14 Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Keluarga di Bandung – Membahas tempat wisata di Bandung memang tidak akan ada habisnya. Daerah yang memiliki keragaman wisata, serta budaya ini akan memberikan sesuatu yang berbeda untuk para wisatawan yang menyambangi kota ini. Hampir semua tempat wisata Bandung selalu penuh oleh pengunjung. Bukan hanya pengunjung dari dalam kota saja, tapi banyak juga pengunjung dari luar kota.

Ada banyak tempat wisata di Bandung yang dapat dijadikan destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga. Anda bisa datang ke sini bersama keluarga di akhir pekan atau saat musim liburan. Ingin tahu apa saja tempat wisata keluarga di Bandung yang cocok untuk berlibur bersama keluarga? Yuk simak di bawah.

Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di tempat menarik tentu akan terasa sangat berkesan dan menyenangkan. Adapun tempat wisata keluarga di Bandung yang bisa anda jadikan pilihan yaitu di antaranya seperti berikut:

Farm House

Farm house

Untuk anda yang sedang merencanakan liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta, salah satu tempat wisata keluarga di Bandung yang dapat anda kunjungi yaitu Farm House Bandung. Tempat wisata yang belum lama dibuka ini menyuguhkan suasana yang unik untuk para pengunjungnya. Dengan konsep suasana peternakan, desa kurcaci dan area perkebunan menjadi daya tarik tersendiri dan membuat anda betah untuk lama-lama berada di tempat wisata yang satu ini.

Akses untuk sampai ke tempat ini cukup mudah, karena tempat ini berada di jalan utama Lembang. Bukan hanya aksesnya saja yang mudah, fasilitas di sini juga sudah cukup lengkap. Di sini tersedia parkiran yang luas, tempat makan, serta halaman luas untuk pesta.

Di pintu masuk anda akan menemukan tempat penukaran tiket yang bisa ditukar dengan susu murni, serta sosis bakar. ( Baca juga : Pantai di Jawa Barat dan Banten yang Masih Alami dan Menawan )

Alamat : Jln. Lembang No.108, Bandung

Ciwidey Hot Spring Waterpark Resort

Ciwidey Hot Spring Waterpark Resort

Ciwidey Hot Spring Waterpark merupakan tempat wisata keluarga di Bandung yang memberikan banyak keindahan, serta keunikan untuk para pengunjungnya. Ciwidey berlokasi di Bandung Selatan dengan suasana yang sejuk dan menyajikan pemandangan pegunungan. Oleh karena itu, saat musim liburan datang atau ketika libur akhir pekan tempat wisata yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung.

Suhu yang sejuk dengan panorama alam yang begitu memanjakan mata akan membuat anda dan keluarga betah untuk berlama-lama disini, terlebih lagi jika anda sudah penat karena rutinitas kerja. Kondisi alamnya yang sejuk akan terasa sangat nyaman ketika anda berendam di dalam kolam air panas. Selain itu, masih banyak lagi fasilitas dan kegiatan yang bisa dilakukan di sini.

Alamat : Jln. Barutunggul Km. 17, Ciwidey, Alamenda, Rancabali, Bandung.

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu

Tempat wisata keluarga di Bandung selanjutnya yaitu Dusun Bambu. Tempat yang satu ini menawarkan suasana tempat berupa danau yang menyuguhkan keindahan alam dan tentunya nyaman. Di tempat wisata ini anda bisa menikmati pemandangan danau serta kawasan perbukitan dengan indahnya pemandangan yang tersaji.

Selain menawarkan keindahan alam, Dusun Bambu juga menawarkan aneka kuliner. Dengan konsep kuliner yang unik, dimana restoran mengambil konsep sarang burung akan membuat para pengunjung merasa takjub , tentunya konsep ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Anda akan menikmati kuliner seperti berada di dalam sangkar burung dan hal ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk anda dan keluarga.

Daya tarik dari Dusun Bambu bukan hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah saja. Namun juga fasilitas yang lengkap.

Alamat : Jln. Kolonel Masturi Km 11, Lembang, Cisarua, Bandung Barat.

Baca juga: Review Lengkap Taman Bunga Nusantara

Kampung Gajah

Kampung Gajah

Kampung Gajah menjadi destinasi wisata yang hits di Bandung. Destinasi wisata ini bisa dijadikan tujuan liburan bersama keluarga tercinta. Tempat ini merupakan taman wisata dengan konsep yang mengedepankan waterpark dan outbond. Nama Kampung Gajah itu sendiri diberikan karena banyaknya ornamen patung gajah di tempat ini.

Selain menikmati aneka wahana yang lengkap, para pengunjung bisa bisa menikmati aneka kuliner yang lezat. Di sini juga terdapat spot belanja. Anda juga bisa menikmati indahnya suasana alam yang ada di sini dengan panorama perbukitan.

Di Kampung Gajah tersedia Child Playground dengan menyediakan aneka permainan, serta atraksi yang pastinya seru untuk anak-anak. Jika anda ingin berkeliling, di sini disediakan Family buggy yang bisa muat hingga 5 orang. Tersedia juga aneka permainan lainnya yang bisa anda nikmati di sini.

Alamat : Jl. Sersan Bajuri, Km. 3.8, Parongpong, Cihideung, Bandung Barat.

De’Ranch Lembang

De'Ranch Lembang

Destinasi wisata alam di Bandung ini memang cukup fenomenal untuk masyakarat Jawa Barat, bahkan hingga ke luar kota. Tempat wisata untuk keluarga di Bandung ini menyediakan beragam wahana yang memang khusus disediakan untuk menghibur anak-anak.

De Ranch itu sendiri terkenal dengan wahana petualangan ala cowboy. Pengunjung yang datang akan diberikan pakaian layaknya cowboy. Di sini anda akan merasakan menunggang kuda. Namun, jangan khawatir karena anda akan dipandu oleh pemandu yang sudah ahli.

Dengan area hijau yang terhampar luas, para wisatawan akan merasakan seperti apa kehidupan di masa lampau dengan kuda sebagai kendaraan. Suasana alam yang sejuk, bebas dari polusi akan membuat para pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di tempat yang satu ini. Selain itu, masih banyak lagi fasilitas dan wahana permainan lainnya yang bisa dinikmati di sini.

Alamat : Jl. Maribaya no.17, Lembang, Bandung, Jawa Barat

Lereng Anteng

Lereng anteng

Lereng anteng menyajikan panorama Bandung yang sejuk, indah dan akan membuat pengunjungnya merasa betah berada di sini. Anda dan keluarga bisa memilih tempat duduk yang unik di sini. Selain menikmati kuliner yang disediakan di sini, anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti bersantai, berfoto dan lain sebagainya. Selain menyuguhkan tempat dan pemandangan unik, tempat ini menyediakan beragam permainan yang seru untuk keluarga.

Lereng Anteng itu sendiri adalah sebuah cafe yang mengusung konsep unik dan cozzy. Menyajikan pemandangan alam yang indah, tempat ini berhasil menarik pengunjung. Salah satu yang unik di sini yaitu adanya tempat duduk outdoor dengan tenda transparan dengan menyuguhkan pemandangan indah kota Bandung.

Tidak kalah menarik, di bagian dalam juga dibuat dengan dekorasi ranting yang menawan dengan nuansa penuh kehangatan. Di sini anda juga bisa menikmati beberapa wahana permainan seperti golf mini.

Alamat :  Kamp. Pagarmaneuh, Rt.02 Rw.04, Ds. Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Floating Market menjadi tempat wisata wajib saat anda berlibur ke Bandung. Terlebih lagi untuk anda yang hobi berfoto, di sini banyak spot foto yang menarik.

