Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro – Malioboro merupakan kawasan yang menjadi ciri khas Kota Jogja dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Jalan Malioboro merupakan pusat oleh-oleh Jogja. Tempatnya yang strategis membuat banyak wisatawan berkunjung ke sini. Lokasinya ada di pusat kota membuat tempat ini mudah diakses.

Selain selalu ramai pengunjung, ternyata ada banyak tempat wisata dekat Malioboro yang bisa anda kunjungi. Nah, untuk anda yang akan berlibur ke Jogja dan berniat menghabiskan waktu di Malioboro, anda tidak perlu takut bosan, karena anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata berikut ini.

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Beberapa tempat wisata Jogja dekat Malioboro, mulai dari wisata sejarah, edukasi hingga kuliner. Yuk simak berikut ini.

Pasar Beringharjo

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Tempat wisata pertama dekat Malioboro yaitu Pasar Beringharjo. Di sini anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Pakaian ataupun kain batik menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Selain dalam bentuk kain atau pakaian, namun ada juga dalam bentuk kerajinan batik seperti gelang, topeng, tempat tisu dan lain sebagainya.

Lokasi Pasar Beringharjo masi ada di sekitar Malioboro di sebelah selatan. Lokasinya dekat dengan Benteng Vredeburg.

Taman Pintar

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Tempat wisata Jogja dekat Malioboro lainnya yaitu Taman Pintar. Tempat wisata ini merupakan pusat objek wisata edukasi Jogja. Saat pertama masuk ke tempat ini, anda akan terpesona akan wahana-wahana yang disajikan di sini yang mana semua wahana tersebut kental dengan pendidikan, serta teknologi.

Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Selanjutnya ada titik nol kilometer. Bukan tanpa alasan, disebut demikian karena menjadi pusatnya kota Jogja. Jika anda ingin berkunjung ke sini, maka disarankan untuk datang saat malam hari. Ketika malam hari tempat ini sangat asik dan romantis.

Di hari-hari tertentu biasanya ada pertunjukan jalanan dari komunitas anak muda. Nah, jika anda hanya bisa berkunjung saat siang hari, itu tidak masalah. Sebab anda tetap masih bisa melihat karya seni berupa patung maskot, ornamen dan karya seni lainnya yang sengaja dipertunjukan di jalan ini.

Museum Benteng Vredeburg

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Lokasi Museum Benteng Vredeburg berada di Jalan Margo Mulyo/ Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondamanan, Yogyakarta  atau lebih tepatnya titik no kilometer jogja. Keaslian Benteng Vredeburg ini masih tetap terjaga, serta struktur bangunannya masih utuh dan sangat terawat. Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan di masa penjajahan Belanda.

Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Selanjutnya ada Keraton Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Rotowijayan blok no.1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta atau tepatnya berada di selatan Jalan Malioboro. Nah, halaman keraton yaitu alun-alun utara, dimana setiap tahun dirayakan upacara grebeg. Upacara ini dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi.

Museum Kereta Kencana

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Museum Kereta Kencana juga merupakan pilihan tempat wisata Jogja dekat Malioboro yang banyak dikunjungi. Di sini wisatawan dapat melihat kereta kuda yang sudah digunakan dari zaman dulu.

Kereta kencena yang usianya sudah ratusan tahun ini masih tersimpan dengan baik. Ada sekitar 23 kereta kencana yang disimpan di sini. Jika ada hal yang ingin anda ketahui, anda bisa bertanya pada abdi dalem yang bertugas di sini atau bisa menggunakan jasa pemandu wisata lokal yang akan membuat kunjungan wisata ke museum menjadi lebih menyenangkan.

Masjid Gedhe Kauman

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Masjid ini berlokasi di Jalan Kauman, Alun-Alun Keraton, Ngupasan, Yogyakarta atau lebih tepatnya ada di utara Keraton Jogja. Mesjid ini merupakan masjid yang terbesar dan tertua di Jogja. Pembangunannya dilakukan saat masa kepemimpinan Raja Sri Sultan Hamengkubuwono I.

Museum Sono Budoyo

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Museum yang lokasinya berseberangan dengan ALun-Alun Utara serta Keraton Yogyakarta ini sering dijadikan tujuan wisata sebab dekat dengan Malioboro. Museum ini memiliki koleksi terbanyak di antara museum lainnya di Jogja. Diketahui ada sekitar 43.260 koleksi di museum ini, yang merupakan benda artefak seperti keris, arca, batik, senjata tradisional dan lain sebagainya.

Tamansari Jogja

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Tamansari Jogja merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang cukup populer. Awalnya Tamansari mempunyai luas sekitar 10 hektar, terdiri dari kompleks taman, danau buatan, pemandian Umbul Binangun, pulau buatan, kanal air, jembatan gantung dan lorong bawah tanah. Hanya saja, dari semua bangunan yang ada, saat ini yang masih tersisa hanya Pemandian Umbul Binangun saja. Bangunan-bangunan lainnya telah berubah menjadi perkampungan penduduk.

Umbul Binangun atau Umbul Pasiraman yaitu tempat pemandian untuk Sultan dan keluarganya. Umbul Binangun itu sendiri mempunyai 3 buah kolam yang dilengkapi air mancur.

Sentra Gudeg Wijilan

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Gudeg merupakan menu khas Jogjakarta. Gudeg di Wijilan sangat populer, lokasinya ada di timur alun-alun utara. Di Kampung Wijilan ini pintu masuknya ditandai dengan plengkung wijilan yang dibangun masa penjajahan Belanda.

Alun-Alun Kidul

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Alun-Alun Kidul dapat dijadikan pilihan wisata malam di Jogja. Anda bisa nongkrong asik di sini sambil menikmati hidangan khas. Lokasinya ada di belakang keraton Jogja.

Gembira Loka Zoo

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Tempat wisata ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk keluarga dan anak-anak. Di sini ada banyak wahana yang bisa dicoba oleh para pengunjung, mulai dari naik gajah, unta, naik kereta mini, melihat atraksi hewan hingga bermain skuter.

Untuk sampai ke tempat wisata ini dari Malioboro jaraknya sekitar 5 km, bisa anda tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, untuk menuju ke Gembira Loka ini tersedia juga Trans Jogja.

The House Of Raminten

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

The House Of Raminten beralamatkan di Jln. Faridan M Noto No.7, Kotabaru. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Tugu Jogja, dekat kawasan wisata Malioboro dan Stasiun Lempuyangan.

Konsep dari The House Of Raminten itu sendiri yaitu tradisional cafe. Nah, untuk anda yang hobi kuliner, anda wajib mencoba menu makanan dan minuman yang ada di sini.

De Mata Jogja

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

De Mata Jogja beralamatkan di XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Yogyakarta atau lebih tepatnya di sebelah timur Malioboro. Dari kawasan Malioboro bisa ditempuh selama kurang lebih 15 menit.

Untuk para pecinta foto unik 3D wajib berkunjung ke sini. Di sini terdapat sekitar 120 gambar 3D yang akan membuat anda seolah-olah sedang berada di luar negeri. Agar lebih maksimal dalam pengambilan gambar, anda akan dipandu oleh fotografer.

Situs Warungboto

Tempat Wisata Jogja dekat Malioboro

Pada zaman dulu, Situs Warungboto dipakai untuk  tempat peristirahatan keluarga kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Situs Warungboto ini dilengkapi dengan kolam, serta taman yang cukup megah. Beralamatkan di Jl. Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

Lihat juga : Deretan Pantai di Jogja, Surga Tersembunyi yang Keindahannya Sangat Memukau

Itulah beberapa tempat wisata Jogja dekat Malioboro yang bisa anda jadikan referensi. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.