Tempat Wisata di Garut yang Populer dan Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Garut – Garut adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Garut sangat terkenal akan dodolnya. Selain itu, di Garut juga banyak destinasi wisata yang populer dan tentunya menarik untuk dikunjungi. Anda bisa menjadikan Garut sebagai tujuan wisata bersama keluarga tercinta. Dengan berwisata ke Garut anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Nah, untuk anda yang sedang mencari informasi tempat wisata di Garut, anda bisa simak beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Tempat Wisata di Garut yang Populer dan Menarik Dikunjungi

Garut lokasinya tidak begitu jauh dari Bandung, yang memiliki banyak tempat wisata beragam. Simak beberapa tempat wisata Garut di bawah ini.

Gunung Papandayan

tempat wisata garut

Gunung Papandayan menjadi salah satu wisata alam favorit di kota Garut. Gunung ini berlokasi di tenggara kota Bandung, sekitar 70 km. Gunung ini termasuk gunung berapi dengan ketinggian 2.665 mdpl.

Gunung Papandayan memiliki berbagai keindahan dan keanekaragaman hayati. Gunung ini selalu menjadi tujuan wisata untuk mereka yang menyukai aktivitas mendaki. Di sini terdapat potensi wisata yang menarik, beberapa di antaranya yaitu Kawah Papandayan, seperti Kawah Manuk, Kawah Baru, Kawah Nangklak dan Kawah Mas.

Tidak hanya itu saja, di sini juga ada Blok Pondok Saladah. Ini merupakan sebuah padang rumput yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk berkemah yang memiliki ketinggian 2.288 mdpl, serta luas kurang lebih 8 hektar. Untuk melepas lelah, terdapat juga Blok Sumber Air Panas alami. Selain itu, masih banyak lagi aneka spot indah dan menarik lainnya yang terdapat di sini.

Nah, untuk anda yang tidak ingin mendaki Gunung Papandayan, anda bisa mengunjungi Papandayan Leisure Park. Tempat ini berada di Jalan Papandayan, Ds. Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Garut dengan bukit curam, serta tebingnya terjal. Di tempat ini anda bisa melihat indahnya pemandangan dengan suasana yang masih sejuk, segar dan alami.

Di sini  juga  terdapat tempat indah dan menarik untuk berfoto. Selain itu, masih banyak lagi spot menarik yang lainnya.

( Baca juga : 14 Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang Wajib Dikunjungi )

Darajat Pass

tempat wisata garut

Darajat Pass berlokasi di Jalan Darajat, KM. 14 Pasirwangi, Garut, Kampung Bedeng, Ds. Karyamekar. Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini untuk melepas lelah setelah berjalan-jalan di kota Garut.

Tempat wisata ini menawarkan beberapa fasilitas yang akan membuat pengunjungnya merasa nyaman dan betah berada di sini. Beberapa fasilitas yang ada di sini di antaranya yaitu pemandian air panas, serta kolam berenang air biasa. Tidak hanya itu saja, ada juga fasilitas lainnya seperti photo studio, outbound, wi-fi, saung dan lain sebagainya. Di sini juga disediakan tempat penginapan untuk pengunjung.

Cagar Alam Leuweung Sancang

tempat wisata garut

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Ds. Sancang, Kec. Cibolang, Garut dengan luas 2.913 hektar. Tempat wisata ini merupakan konservasi hutan, serta cagar alam. Terbagi menjadi tiga kawasan, yaitu Cagar Alam Pantai, Hutan Mangrove dan Hutan Dataran Rendah.

Di tempat ini ada primata yang mulai langka, yakni Owa Jawa. Sedangkan untuk tumbuhannya terdapat tumbuhan yang mulai langka serta dilindungi, seperti Meranti Merah dan Kaboa. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat curug namun anda harus menyebrang sungai terlebih dahulu. Di Hutan Pantai anda akan melihat indahnya pemandangan pasir putih dengan air yang jernih.