Dari awal beroperasi Floating Market memang sudah banyak diburu oleh wisatawan. Tempat ini memberikan suasana baru dari tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Bandung. Tempat wisata ini memang ditujukan sebagai wisata keluarga. Di tempat ini kita akan dapat menikmati suasana kawasan yang alami dan tersusun rapi.

Selain itu di sini juga terdapat banyak objek menarik yang akan membuat si kecil bahagia. Tersedia aneka sajian kuliner yang akan mengenyangkan perut anda dan keluarga. Namun, tidak hanya kuliner saja, di dalam area anda akan dapat menemukan banyak spot menarik yang bisa anda nikmati dengan keluarga.

Di dalam area tempat ini banyak terdapat spot indah yang bisa anda nikmati dengan konsep yang sama dengan Dago Dream Park dengan mengusung konsep wisata keluarga yang lengkap dan unik. Ada beberapa permainan favorit yang bisa anda coba di antaranya yaitu, wahana permainan air, penyewaan kostum Jepang dan Korea, kota mini, taman kelinci, miniatur kereta api, mobil dan becak mini, serta lain sebagainya.

Alamat : Jln. Grand Hotel Bandung. No. 33E, Lembang, Bandung.

Rainbow Garden Lembang

Rainbow Garden Lembang

Destinasi wisata yang satu ini masih masuk area Floating Market. Tempat ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Konsep yang diusung mirip dengan taman bunga Jepang.

Aneka jenis bunga ditanam di tempat ini. Bunga-bunga terlihat indah dan tersusun dengan rapi. Saat waktunya berbunga, bunga-bunga tersebut akan terlihat seperti pelangi dan akan memanjakan mata para pengunjungnya. Untuk anda  yang ingin mengabdikan momen bersama keluarga tercinta, di sini sudah disediakan spot untuk selfie.

Yang menjadi hal unik di sini yaitu bunga yang ditanam sekitar 80 persen adalah bunga yang bisa dimakan. Selain itu, jenis bunga di sini adalah bunga yang mekar sepanjang waktu, sehingga anda bisa menikmati indahnya bunga dan pemandangan yang ada di sini kapan saja.

Bunga yang terdapat di sini sekitar 100 jenis. Dimana semua bunga-bunga tersebut di ambil dari petani bunga di Lembang. Saat berkunjung di sini anda jangan takut kepanasan, karena di sini para pengunjung akan dipinjamkan topi.

Alamat : Floating Market, Jl. Grand Hotel no.33 E, Lembang, Bandung.

Barusen Hills Bandung

Barusen Hills Bandung

Barusen Hills merupakan salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Objek wisata ini berbentuk resort villa. Selain berlibur di villa  cantik, di sini juga tersedia banyak wahana yang menyenangkan. Keindahan alam di tempat wisata ini juga akan menghipnotis mata pengunjungnya.

Barusen Hills dilengkapi dengan kolam berenang dengan pemandangan yang menakjubkan. Kolam berenang besar dilengkapi dengan ember besar yang akan menumpahkan air dalam jumlah yang banyak. Selain itu, dilengkapi pula air mancur dan perosotan berwarna. Anak dan keluarga anda pastinya akan suka bermain wahana air di sini.

Setelah anda bersenang-senang di kolam berenang, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Cinta, Taman Belanda dan Bamboo Love Garden. Di tempat wisata ini juga terdapat taman bunga yang indah.

Jika anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, anda bisa menyewa penginapan. Hotel cantik dengan konsep tradisional menyajikan pemandangan alam yang mempesona.

Alamat : Gambung, Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Bandung.

Bandung Science Center

Bandung Science Center

Tempat wisata ini tidak hanya menarik namun dapat memberikan nilai lebih untuk para pengunjungnya. Bandung Science Center termasuk tempat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak.

Bandung Science Center tentu akan sangat berbeda dengan tempat wisata yang lainnya. Selain sebagai tempat bermain, tempat wisata ini juga sekaligus sebagai tempat untuk belajar bagi anak-anak anda.

Dulunya tempat ini ternyata sebagai tempat favorit Ir.Soekarno, presiden Republik Indonesia pertama untuk belajar dansa. Untuk model dan bentuk bangunan dari awal hingga saat ini keasliannya tetap dijaga. Jika dilihat dari luar,  tempat ini memang terlihat kecil. Hanya saja, jika anda sudah masuk ke dalamnya anda akan melihat sebuah ruangan yang besar menuju ke bawah tanah.

Alamat : Jln. Sinargali no. 15, Gegerkalong, Sukasari, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini berada satu komplek dengan wisata kolam renang Karang Setra, serta Bandung Carnaval Land.

Bandung Carnaval Land

Bandung Carnaval Land

Bandung Carnaval Land merupakan tempat wisata yang memiliki berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati dengan harga yang ramah di kantong. Tempat wisata ini menjadi pilihan terbaik untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga tercinta maupun teman dan sahabat saat akhir pekan atau waktu liburan datang. Tempat wisata yang sering dijuluki dengan BCL menjadi kawasan wisata yang memiliki konsep seperti Dunia Fantasi (Dufan) atau Trans Studio Bandung. Meskipun tempat ini tidak sebesar dan selengkap kedua tempat tersebut, namun Bandung Carnaval Land ini bisa menjadi tempat alternatif  untuk liburan murah bersama keluarga. Di sini tersedia aneka wahana yang menyenangkan.

Bandung Carnaval Land saat ini memang tengah menjadi tujuan wisata favorit. Selain murah, tempat wisata ini juga menyediakan aneka macam wahana permainan yang banyak dan keren. Begitu anda masuk ke kawasan tempat ini, anda akan disuguhkan oleh aneka wahana seperti rumah kaca, mangkok tsunami, sinema 4 dimensi, kursi terbang, sepeda udara, ulat terbang, dragon swing, bombom car dan lain sebagainya.

Setelah puas menikmati aneka wahana permainan, anda bisa mengabadikan liburan anda dengan berfoto. Bandung Carnaval Land juga memiliki spot foto yang menarik.

Alamat : Jln. Sinargalih, No. 15, Bandung.

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung menjadi tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini tersedia aneka wahana yang cocok untuk segala usia. Dengan mengunjungi tempat ini anda akan melihat indoor theme park terbesar di Indonesia.

Trans Studio Bandung itu sendiri di bangun di area dengan luas 4,2 hektare, berada di kawasan Bandung Supermall. Hal ini menjadikan Trans Studio Bandung sebagai kawasan hiburan yang luas dan terlengkap. Dimana kawasan hiburan ini di buka pada tahun 2011. Selain dari dalam negeri, pengunjung yang datang ke Trans Studio Bandung ada juga yang dari luar negeri.

Fasilitas yang disediakan di  sini cukup lengkap. Dari segi wahana pun anda akan dapat menemukan wahana yang lengkap yang cocok untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sehingga saat anda berkunjung bersama keluarga semuanya akan dapat mencoba wahana di sini.

Wahana yang terdapat di Trans Studio Bandung itu sendiri di kelompokan menjadi beberapa kawasan seperti, Studio Central, The Lost City, Magic Corner, Cafe and Resto dan Trans Studio Store.

Alamat : Jln. Jendral Gatot Subroto No.289, Bandung, Jawa Barat.

Dago Theme Park

Dago Theme Park

Dago Theme Park cocok menjadi tempat wisata bersama keluarga. Tempat ini bukan hanya sekedar taman rekreasi keluarga biasa, namun atmosfirnya seperti di bali sehingga akan membuat anda merasa damai dan tenang saat berlibur ke sini.

Bagaikan di Pulau Dewata, patung-patung dan pepohonan di tempat ini dibalut dengan kain Bali dengan corak hitam putih. Jembatan yang besar dan kokoh berada di atas siap menyambut kedatangan para pengunjungnya.

