Taman Nasional Meru Betiri: Rumah Bagi MakhlukHidup Langka dan Surga Untuk Petualang

Taman Nasional Meru Betiri – Pergi berlibur mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona tentu menjadi kegiatan yang amat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika di waktu yang sama anda berkesempatan berjumpa dengan aneka makhluk hidup langka yang juga hidup berdampingan bersama dengan kita.

Hal ini akan tentu menjadi bonus yang sulit di dapatkan karena yang namanya makhluk hidup langka biasanya keberadaannya amat sangat sulit ditemukan. Namun tidak bila anda berkunjung ke Taman Nasional Meru Betiri yang ada di Banyuwangi.

Taman Nasional Meru Betiri menyimak aneka ragam satwa dan tumbuhan langka yang bisa anda saksikan dengan baik. Di tambah dengan pemandangan pantai yang begitu elok dan ombak yang sangat bersahabat tentunya mengunjungi tempat yang satu ini akan menjadi pengalaman yang tak akan mudah dilupakan.

Anda yang punya jiwa petualang besar dan haus dengan rasa penasaran menjumpai aneka satwa dan tumbuhan langka maka disinilah tempat yang tepat untuk anda nikmati.

Yuk, ketahui lebih dalam tentang Taman Nasional Meru Betiri yang ada di Banyuwangi. Ulasan lengkapnya kami bagikan di bawah ini hanya untuk anda.

Taman Nasional Meru Betiri, Sekilas Pandang

Taman Nasional Meru Betiri

Taman ini adalah kawasan tempat dilestarikannya alam dan Taman Nasional Betiri juga punya ekosistem asli yang dikelola dengan sistem zonasi yang pemanfaatannya ditujukan untuk beberapa fungsi seperti penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan dan juga penunjang budidaya, bahkan tempat ini pun dijadikan kawasan wisata dan rekreasi yang menyenangkan. Meru Betiri merupakan salah satu taman nasional terbaik yang ada di Pulau Jawa.

Dengan luas kawasan mencapai 58 ribu hektar, tempat ini adalah rumah bagi banyak satwa dan tumbuhan langka. Taman Nasional Meru Betiri terdiri dari lima vegetasi diantaranya adalah hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa, hutan rheophyte dan hutan hujan dataran rendah. Maka tak berlebihan rasanya bila tempat ini seringkali punya julukan ‘Home of Biodiversity’.

Taman nasional ini merupakan rumah terakhir bagi habitat langka seperti harimau loreng Jawa dan 29 jenis mama liar dan 180 jenis burung yang kesemuanya termasuk ke dalam satwa yang dilindungi.

Satwa-satwa tersebut diantaranya adalah monyet ekor panjang, penyu lekang/ridel, banteng, bajing terbang ekor, macan tutul, ajag, merak, dan macan tutul. Adapula jenis satwa lainnya seperti penyu sisik, penyu hijau, kucing hutan, rusa, elang dan masih banyak lagi.

Seperti halnya slogan ‘Home of Biodiversity’ adapula banyak flora langka yang bisa dijumpai bila anda mampir ke tempat yang satu ini. Beberapa jenis flora langka yang bisa ditemukan diantaranya adalah bunga Raflesia, bakau, bungur, bendo, api-api, nyamplung dan beragam tumbuhan obat-obatan lainnya.

Selain rumah terakhir bagi beberapa makhluk hidup langka, Meru Betiri pun menjadi lokasi sempurna bagi para petualang alam bebas. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan bila mampir ke tempat yang satu ini. Seperti diantaranya hiking dan jungle tracking yang amat sangat menantang.

Asal-Usul Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Nama dari taman nasional ini diambil dari gunung yang ada di dalamnya yakni Gunung Meru yang punya ketinggian hingga mencapai 500 mdpl dan Gunung Betiri dengan ketinggian mencapai 1.223 mdpl. Kedua nama tersebutlah yang menginspirasi pemberian nama dari taman nasional dengan luas yang amat besar ini.

Sebelum dikembangkan oleh pemerintah seperti saat ini, jauh di masa lalu kekayaan satwa dan hutan alam di tempat ini telah lebih dulu memikat hari Pemerintah Belanda. Berdasarkan data sejarah yang dirangkum TNMB, menjelaskan Belanda sudah menjadikan Meru Betiri menjadi kawasan yang wajib dilestarikan sejak tahun 1929.

Hingga sampai saat ini, keberadaan Taman Nasional Meru Betiri merupakan rumah terakhir bagi banyak satwa dan tanaman langka lainnya.

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri terletak di pesisir Selatan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun secara administratif tempat ini berada di dalam wilayah Kecamatan Pasanggarahan, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Tak hanya menyaksikan keagungan Tuhan lewat pemandangan alamnya yang begitu surgawi. Tempat ini pun membuat anda bisa menikmati pemandangan alam dari makhluk hidup langka yang mungkin selama ini hanya kita saksikan di televisi.

Informasi tentang lokasi di atas menjadi hal penting yang perlu anda gali. Apalagi bagi anda yang memang berniat mengunjungi taman nasional yang satu ini. Cari tahu lebih dalam tentang kondisi jalan dan rute yang bisa anda ambil untuk bisa sampai ke tempat ini. Agar demikian, rencana perjalanan kali ini dapat berjalan dengan lancar dan terasa nyaman.

Harga Tiket ke Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Bagi anda yang berencana mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri biasanya harga tiket masuk akan berbeda-beda tergantung dari kewarganegaraan. Karena memang banyak turis asing yang tertarik mengunjungi tempat yang satu ini. Bagi wisatawan lokal yang ingin masuk ke tempat ini maka tiket masuknya hanya dikenakan tarif Rp. 2.000 sementara bagi wisatawan asing mereka akan dikenakan biaya Rp. 150.000.

Tanpa perlu mengajukan kartu identitas biasanya penjaga tiket akan tahu kewarganeraan kita dari bahasa yang digunakan. Namun demikian sesekali mereka mungkin meminta menunjukan kartu identitas anda maka demikian tidak ada salahnya membawa kartu identitas anda saat anda berpergian.

Jam Operasional Taman Nasional Meru Betiri

Selain informasi mengenai alamat, hal lain yang juga penting diketahui dengan baik bagi anda yang hendak berlibur adalah informasi tentang jam operasional agar demikian anda bisa datang di waktu yang tepat ketika tempat ini buka. Taman Nasional Betiri buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 sore hari.

Aktivitas Menarik di Taman Nasional Meru Betiri

Para petualang yang hendak menjajal nyali di Taman Nasional Meru Betiri ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat ini. Seperti diantaranya adalah:

Berkeliling Kawasan Hutan

Aktivitas pertama yang bisa anda lakukan di Taman Nasional Betiri adalah dengan berkeliling mengitari kawasan hutan untuk sekedar menikmati keindahan sambil mengeksplor semua keunikan yang ada di tempat ini. Udara sejuk di kawasan hutan dengan pemandangan alam yang menyenangkan menjadikan tempat ini nomor satu untuk dijajal bagi anda para pecinta alam.

Mengamati Tumbuhan Langka

Kapan lagi bisa menyaksikan secara langsung pemandangan tumbuhan langka seperti bunga Raflesia? Di tempat ini anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan mudah. Berbagai macam flora dan fauna langka pun ada di tempat ini.

Leave a Reply