13 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik Dikunjungi – Jakarta kerap menjadi tujuan wisata para wisatawan dari luar daerah, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Seperti yang kita ketahui, Kota Jakarta menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata keluarga hingga wisata belanja dan kuliner ada di Jakarta.

Karena banyaknya tempat wisata yang ada di Jakarta, anda mungkin bingung memilih tempat wisata yang akan dikunjungi. Nah, sebagai inspirasi, berikut ini ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang dapat anda jadikan pilihan.

Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik Dikunjungi

Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, tentunya anda harus memilih tempat wisata yang seru. Ada banyak pilihan tempat wisata yang ada di Jakarta. Beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Tugu Monas

Tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata di Jakarta pertama yang menarik dikunjungi yaitu tugu monas atau Monumen Nasional. Monas didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah Belanda. Monumen ini memiliki tinggi 32 meter yang di bagian atasnya bermahkotakan lidah api dengan dilapisi lembaran emas.

Selain sebagai monumen untuk mengingat perjuangan melawan penjajah, Tugu Monas sekarang menjadi tempat wisata Jakarta yang ramai dikunjungi, terlebih lagi saat akhir pekan atau musim liburan.

Monas dilengkapi Museum Sejarah Nasional Indonesia di bagian dasarnya. Ukuran museum ini cukup besar bahkan bisa menampung pengunjung sampai 500 orang. Di sini juga disediakan lift yang dapat membawa pengunjung ke bagian puncak Monas. Dari puncak monas anda akan melihat pemandangan Jakarta.

Alamat : Gambir, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Taman Mini Indonesia

Tempat wisata di Jakarta

Taman Mini Indonesia menjadi tempat wisata di Jakarta yang cocok dijadikan sebagai objek wisata dan edukasi. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Di tempat wisata yang satu ini anda akan melihat aneka rumah adat dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, Taman Mini Indonesia disebut sebagai miniatur Indonesia.

Tidak hanya rumah adat saja, di sini juga terdapat beberapa taman, teater, tempat ibadah, museum serta berbagai tempat wisata yang lainnya. Tempat wisata yang satu ini beralamatkan di Jakarta Timur, beroperasi dari Senin sampai Minggu.

Dunia Fantasi (Dufan)

Tempat wisata di Jakarta

Dufan atau Dunia Fantasi adalah salah satu tempat wisata yang berada di kawasan Ancol. Di sini terdapat aneka wahana yang dapat pengunjung coba. Selain itu, penamaan wahana di sini berdasarkan tema tempatnya.

Karena banyaknya wahana yang disediakan di Dufan, maka tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Namun, meskipun begitu bukan berarti orang dewasa tidak bisa menikmati wahana di sini. Para pengunjung bisa mencoba bermacam-macam wahana yang menarik.

Alamat : Jln. Lodan Timur No.7, Rw.10, Ancol. Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430

Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata di Jakarta

Untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah, apalagi diakhir pekan atau musim liburan.

Kebun Binatang Ragunan itu sendiri sudah ada sejak lama atau sekitar tahun 1864. Kebun binatang ini memiliki luas area sekitar 147 hektar dan terdapat lebih dari 2.000 ekor satwa. Selain itu, kebun binatang yang satu ini juga ditumbuhi oleh lebih 50.000 pohon. Oleh karena itu, kebun binatang ini memiliki suasana yang begitu nyaman dan sejuk yang akan membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama berada di sini.

Alamat : Jl. Harsono No. 1,  Ragunan, Kec. Ps Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Pulau Tidung

Tempat wisata di Jakarta

Pulau Tidung memiliki pemandangan yang begitu indah dengan suasana yang asri, sehingga saat berkunjung ke sini para wisatawan akan merasa betah berada di sini. Suasananya yang tenang dan nyaman cocok dijadikan sebagai tempat bersantai bersama dengan keluarga, kerabat dan teman.

Pulau Tidung menjadi salah satu tempat wisata pantai favorit yang berlokasi di Jakarta. Pulau tidung menawarkan fasilitas untuk para pengunjungnya seperti Water Sport, Jet Sky, Banana Boat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata pantai di daerah Jakarta, maka Pulau Tidung dapat dijadikan pilihan.

Ocean Ecopark

Tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata yang satu ini menawarkan suasana “back to nature”, yang masih terletak di kawasan Ancol. Tempat wisata yang satu ini menawarkan banyak wahana yang menarik untuk dicoba oleh pengunjungnya. Tema di tempat wisata ini terdapat sekitar 4 tema seperti misalkan Eco Art, Eco Care, Eco Nature dan Eco Energy.

Untuk anda yang ingin mengajak anak-anak rekreasi sambil belajar, maka anda bisa mengajaknya ke tempat wisata yang satu ini. Di sini terdapat proses edukasi yang mana anak-anak dapat dengan langsung berinteraksi dengan alam, seperti misalkan menanam serta masih banyak lagi yang lainnya.

Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, Rw. 1o, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430

Kota Tua

Tempat wisata di Jakarta

Kawasan Kota Tua terletak di Jakarta Pusat. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit anak-anak muda untuk nongkrong sekaligus liburan, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki hobi foto-foto. Biasanya tempat ini ramai saat sore hari. Selain dijadikan sebagai tempat foto-foto, kawasan Kota Tua juga disukai oleh anak muda karena terdapat cafe dengan life musik. Selain itu, di tempat ini juga dijadikan sebagai tempat berkumpul para penggemar onthel.

Atlantis Water Adventure

Tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata yang satu ini menjadi objek wisata favorit untuk bermain air. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Di sini disediakan banyak wahana permainan yang bisa pengunjung coba. Dengan aneka wahana seru akan membuat liburan anda dan keluarga lebih menyenangkan.

Para pengunjung bisa menikmati aneka fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata yang satu ini. Bagi anda yang kurang mahir berenang, anda bisa mencoba kolam apung. Kolam ini tinggi akan kadar garam sehingga tanpa ban pelampung pun anda tidak akan tenggelam.
Selain itu, anda bisa merasakan suasana gelombang pantai di kolam ombak. Ombak buatan ini bisa para pengunjung rasakan 1 jam sekali selama 15 menit.  Selain itu, masih banyak lagi wahana-wahana lainnya yang dapat pengunjung coba.

Alamat : Taman Impian Jaya, Jln. Lodan Timur No.7, Rw. 10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430

Kepulauan Seribu

Tempat wisata di Jakarta

Tempat wisata di Jakarta lainnya yang jangan sampai terlewatkan yaitu Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu menjadi salah satu objek wisata favorit, khususnya wisata bahari. Beberapa pulau yang mencakup Kepulauan Seribu di antaranya yaitu Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Pari dan masih banyak lagi yang lainnya. Pulau-pulau ini tentunya akan menawarkan suasana yang nyaman untuk para pengunjungnya.

Di Kepulauan Seribu ini keindahan bawah laut bisa anda nikmati. Selain itu, keindahan pasir putih yang bersih akan membuat anda merasa terpesona. Bahkan di sini anda juga dapat menyaksikan pemandangan matahari tenggelam.

Planetarium

Tempat wisata di Jakarta

Tidak lengkap rasanya jika anda berlibur ke Jakarta tanpa mengunjungi Planetarium. Tempat ini di desain menyerupai kubah berbentuk setengah bola. Dimana di sini para pengungjungnya dapat menyaksikan planet yang terdapat di alam semesta.

Berkunjung ke sini cocok bersama keluarga dan anak-anak sebagai wisata edukasi. Dengan mengunjungi tempat ini, pengetahuan anak-anak tentang planet-planet akan semakin bertambah. Jam operasi Planetarium yaitu hari Selasa hingga hari Minggu.

Jl. Cikini Raya No. 73 Rt. 8 Rw.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330

Museum Fatahillah

Tempat wisata di Jakarta

Jakarta menyimpan banyak peninggalan sejarah. Dimana peninggalan sejarah tersebut tersimpan rapi di dalam museum-museum. Di Jakarta salah satu museum yang ada yaitu Museum Fatahillah. Di zaman penjajahan Belanda, museum ini awalnya digunakan sebagai markas VOC.

Di museum ini para pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan sejarah. Para pengunjung juga dapat melihat alat pertukangan pada zaman prasejarah, aneka koleksi persenjataan yang disimpan rapi. Ada juga koleksi mebel antik peninggalan abad 17 sampai abad 19. Barang-barang yang ada di sini disimpan dengan rapi yang dilengkapi dengan informasi, sehingga para wisawatan bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Alamat : Jl. Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Tempat wisata di Jakarta

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk merupakan hutan bakau yang dikelilingi oleh perairan. Untuk melihat pemandangan hutan bakau, para pengunjung bisa naik perahu yang ditemani oleh pemandu. Di area ini juga banyak biawak yang berkeliaran. Selain itu, sambil berjalan menyusuri jembatan para pengunjung bisa menikmati suasana dan kesejukan hutan.

Fasilitas di tempat wisata yang satu ini cukup lengkap seperti penginapan dengan suasana tradisional, restoran dan tempat bersantai. Selain itu para pengunjung juga bisa ikut menanam pohon bakau. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 7 hingga pukul 6.

Alamat : Jl. Garden House, Rt.4 Rw.3, Kamar Muara Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14470

Museum Nasional Indonesia

Tempat wisata di Jakarta

Di Museum Nasional Indonesia terdapat koleksi prasasti, senjata tradisional, arca, tekstil, manu skrip, gerabah, hasil penggalian arkeologis dan masih banyak benda kuno yang lainnya. Museum ini didirikan sejak tahun 1778, yang mana kini museum ini terkenal sebagai salah satu museum terbesar yang ada di Asia Tenggara. Museum ini juga terkenal sebagai Museum Gajah karena terdapat patung gajah di halaman museum.

Setiap akhir pekan Museum Nasional Indonesia mengadakan kegiatan edukasi sejarah dan seni. Para pengunjung dapat belajar tarian tradisional, membatik ataupun menonton pentas seni, serta dongeng.

Alamat : Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Untuk anda yang akan merencanakan liburan ke Jakarta, beberapa tempat wisata di Jakarta di atas bisa anda jadikan inspirasi. Dapatkan pengalaman yang berbeda dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Jakarta yang menarik.

Leave a Reply