak berkunjung ke Simpang Lima. Banyaknya tempat kuliner dan hotel di sini menjadikan Simpang Lima sebagai wisata favorit. Tempat ini biasanya akan ramai dikunjungi ketika malam hari. Banyak orang yang mengunjungi tempat ini mulai dari sekedar jalan-jalan, wisata kuliner atau nongkrong.

Jangan takut bosan ketika berkunjung ke sini, karena ada berbagai kegiatan seru yang bisa anda lakukan di sini. Misalkan wisata kuliner Semarang, belanja, main sepatu roda, nongkrong, naik becak dan lain sebagainya.

Puri Maerokoco

Tempat Wisata Semarang

Di Puri Maerokoco anda bisa menyaksikan Jawa Tengah versi kecil. Di sini anda bisa melihat aneka rumah adat atau anjungan dari masing-masing daerah di Jawa Tengah. Selain itu, di rumah adat tersebut juga terdapat kerajinan dan hasil industri yang diproduksi setiap daerah.

Di sini juga dilengkapi oleh wahana rekreasi air seperti misalkan perahu, sepeda air dan kereta untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Tidak hanya itu saja, di sini pun terdapat taman bunga, taman kaktus dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tempat wisata Semarang yang dapat anda jadikan referensi. Berlibur ke Semarang tentunya akan menyenangkan karena terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda seputar tempat wisata Semarang bermanfaat.

Leave a Reply