Telaga Biru Kuningan

Telaga Biru Kuningan, Wisata Alam yang Indah dan Eksotis

Telaga Biru Kuningan, Wisata Alam yang Indah dan Eksotis – Akhir-akhir ini Situ Cicerem tengah populer karena keindahannya. Warna airnya yang jernih dengan aneka jenis ikan di dalamnya sangat memanjakan mata. Kita bisa mengabadikan foto sebagai kenang-kenangan.

Lokasi Situ Cicerem

Telaga Biru Kuningan

Lokasi Situ Cicerem berada di Jalan Kaduela, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Tempat wisata ini berada pada ketinggian 280-315 mdpl dengan suhu rata-rata 19-28 derajat Celcius. Biasanya temperatur paling tinggi di sini yaitu bulan Juni sampai September. Oleh karena itu, saat berkunjung ke sini pastikan anda menggunakan pakaian yang hangat.

Keindahan Telaga Biru Kuningan

Telaga Biru Kuningan

Situ Cicerem atau Telaga Biru Kuningan lokasinya berada di kaki Gunung Ceremai. Telaga dengan kedalaman sekitar 5 meter ini mempunyai kontur berbatu serta ditumbuhi oleh tanaman air dengan warna hijau yang memanjakan mata.

Berbeda dengan danau pada umumnya, yaitu memiliki warna cokelat dan cenderung keruh, Telaga Biru Kuningan ini justru memiliki keunikan tersendiri. Mengapa tidak, airnya berwarna biru jernih sehingga dasar danau bisa anda lihat dengan jelas. Aneka jenis ikan menghuni danau ini. Walaupun jumlah ikan mencapai ribuan, namun airnya tidak keruh dan tidak tercium bau amis.

Masyarakat atau pengunjung tentu tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas memancing di sini. Ketika berkunjung ke sini pengunjung hanya akan menikmati keindahan alam sambil mengabadikan momen kumpulan ikan.

Para pengunjung yang datang ke sini biasanya akan menikmati suasana sambil duduk pada bebatuan besar sambil melihat gerombolan ikan yang menyerbu makanan yang diberikan. Tentunya ini akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan.

Karena tergoda oleh kejernihan air di sini, tak jarang pengunjung ikut berendam di pinggir telaga. Selain itu, juga bisa menggunakan pelampung seperti kasur untuk menikmati suasana tidur di atas air. Bagi para pengunjung yang tidak mau berenang, bisa santai sambil menikmati suasana yang damai dan tenang sambil duduk di tepi telaga.

Meskipun berkunjung saat siang hari, namun anda tetap akan nyaman karena pepohonan di sekitarnya sangat rindang. Saat senja sudah tiba, suara-suara seperti jangkrik dan tonggeret akan dapat anda dengarkan seolah-olah menjadi pertanda bahwa pengunjung harus segera pulang.

Baca juga : Tempat Wisata Majalengka yang Indah dan Sedang Hits

 Rute Menuju Lokasi

Telaga Biru Kuningan

Dengan pusat kota, jarak Situ Cicerem atau Telaga Biru Kuningan yaitu sekitar 2,4 km. Agar bisa sampai ke tempat wisata ini, anda bisa mengikuti rute berikut ini.

Jika anda pergi dari Kuningan atau arah Cirebon, jalan yang bisa anda lalui yaitu jalan H. Juanda. Lalu belok ke kiri arah Jalan Nanggelang-Cirahayu atau bisa juga Jalan RE Martadinata di Cijoho. Anda bisa mengikuti jalan hingga menemukan bunderan dekat Taman Kunci Bersama. Lalu belok ke arah kanan ke Jalan Siliwangi, berikutnya lurus sampai masuk ke Jalan Raya Jalaksana. Lalu terus berkendara hingga Jalan Raya Cilimus dan melihat bunderan Tugu Mandiracan. Ambil Jalan Mandiracan lalu ikuti jalurnya sampai Cirea. Belok ke arah kiri ke Jalan Cirea-Pasawahan hingga bertemu Tugu Macan Mandiracan. Belok lagi ke kiri dan anda akan tiba dipertigaan. Silakan belok ke kanan dan ikuti jalurnya. Anda akan melalui Paniis Singkup, serta Situ Pariuk. Apabila anda telah menemukan perempatan, belok ke kanan menuju Jalan Pasawahan. Setelah sampai di Polsek Pasawahan, belok ke arah kiri menuju Jalan Bina Lestari. Maju terus sampai melihat Tugu Desa Manunggal, lalu belok ke kiri dan berkendara sampai ke Jalan Kaduela. Sedikit lagi anda akan sampai di Telaga Biru.

Indahnya wisata Situ Cicerem atau Telaga Biru Kuningan ini wajib anda masukan ke daftar tempat wisata yang akan dikunjungi. Saat berada di sini anda akan takjub akan keindahannya. Suasananya yang indah akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.