Awit Sinar Alam Darajat

tempat wisata garut

Berada di Jalan Darajat KM. 24 Padaawas, Kec. Pasirwangi, Garut. Di sini suasananya begitu sejuk dan nyaman, serta ada sumber air panas alami. Selain itu, di sini juga fasilitasnya cukup lengkap. Berlibur di tempat ini anda akan merasa nyaman dan menyenangkan.

Pemandian air panas menjadi fasilitas yang menarik dan menyenangkan. Di sini ada area outbound serta cottage dengan model klasik.

Gunung Guntur

tempat wisata garut

Tempat wisata selanjutnya yaitu Gunung Guntur. Untuk anda  yang memiliki hobi naik gunung, gunung ini dapat dijadikan alternatif pilihan. Gunung ini adalah gunung berapi dengan ketinggian 2.249 mdpl.

Gunung ini kebanyakannya berpasir, sehingga tanaman tidak banyak tumbuh di sini, sehingga terlihat tandus. Untuk di bagian yang lainnya tumbuh rumput liar seperti savana. Sedangkan di atasnya tumbuh kantilever. Tidak hanya itu, di gunung ini juga banyak tumbuh pohon pinus.

Di puncaknya terdapat kaldera yang besar, serta dalam. Sedangkan di kaki gunungnya ada fasilitas hotel yang menyediakan pemandian air panas.

Leuwi Jurig

tempat wisata garut

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Cihikeu, Kec. Bungbulang, Garut. Walaupun dari namanya terdengar aneh dan seram, namun memiliki pemandangan yang indah dan menarik. Tempat wisata ini nama aslinya yaitu Leuwi Rumpit dengan air yang jernih dan warnanya biru kehijauan.

Di tempat ini anda dapat bermain air. Dengan pemandangannya yang indah anda bisa mengabadikan momen ketika berlibur.

Lembah Karacak

tempat wisata garut

Lembah karacak berlokasi  di Jalan Karacak Valley Garut atau lebih tepatnya terletak diperbatasan Kel. Margawati dan Kel. Sukanegla. Tempat wisata ini merupakan hutan pinus dan kebun kopi dengan luas 92 hektar. Sedangkan menurut informasi, area yang dipakai untuk wisata yaitu 10 hektar.

Di tempat ini ada juga air terjun yang dinamakan dengan Curug Ngebul, juga terdapat puncak yakni Puncak Dogar. Di puncak ini anda bisa melihat keindahan Gunung Cikurai dan kota Garut dengan jelas.

Taman Satwa Cikembulan

tempat wisata garut

Taman Satwa Cikembulan ini berada di Kampung Jati, Ds. Cikembulan, Kec. Kadungora, Garut. Tempat ini mulai dibuka untuk publik tahun 2009. Suasana tempat ini sama dengan kebun binatang. Namun bedanya tidak terdapat hewan besar.

Di sini terdapat banyak primata, hewan mamalia dan reptil. Ketika berkunjung ke sini anda akan mendapatkan pengalaman yang unik yakni bisa bercengkrama langsung dengan Orang Utan Kalimantan.

Di tempat ini juga terdapat penginapan dengan harga yang lumayan terjangkau. Jika anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, anda bisa menyewa penginapan.

Pemandian Air Panas Cipanas

tempat wisata garut

Selanjutnya ada Pemandian Air Panas Cinapas. Ini merupakan tempat wisata populer di Garut. Air panasnya berasal dari geiser, sehingga berbeda dengan pemandian air panas yang lainnya. Pemandian air panas ini juga mudah untuk dijangkau.

Di Cipanas untuk mandi air hangat ada beberapa lokasi yang bisa anda pilih, seperti Danau Dariza, Cipanas Indah, Sabda Alam, Kampung Sumber Alam, Tirta Gangga, Surya Alam dan lain sebagainya.

Nah, demikian beberapa tempat wisata di garut yang menarik untuk dikunjungi. Untuk anda yang sedang mencari referensi tempat wisata Garut, beberapa tempat wisata di atas bisa anda jadikan pilihan. Sebenarnya selain tempat wisata di atas, masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang menarik. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply