Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Tempat Wisata Edukasi di Bogor yang Menarik

Tempat Wisata Edukasi di Bogor yang Menarik – Bogor memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk wisata edukasinya. Tempat wisata edukasi ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Berwisata ke tempat ini akan mengajarkan anak berbagai hal dan tentunya bermanfaat. Tidak hanya membuat anak senang, namun juga wawasan dan pengetahuan anak akan semakin bertambah.

Nah, untuk anda yang sedang mencari tempat wisata edukasi di Bogor yang menarik, beberapa inspirasi tempat wisata ini bisa anda jadikan pilihan.

Tempat Wisata Edukasi di Bogor yang Menarik

Beberapa tempat wisata edukasi di Bogor ini wajib anda kunjungi saat liburan. Yuk simak di bawah ini.

Kampoeng Wisata Cinangneng

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Tempat wisata edukasi anak pertama di Bogor yaitu Kampoeng Cinangneng. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jln. Babakan Kemang, RT.01 RW.02, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor. Tempat wisata yang satu ini akan memberikan wawasan untuk anak-anak. Dimana di sini ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Anak-anak akan dikenalkan aneka budaya sunda, mulai dari kerajinan, music, cara bercocok tanam dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, anak-anak juga akan diajak untuk mengenal tradisi dan gaya hidup penduduk desa yang tinggal di kampung ini.

Adapun beberapa fasilitas dan wahana yang disediakan di tempat wisata yang satu ini di antaranya yaitu sawah, kebun, sungai, kafe, tempat penginapan, toko oleh-oleh, tempat parkir, pendopo, toilet, saung dan lain sebagainya.

Taman Buah Mekarsari

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Tempat wisata edukasi selanjutnya yang wajib dikunjungi saat anda berlibur ke Bogor yaitu Taman Buah Mekarsari. Taman Buah Mekarsari itu sendiri merupakan salah satu taman buah terbesar di dunia. Di tempat ini ada banyak ribuan jenis buah yang ditanam, berasal dari berbagai daerah.

Ke tempat wisata ini kita bisa mengajak anak-anak untuk mengenalkan aneka tanaman dan buah-buahan. Mengajak anak-anak kesini sangat cocok untuk menambah pengetahuan mereka.

Selain mengenal aneka jenis buah, di sini juga anda bisa melakukan kegiatan menarik seperti petik buah. Kegiatan ini tentunya harus didampingi oleh petugas. Tidak hanya itu, anak-anak juga akan diajarkan caranya menanam bibit buah, merawat tanaman agar tetap tumbuh subur dan tahan lama. Taman Buah Mekarsari itu sendiri berlokasi di Jln. Raya Cileungsi-Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor.

Museum Zoologi

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Ketika berkunjung ke Museum Zoologi anda bisa mengajak keluarga, termasuk buah hati tercinta. Di museum ini kita bisa melihat aneka fosil hewan. Ada banyak kelompok pelajar yang datang kesini untuk memperkenalkan pada siswanya mengenai susunan tulang hewan dan lain sebagainya.

Selain itu, di sini juga anak-anak bisa kita kenalkan tentang jenis hewan avertebrata dan vertebrata, susunan tulang mamalia, unggas dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa mengenalkan pada anak-anak fosil hewan. Museum Zoologi ini berlokasi di Jl. Ir. H. Djuanda No.9, Paledang, Bogor Tengah.

Taman Safari

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Taman Safari merupakan salah satu tempat wisata populer yang terdapat di Bogor. Di Taman Safari kita bisa mengenalkan pada anak-anak berbagai jenis hewan. Terdapat sekitar 2.500 satwa di taman Safari. Untuk melihatnya anda bisa berkeliling dengan menggunakan bus atau mobil yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Di sini beberapa satwa berkeliaran bebas seperti gajah, rusa, macan tutul, kerbau, singa, anoa, tapir dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya melihat aneka jenis hewan saja, namun di sini juga disediakan berbagai wahana atau permainan yang menarik seperti crazy plane, speedway, mandi bola, angsa terbang, baby zoo, rumah hantu 3D, sepeda air, foam ball, sepeda layang, bom-bom car dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lihat juga : Istana Panda, Wisata Edukasi di Taman Safari Bogor

Kampung Budaya Sindang Barang

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Tempat wisata edukasi di Bogor selanjutnya yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. Lokasi tempat wisata ini berada di Jl. Endang Sumiwijaya, Pasireurih, Bogor. Diketahui kampung ini sudah ada sejak dulu. Ada banyak peninggalan sejara budaya Sunda yang bisa kita pelajari di sini, baik oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak.

Di sini ada berbagai kesenian Sunda, selain itu terdapat juga situs purbakala peninggalan Pajajaran. Di sini juga anak-anak bisa mempelajari rumah adat, pakaian hingga budaya sunda.

Kampung Horta

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Berkunjung ke Kampung Horta Bogor tentu akan mendatangkan banyak manfaat untuk anak-anak. Di sini anak-anak bisa bermain dan belajar dengan teman-teman maupun keluarganya. Kampung ini berlokasi di Desa Selahuni, Ciomas. Disebut dengan Kampung Horta sebab masyarakatnya sebagian besar menjadi pengerajin boneka Horta.

Anak-anak di sini dapat latihan membuat boneka Horta. Selain itu, anak-anak juga bisa mencoba belajar membuat sablon. Juga ada pelatihan membuat cincau, telur asin, obat herbal, minuman dan lain sebagainya. Ada juga beberapa permainan menarik lainnya yang bisa anak coba seperti menangkap ikan, menangkap bebek, memindahkan belut dan lain sebagainya.

Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Kebun Raya Bogor berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.13. Kebun ini cukup luas dan anda bisa mengenalkan aneka tumbuhan pada anak. Selain mengenalkan aneka tumbuhan, di sini juga terdapat berbagai atraksi modern. Anda dan buah hati tercinta juga bisa melihat rusa  sambil memberinya makan.

Taman Budaya

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Taman Budaya Bogor merupakan tempat wisata menarik untuk keluarga dan anak-anak. Di sini terdapat banyak kegiatan seru dan bermanfaat. Ada banyak pelajaran yang akan didapatkan saat berkunjung ke sini. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini di antaranya yaitu tracking, outbond, permainan zaman dulu, main games dan lain sebagainya.

Mengajak buah hati main di sini akan membuat mereka lebih tanggap dan motorik anak akan menjadi terlatih. Fasilitas yang disediakan di sini juga cukup lengkap yang akan membuat pengunjung nyaman saat berlibur ke sini. Di sini disediakan cafe dan foodcourt untuk beristirahat sambil menyantap makanan. Bahkan pengunjung bisa belanja batik khas Taman Budaya. Taman Budaya Bogor berlokasi di Jl. Siliwangi, No.1, Sentul City, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor.

Pelita Desa

Tempat Wisata Edukasi di Bogor

Tempat wisata Pelita Desa mulai diresmikan pada 2 Februari 2002. Tempat wisata yang satu berada pada lahan seluas 2,5 Hektar. Tempat wisata edukatif ini cocok untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Di sini terdapat banyak kegiatan menarik dan bermanfaat yang bisa dilakukan karena anak-anak akan diajarkan berbagai hal. Adapun kegiatan menarik dan edukatif di sini yaitu membuat pupuk, menanam padi, memberi pupuk, menangkap ikan dan lain sebagainya. Pelita Desa itu sendiri berlokasi di Jl. H. Miing, RT.01/RW.03, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.

Itulah beberapa tempat wisata edukasi di Bogor yang bisa anda jadikan referensi tempat liburan menarik untuk keluarga maupun anak-anak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.