Tampil Memukau Kontra Rusia, Wales Melaju Ke Babak 16 Besar Euro 2016

rusia-menang.jpg

Kekalahan sebelumnya merasakan kekalahan di laga bergensi Battle of Britain kala menjamu Inggris, akhirnya Wales bisa bernafas lega setelah mampu mencukur habis Rusia dengan skor 3-0 dalam laga penutup penyisihan grup dini hari tadi (21/6/2016). Dengan kemenangan tersebut, maka Wales berhak untuk melanjutkan perjalanan mereka menuju fase 16 besar EURO 2016 sekaligus menjadi tim pemuncak di grup B yang sebelumnya dipegang oleh Inggris.

Chris Coleman selaku pelatih dari Tim Nasional Wales mengungkapkan kebanggannya terhadap anak-anak asuhnya tersebut lepas pertandingan usai. Coleman mengungkapkan jika anak-anaknya bisa bermain dengan begitu gemilang dan sangat berani tampil terbuka menguasai pertandingan kala kontra Rusia tersebut. selain itu ia juga mengungkapkan jika kemenangan tersebut setidaknya bisa menjadi penawar luka kekalahan kala belaga bersama Inggris.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stadium Municipal, Toulouse tersebut, Timnas Wales yang diperkuat oleh salahsatu pemain terbaik dunia saat ini, yakni Gareth Bale sudah menunjukan dominasi mereka bahkan sejak menit-menit awal pertandingan dimulai. Terbukti dengan terciptanya gol Wales yang dicetak oleh Aaron Ramsey ketika pertandingan baru memasuki menit ke-11, ia berhasil mencetak gol setelah mampu memanfaatkan bola sodoran dari rekan timnya Joe Allen dengan baik. Setelah terciptanya gol pembuka tersebut berturut-turut kemudian gol kembali tercipta oleh Neil Taylor (20’) dan tentunya Gareth Bale (67’). Bukannya tanpa perlawanan, Rusia pun sebenarnya beberapa kali mencoba memperkecil ketertinggalan, bahkan hingga di menit-menit terakhir, namun meskipun demikian ternyata aksi tersebut tidak bisa merubah keadaan.

Keberhasilan Wales tampil sebagai tim yang mampu melenggang ke babak 16 besar ini tentunya sangatlah membanggakan, apalagi Wales saat ini masih berstatus tim debutan untuk tampil di EURO. Selain dengan itu, dengan keberhasilan ini, maka Wales juga kembali mencatatkan sejarah baru, pasalnya, ini merupakan kali pertama bagi Tim yang berjuluk The Dragons tersebut bisa berlaga di fase gugur turnamen berskala besar, setelah sebelumnya mereka pernah merasakan pengalaman tersebut di Piala Dunia tahun 1958. Berkaitan dengan hal terebut Chris juga mengungkapka jika ia merasa jika meskipun secara geografis mungkin Wales merupakan negara yang kecil namun jika dilihat dari permainan mereka malam itu pantaslah mereka dilihat sebagai sebuah negara benua.

Leave a Reply