Dago Dream Park berlokasi di kawasan perbukitan dengan suasana yang dingin khas Lembang. Tempat ini siap memanjakan anda beserta keluarga dengan aneka wahana yang menarik.

Memiliki latar belakang hutan pinus, anda dapat menikmati permadani terbang. Saat menaiki wahana ini anda akan berhenti di tengah-tengah untuk diabadikan dalam bentuk foto. Jangan khawatir, dengan menaiki wahana ini anda akan dilengkapi dengan peralatan keselamatan. Apabila anda membeli hasil foto, maka foto anda akan diedit, dimana kabel-kabel akan dihilangkan sehingga anda akan seperti berada di permadani terbang yang melayang.

Selain menikmati wahana permadani terbang, anda  juga bisa mencoba skybike. Saat menaiki wahana ini anda akan melihat indahnya pemandangan pegunungan dari kejauhan. Tidak hanya itu saja, anda dapat berpetualang bersama keluarga di Lost in Paradise. Wahana ini merupakan permainan ular tangga dengan versi baru. Di sini anda akan menghadapi labirin, dengan indahnya taman yang terdapat di sekeliling. ( Lihat juga : Menikmati Wisata Alam Pemandian Air Panas Cibolang, Pangalengan )

Alamat : Jl. Dago Giri Km.2.2, Mekarwangi, Lembang, Bandung Barat.

Jendela Alam

Jendela Alam

Buat anda yang sedang mencari wisata edukasi yang cocok untuk keluarga, maka anda bisa mencoba jendela alam. Tempat wisata ini kental dengan konsep wisata edukasi. Bukan hanya wisata saja, anak anda juga dapat mengikuti aneka kegiatan yang edukatif yang telah disiapkan di sini. Berbagai kegiatan edukasi telah disiapkan di sini dan dirancang dengan sedemikian rupa sehingga akan sangat menarik untuk keluarga. Kegiatan edukasi yang tersedia cocok untuk anak-anak mulai usia TK hingga SMA.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata Jendela Alam ini di antaranya yaitu:

  • Jendela Edukasi

Jendela Edukasi memiliki beragam kegiatan seperti tour sahabat alam, kegiatan berkebun, berburu harta karun, panen tomat, panen telur, cara membuat cingcau, cara membuat yoghurt, cara membuat telor asin, kegiatan memberi makan hewan dan cara membuat terarium.

  • Jendela Permainan

Permainan juga bisa dilakukan di sini dan berbagai permainan yang ada di antaranya yaitu permainan menangkap ikan, perang air, kolam renang, menggiring bebek, berkuda, flying fox dan lain sebagainya.

  • Jendela Workshop

Beberapa workshop yang tersedia di antaranya yaitu, workshop telur, workshop bedah anatomi hewan, workshop biogas, workshop hidroponik, workshop membuat kompos dan workshop takakura.

  • Jendela Seni

Beberapa kegiatan yang terdapat di jendela seni yaitu, kegiatan menghias layang-layang dan menghias tanah liat.

  • Pesona Sahabat Alam

Pesona sahabat alam itu sendiri merupakan area pertanian konvesional. Di sini para peserta dapat menjelajahi area pertanian, serta perkebunan. Apabila panen telah tiba para peserta bisa ikut mengambil hasil panen.

Alamat : Jl. Sersan Bajuri Km.4.5, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat.

Liburan bersama keluarga menjadi momen yang berharga dan tentunya tidak bisa dilupakan. Anda bisa membuat liburan keluarga menjadi lebih menyenangkan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata keluarga di Bandung yang menarik.

Nah, itulah beberapa tempat wisata keluarga di Bandung yang wajib di kunjungi saat akhir pekan atau liburan. Dengan berlibur ke tempat wisata tersebut anda dan keluarga akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply