Taman Bunga Nusantara: Review Lengkap Wisata Bertaraf Internasional

Banyak sekali lokasi wisata menawarkan berbagai keunikan dan ke eksotisan nya masing-masing. Mulai dari wisata unik, wisata alam, wisata buatan, wisata permainan dan sebagainya. Semuanya di hadirkan pada tujuan akhir, yaitu membuat para pengunjung tertarik dan takjub hingga sampai pada titik di mana pengunjung dapat menikmati lokasi wisata tersebut. Pada akhirnya di harapkan pengunjung dapat mendapatkan suguhan yang bisa menghilangkan rasa penat akibat rutinitas, dengan kata lain pengunjung bisa refresh.

Salah satu lokasi wisata di Indonesia yang menurut penulis bisa mewujudkan maksud pengunjung tersebut salah satu di antaranya adalah Taman Wisata Bunga Nusantara yang berlokasi di Jl. Mariwati No.KM, 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254. Dan bagi anda pecinta selfie dan photography, inilah “surga” bagi anda…atau bagi anda yang sedang bingung menentukan lokasi foto prewedding, maka lokasi ini saya rekomendasikan, karena selain banyak spot yang sangat indah nan romantis, juga bunga merupakan lambang rasa cinta.

taman-bunga-nusantara

Taman Bunga Nusantara

Kenapa Taman Bunga Nusantara dapat memberikan pengalaman wisata yang mengagumkan? karena penulis sendiri telah membuktikan langsung dengan mengunjungi lokasi wisata Jawa Barat tersebut dan mendapatkan pengalaman dan kepuasan tersendiri. Lokasi wisata begitu indah, sangat bersih, hijau karena rumput, tanaman, dan pepohonan terpelihara dengan rapi, penuh warna-warni bunga yang elok,  udara begitu segar, lokasi sangat luas kurang lebih 40 ha, fasilitas pendukung sangat lengkap (toilet, mushola, food court, arena bermain, arena piknik, penunjuk arah, peta lokasi, area parkir luas, terdapat kereta dotto/mobil wara-wiri dengan guide, pengeras suara dengan full musik non stop, dll). Jika harus menilai dari 1 hingga 10, maka lokasi  Wisata Taman Bunga Nusantara kami beri nilai 9.

Taman Bunga Nusantara Salah Satu Wisata Taman Terbaik di Indonesia. Kami beri nilai 9. Ketahui.com

Coba cek video berikut:

Ok, jika anda puas setelah melihat video tersebut, maka anda wajib melanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut dan guidance Taman Bunga Nusantara agar anda bisa lebih paham dan puas dalam menikmati lokasi tersebut.

Sejarah singkat Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara (TBN) berada di bawah naungan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Bunga Nusantara. Pada tahun 1992, Ketua Yayasan Bunga Nusantara saat itu yaitu Ibu Bustanil Arifin mencetuskan ide untuk membuat  lokasi agrowisata nasional dengan skala internasional.

Maka pada tahun 1992 mulailah di rintis pembangunan Taman Bunga Nusantara ini. Adapun tujuan dari pembangunan Taman Bunga Nusantara ini adalah:

  1. Membantu Pemerintah di bidang pembangunan agrowisata.
  2. Menyediakan fasilitas dan sarana untuk penelitian, pendidikan, dan meningkatkan  kreatifitas masyarakat.
  3. Membantu meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, pendapatan daerah dan masyarakat khususnya petani bunga.
  4. Melestarikan tanaman langka dan wawasan lingkungan hidup.
  5. Lapangan kerja masyarakat sekitar.
  6. Meningkatkan cinta masyarakat akan bunga sebagai sumber pendapatan dan kesejahteraan.
  7. Menyediakan tempat rekreasi yang sehat bagi wisatawan domestik dan mancanegara.
  8. Mencari sumber pertumbuhan baru di sektor pertanian. (Sumber)

Pada tanggal 10 September 1995, Taman Bunga Nusantara ini di resmikan oleh Presiden Soeharto

Daya Tarik Wisata Taman Bunga Nusantara

Jadi, apa saja daya tarik dari lokasi ini? jawabannya adalah banyak!!. Karena penulis merasa semua area yang terdapat di Taman Bunga Nusantara ini di sajikan dengan sangat menarik dan apik. Ada sekitar lebih dari 30 area wisata yang dapat anda nikmati, baik itu berupa taman maupun arena bermain.

peta taman bunga nusantara

Peta Taman Bunga Nusantara

Namun memang ada beberapa lokasi yang menurut penulis merupakan unggulan atau memang tempatnya sangat menarik untuk di kunjungi. Saya urutkan berdasarkan lokasi yang paling menarik menurut penulis, diantaranya:

1. Plaza Utama Taman Bunga Nusantara

Plaza Taman Bunga Nusantara

Plaza Taman Bunga Nusantara

Plaza Utama Taman Bunga Nusantara persis berada setelah pintu masuk. Ini area wajib untuk berfoto bagi para pecinta selfie, karena lokasi ini begitu indah. Terdapat bangunan utama dengan di depannya terdapat kolam berundak dan air terjunnya yang juga berundak dengan air sangat jernih, di lengkapi pula dengan air mancur. Kolam di batasi dengan mini taman di samping kiri dan kanan dengan bunga warna warni begitu indah.

Terdapat beberapa bangku duduk yang dapat membuat anda lebih santai menikmati keindahan plaza utama ini. Di sebelah kanan terdapat cafe dengan patio di luarnya, lebih lengkap menikmati keindahan plaza utama sembari ditemani oleh secangkir kopi hangat.

Kemudian di sebelah kiri plaza utama Taman bunga Nusantara terdapat taman merak (Peacock Topiary) yang begitu menawan

Plaza Utama Taman Bunga Nusantara

Plaza Utama Taman Bunga Nusantara

Taman Merak ini memang merupakan perwujudan dari Burung Merak itu sendiri di mana badannya di buat dari kerangka yang di selimuti oleh tanaman merambat. Yang sangat indah adalah bentuk ekornya. Dimana deretan bunga dan tanaman hias di susun rapih sedemikian rupa hingga membentuk ekor burung merak. Sungguh mengagumkan !

Taman merak taman bunga nusantara

Taman Merak Taman Bunga Nusantara

2. Musical Fountain

Air Mancur Taman Bunga Nusantara

Air Mancur Taman Bunga Nusantara

Musical Fountain atau Air Mancur Musikal, menurut keterangannya sih air terjun ini bergerak, meliuk-liuk mengikuti irama musik yang sedang di mainkan. Namun ketika penulis perhatikan, sebetulnya gerakan air mancur ini gerakannya tidak sepenuhnya mengikuti alunan musik, jadi mungkin baiknya di sebut air mancur yang disertai irama musik saja. Air mancur ini bergerak dan menyemburkan airnya ke kanan ke kiri, meliuk-liuk, kadang menyembur ke atas dengan sangat tinggi, di iringi dengan musik.

Lokasi Musical Fountain ini berada di tengah area wisata Taman Bunga Nusantara. Air mancur cukup besar dengan pancuran air yang tingi, di kelilingi oleh boulevard yang cukup luas dan juga di lengkapi oleh fasilitas bangku duduk, sehingga anda akan sangat menikmati air mancur ini dengan nyaman dan relax. Di sekeliling air mancur ini terdapat taman bunga yang cukup indah dan hamparan rumput hijau yang sangat luas dan rapih, cukup menyegarkan bagi mata anda.

View dari Musical Fountain

View dari Musical Fountain

Karena lokasi Musical Fountain ini berada di tengah area wisata, maka dari lokasi ini anda bisa melihat ke sekeliling area Wisata Taman Bunga Nusantara yang begitu hijau dan asri. Oh ya, air mancur ini beratraksi pada saat jam-jam tertentu. Jadi pastikan ketika anda datang ke lokasi ini saat jam atraksi sedang berlangsung. Silahkan di tanyakan ke bagian informasi.

3. French Garden ( Taman Perancis)

Taman perancis

Taman Perancis

Taman Perancis ini berlokasi di jalur sebelah kiri sebelum area musical fountain. Taman Perancis ini di buat dengan gaya renaissance atau ala eropa lazimnya. Di mana biasanya taman-taman tersebut mengedepankan keseimbangan atau simetrical dengan titik pusatnya adalah dengan kehadiran fountain atau air mancur di tengahnya.

Taman Perancis

Taman Perancis

Bunga-bunga berderet mengikuti garis-garis simetris yang ada dengan di batasi oleh tanaman hijau, menjadikan taman ini cukup indah dan wajib di kunjungi. Mungkin Taman ini bisa jadi miniatur nya taman Chateu de Versailles.

4. Rose Garden (Taman Mawar)

Taman Mawar Taman Bunga Nusantara

Taman Mawar Taman Bunga Nusantara

Bagi anda penggemar bunga mawar, inilah “surga” bagi anda. Karena beragam jenis bunga mawar hadir di taman ini. Sangat indah dan bisa di jadikan sebagai lokasi berfoto ria. Lokasi Taman Mawar ini bersebrangan dengan Taman Perancis.

Taman Mawar

Taman Mawar

Bunga mawar dari berbagai jenis dan berbagai negara ini tersusun rapi dalam setiap kolom kotak yang masing-masing di batasi oleh tanaman hijau. Di ujung taman ini terdapat fountain. ‘Tolong jangan di petik yah bunganya..

5. Taman Labyrinth

taman-labirynth

Peta Taman Labirynth

Taman labyrinth adalah sebuah taman yang di bentuk sedemikian rupa untuk menciptakan sebuah teka teki bagi orang yang memasukinya. Tujuan taman ini adalah menciptakan sebuah permainan agar orang yang memasukinya dapat mencapai sebuah taman yang indah yang berada di tengah-tengah taman labyrinth. Setiap orang yang memasukinya harus menemukan jalan yang benar agar sampai ke taman yang berada di tengah. Banyak jebakan-jebakan jalan yang di buat yang membuat orang tersesat dan menjadi pusing untuk mencari jalan yang benar.

Taman labyrinth ini cukup menarik terutama bagi anak-anak, tapi kalau bisa dampingi anak agar ketika tersesat tidak ketakutan dan malah menangis. Taman labyrinth ini cukup luas, kurang lebih 1 hektare, jadi taman ini cukup menantang. Banyak saya lihat, jalur-jalur yang rusak karena mungkin di terobos oleh pengunjung yang frustasi karena tersesat.

Namun jangan khawatir, ada trik yang bisa anda gunakan agar menemukan jalan yang benar dengan lebih mudah. Caranya yaitu dengan mem-foto peta labyrinth yang berada persis di pintu masuk taman. Foto-lah peta tersebut dengan menggunakan handphone anda, kemudian gunakan hasil foto tersebut sebagai penunjuk arah. Saya coba cara ini dan tak lebih dari 5 menit saya telah sampai di tujuan utama labyrinth yaitu taman yang berada di tengah. Atau cara lain adalah dengan terlebih dulu anda menaiki menara pandang (viewing tower) yang berada di dekatnya hingga ke lantai paling tinggi, kemudian dari sana anda bisa melihat jalan mana yang benar yang harus anda lewati agar mencapai taman tujuan.

Baca juga: 7 Pesona Goa Gong Pacitan Sebagai Goa Terindah Di Asia Tenggara

6. Viewing Tower (Menara Pandang)

menara-pandang-taman-bunga-nusantara

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara

Menara ini cukup tinggi terdiri dari lima lantai, lokasinya dekat dengan taman labyrinth. Terdapat anak tangga dan lift di tengahnya untuk mencapai ketinggian tertentu. Namun sayang pada saat penulis berkunjung lift yang tersedia tidak bisa di gunakan, entah karena memang rusak atau memang sedang tidak di fungsikan, sehingga terpaksa harus menaiki anak tangga.

menara-pandang

Pemandangan di Sekitar Menara Pandang

Dari menara ini kita bisa melihat ke sekeliling Taman Bunga Nusantara dengan jelas. Pemandangan yang indah, asri nan hijau akan kita dapatkan dari menara ini. Oleh karena itu siapkan kamera atau handphone anda untuk mengabadikan pemandangan yang indah tersebut.

7. Taman Karpet Bunga dan Dinosaurus Topiary

taman-karpet-bunga-taman-bunga-nusantara-min

Taman Karpet danDinaousaurus

Taman karpet bunga dan Dinosaurus Topiary ini berada dekat dengan plaza utama Taman Bunga Nusantara. Jadi ketika anda sudah melewati plaza utama lalu berjalan ke sebelah kiri, maka anda akan menemukan taman ini.

Taman karpet bunga ini berbentuk sebuah hamparan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni yang disusun sedemikan rupa menyerupai sebuah karpet, cukup indah memang. Kemudian di sebelahnya terdapat replika dinaosaurus dari berbagai jenis tanaman. Spot ini sangat asyik dan cocok sebagai lokasi berfoto ria bagi anak-anak.

8. Taman Air

taman-air

Taman Air

Lokasi taman air berada di sebelah kiri berseberangan dengan taman dinosaurus persis setelah Plaza Utama Taman Bunga Nusantara. Taman air ini berupa sebuah kolam cantik yang cukup luas yang di tanami dengan berbagai jenis bunga teratai.

Yang cukup menarik adalah bunga teratai yang berada di taman air bentuknya sangat besar terutama daun daunnya yang mengambang di permukaan air. Terdapat bangku duduk di sebelah kolam, cukup romantis jika kita berada di lokasi ini duduk berdua di bangku, sembari melihat pemandangan yang ada.

9. Taman Jam

taman-jam

Taman Jam

Taman jam ini lokasinya berada persis di depan dari plaza utama Taman Bunga Nusantara. Taman ini memang berbentuk jam sangat besar dengan diameter 10 meter. Di sekeliling jam di hiasi dengan bunga warna-warni. Jam ini khusus di desain oleh orang Jepang yang bernama Hamana Yosuke

10. Danau Angsa

danau-angsa

Danau Angsa

Danau Angsa ini lokasinya berada di tengah-tengah Taman Bunga Nusantara setelah taman jam. Danau ini cukup luas dengan berbagai macam angsa dan ikan di dalamnya. Terdapat pula patung Dewi Kunti yang sedang membentangkan tangannya. Namun, patung ini sepertinya mau roboh, karena bagian belakangnya sudah keropos, makanya di bentangkan police line.

Danau juga di lengkapi dengan amphitheater, jadi berbagai pertunjukan bisa di gelar. Jika berkunjung ke danau ini, jangan lupa bawa makanan, untuk kasih makan ikan, karena momen ikan berebutan makan cukup asyik juga.

danau-angsa-taman-bunga-nusantara

Kasih Makan Ikan

11. Taman Jepang

Lokasi Taman Jepang berada di jalur sebelah kanan sebelum rumah kaca. Berbeda dengan taman lainnya yang umumnya berbentuk terbuka, Taman Jepang bentuknya tertutup dengan di batasi benteng di sekitarnya, dan terdapat gerbang utama khas Jepang untuk memasukinya. Mungkin salah satu maksud di bentengnya taman ini agar menghadirkan nuansa khas Taman Jepang yaitu hening.

Taman ini menghadirkan suasana Jepang, seperti terdapatnya tanaman bonsai, kolam ikan koi, jembatan dan bangunan yang di bangun sesuai arsitek Jepang. Dan memang perancang taman ini juga asli dari Jepang yang juga perancang taman jam yaitu Hamana Yosuke.

Jadi gak usah jauh-jauh ke Jepang untuk mendapatkan nuansa Jepang, datang saja ke Taman Bunga Nusantara.

12. Taman Bali

Taman Bali ini berlokasi tidak jauh dari lokasi menara pandang. Saat akan memasuki area Taman Bali anda akan di sambut oleh gapura khas Bali. Di dalam area Taman Bali ini terdapat beberapa bangunan khas Bali dan juga beberapa patung. Taman Bali banyak di hiasi oleh tanaman khas Bali yaitu kemboja dan bunga sepatu

13. Taman Amerika

Lokasi Taman Amerika berada di jalur sebelah kiri setelah Taman Mawar atau berseberangan dengan Air Mancur Musikal. Taman ini menyajikan berbagai bentuk taman dan bunga khas Amerika dengan di hiasi oleh beberapa miniatur hewan yang di bentuk dari beberapa tanaman.

14. Taman Mediterania

Lokasi Taman Mediterania berada di jalur kanan sebelum Taman Bali. Taman ini menghadirkan suasana mediterania atau padang pasir. Berbagai tanaman kaktus hadir di taman ini. Taman ini di hiasi dengan hamparan batu dan pasir putih yang cukup luas.

Baca juga: Lereng Anteng Panoramic Coffee yang Unik dan Cozzy

15. Rumah Kaca

Lokasi rumah kaca merupakan lokasi pertama dari jalur sebelah kanan. Untuk memasuki rumah kaca anda harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-. Rumah kaca ini sangat luas kurang lebih 2.000 meter persegi dengan 3.000 panel kaca mengelilinginya. Menampung ribuan bunga dari berbagai belahan penjuru dunia. Rumah kaca ini cukup modern, di mana pengaturan suhu, kelembaban dan intensitas cahaya yang dapat di atur secara otomatis.

16. Taman Palem

Lokasi Taman Palem berada di jalur sebelah kanan sebelum Taman Bali. Taman ini menghadirkan beragam jenis palem dari seluruh dunia, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Jika anda ingin mengetahui palem yang di tanam di pinggiran jalan Beverly hills, Amerika anda juga bisa melihatnya di Taman Palem Taman Bunga Nusantara ini

Fasilitas Pendukung Taman Bunga Nusantara

Fasilitas pendukung dari Taman Bunga Nusantara ini sudah cukup lengkap dan baik, di antaranya:

  1. Area Parkir yang cukup luas. Area Parkir Taman Bunga nusantara dapat menampung lebih dari 500 mobil dan motor, juga di sediakan areal parkir bus. Area parkir ini juga di lengkapi dengan patung angsa yang cukup menarik dengan bunga di sekelilingnya.

    area-parkir-taman-bunga-nusantara

    Area Parkir TBN

  2. Arena Bermain. Bagi yang membawa anak-anak, setelah mengunjungi aneka taman, anda bisa membawa buah hati ke bagian ujung dari Taman Bunga Nusantara yang dinamakan Taman Imajinasi. Terdapat lebih dari 15 arena bermain untuk anak-anak, di mulai dari ATV, bomb-bomb car, kincir angin, kereta mini, eBike, mini cart, bath ball, mini forklift, Go Cart, super boat, mancing mania, berkuda dsb. Untuk arena bermain tambahan tiket masuk masing-masing arena bervariasi dari mulai Rp.15.000,- Rp.50.000,-

    arena-bermain-taman-bunga-nusantara

    Arena Bermain

  3. Tempat Makan. Taman Bunga Nusantara menyediakan berbagai aneka makanan baik berbentuk restoran, cafe atau food court, bahkan jajanan untuk anak pun cukup lengkap. Mulai dari khusus menu ayam, menu mie, menu ikan dsb. Jadi tidak perlu khawatir jika saat menikmati Taman Bunga Nusantara tiba-tiba perut keroncongan, anda dengan mudah bisa menemukan tempat makan.
    rumah-makan-mie-taman-bunga-nusantara

    Rumah Makan Mie

    cafe-ayam-taman-bunga-nusantara

    Cafe Ayam

  4. Area Piknik. Bagi anda yang hobby piknik dengan menggelar makanan dan minuman di areal hijau, maka Taman Bunga Nusantara adalah tempat yang tepat. Taman Bunga Nusantara menyediakan banyak area piknik di sekitar area wisata. Anda bisa membawa bekal makanan dan menggelar tikar di area hijau nan teduh.
    area-piknik-taman-bunga-nusantara

    Lokasi Piknik

    lokasi-piknik-taman-bunga-nusantara

    Area Piknik

  5. Kendaraan keliling. Taman Bunga Nusantara menyediakan tiga jenis kendaraan untuk mengelilingi atau antar jemput pengunjung, yaitu Dotto Train, Garden Tram dan Mobil Wara-Wiri. Untuk tarif Dotto Train dan Garden Tram sebesar Rp. 50.000,- sudah termasuk tiket masuk taman wisata, jadi harus booking saat masuk, sedangkan mobil wara-wiri tikenya sebesar Rp.5000,-. Untuk Garden Tram sudah di lengkapi dengan panduan yang di rekam, yang menjelaskan secara singkat berbagai area wisata yang di lewati.

    kendaraan-keliling-taman-bunga-nusantara

    Garden Tram

  6. Musholla. Terdapat di beberapa lokasi baik di main gate, jalur kiri, jalur kanan dan di taman imajinasi, sehingga memudahkan Muslim melaksanakan ibadah Sholat.
  7. Toilet. Cukup banyak tersedia baik untuk laki-laki dan perempuan dengan kondisi toilet yang cukup bersih dan terawat.
  8. Penunjuk Jalan. Terdapat banyak papan penunjuk jalan menuju ke berbagai lokasi untuk memandu pengunjung. Selain itu tiket masuk sudah termasuk brosur yang berisi peta Taman Bunga Nusantara.

    penunjuk-jalan-taman-bunga-nusantara

    Penunjuk Jalan

  9. Poliklinik. Terdapat layanan kesehatan yang fungsi utamanya memberikan pertolongan pertama kepada para pengunjung yang mengalami kecelakaan atau sakit.
  10. Pengeras Suara. Terdapat beberapa pengeras suara di berbagai lokasi yang berfungsi memberikan aneka informasi dan pengumuman. Selain itu pengeras suara ini sering mengalunkan aneka lagu dan musik, sehingga anda akan di temani musik dan lagu saat menikmati area wisata.

    pengeras-suara-taman-bunga-nusantara

    Pengeras Suara

  11. Bursa Bunga. Terdapat juga bursa bunga yang lokasi nya di sebelah kanan bangunan utama sebelum pintu masuk. Menyediakan beraneka ragam bunga yang bisa di beli, terutama anggrek.
  12. Galeria. Menyediakan berbagai macam pernak pernik khas yang bisa di beli sebagai oleh-oleh.
  13. Gedung Serbaguna Saung Aki. Gedung ini dapat di gunakan untuk berbagai acara seperti hajatan pernikahan.
  14. Wisma Saung Nini. Bagi yang ingin menginap di Taman Bunga Nusantara, maka Wisma Saung Nini adalah pilihannya. Menyediakan berbagai tipe kamar juga tenda penginapan. Selain itum wisma ini juga bisa dijadikan sarana untuk meeting.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Tiket Masuk (update Januari 2019)

Harga Tiket masuk per orangnya Rp.40.000,- berlaku baik hari libur atau weekend dan hari biasa. Tiket sudah termasuk brosur dan peta guidance Taman Bunga Nusantara. Dengan tiket masuk ini anda bisa menikmati arena wisata aneka taman yang terdapat di dalam Taman Bunga Nusantara. Kecuali beberapa lokasi dan fasilitas yang memerlukan tiket tambahan.

Tiket Tambahan (optional)

  • Dotto Train Rp.50.000 (sudah termasuk tiket masuk)
  • Garden Tram Rp.50.000 (sudah termasuk tiket masuk)
  • Mobil Wara-wiri Rp. 5.000,-
  • Rumah Kaca Rp.5000,-
  • Arena bermain alam imajinasi, variatif tergantung jenis permainan antara Rp.15.000 – Rp. 50.000

Tiket Parkir Kendaraan

  • Mobil Rp.15.000,-
  • Mini Bus Rp. 20.000,-
  • Bus Rp.25.000,-
  • Motor Rp.10.000

Jam Operasional

  • Dari jam 08.00 – 17.00 (hari biasa)
  • Dari jam 08.00 – 17.30 (weekend dan hari libur)

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara beralamat di Jl. Mariwati No.KM, 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

Rute Dari Jakarta Menuju Taman Bunga Nusantara

Jika anda berangkat dari Jakarta, maka anda harus melewati tol Jagorawi, lalu keluar menuju jalur exit tol Taman Safari/Puncak/Bandung menuju Pertigaan Gadog. Dari pertigaan Gadog ini jarak menuju Taman Bunga Nusantara kurang lebih 39 km dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 30 menit.

Jika tidak sedang tutup buka jalur puncak (biasanya weekend), maka anda dari Pertigaan Gadog terus lurus menuju Jalan Ciawi – Puncak – Cianjur. Namun jika sedang tutup buka, anda di arahkan untuk belok kanan menuju Jl Gadog, kemudian setelah 3 km anda belok kiri menuju Jl. Pertanian sebagai jalur alternatif puncak. Terus ikuti jalur ini hinga kemudian nanti anda akan kembali bertemu dengan jalan raya Puncak.

Setelah menempuh perjalan kurang lebih 30 km anda akan menemukan petunjuk jalan menuju Taman Bunga Nusantara, dan dari penunjuk jalan tersebut setelah 50 meter terdapat pertigaan dan jalan belok ke kiri menuju Jl. Palasari.

penunjuk-arah-taman-bunga-nusantara

Penunjuk Jalan

Namun jika anda menggunakan Google Maps, anda tidak di arahkan melalaui jalur ini, alih-alih anda akan di arahkan untuk terus lurus dan belok kirinya setelah Alfamart menuju Jl. Jeprah.

menuju-jeprah-taman-bunga-nusantara

Menuju Jl. Jeprah

Saya tidak tahu kenapa Google Maps mengarahkan ke jalur ini dan saya pun belum tahu bagaimana kondisi yang melalui Jalam Palasari. Karena Kami baru pertama kali,  maka kami mengikuti saja jalur yang di arahkan oleh Google Maps. Jalur Jeprah lumayan kecil, jika anda menggunakan mobil, maka harus berhati-hati jika ada mobil dari arah berlawanan. Anda terus ikuti Jalan Jeprah ini kurang lebih sepanjang 3 km, hingga bertemu dengan pertigaan Jalan Mariwati. Anda kemudian belok kiri dan terus lurus ikuti jalan ini sejauh kurang lebih 5 km.

jalan-jeprah-taman-bunga-nusantara

Kondisi Jalan Jeprah

Jalan Mariwati yang paling tidak menyenangkan adalah saat anda melewati Pasar Cibadak hingga perempatan Jalan Hanjawar. Disini saya terjebak macet hinga setengah jam. Banyaknya angkot yang ngetem, banyaknya orang dan motor lalu lalang  dan menyeberang, parkiran kendaraan pasar meluber hingga ke bibir jalan di tambah dengan Jalan Mariwati yang cukup kecil , jadinya lengkap sudah kemacetan terjadi. Jika ada saran jalur lain, silahkan tulis di kolom komentar ya..

pasar-cibadak

Pasar Cibadak

Setelah melewati keruwetan Pasar Cibadak, anda terus lurus kurang lebih 3 km hingga anda akan menemukan Gapura bertuliskan Kawasan Taman Bunga Nusantara. Akhirnya…..

Rute Dari Bandung Menuju Taman Bunga Nusantara

Jika anda berangkat dari Bandung, anda bisa melalui jalan Tol Purbaleunyi kemudia keluar di Padalarang. Anda bisa meneruskan jalur menuju Cianjur. Kemudian setelah menempuh perjalan 32 km di Jalan Nanggeleng-Cirahayu anda belok kanan menuju Jalan Cibogo Ciranjang hingga menuju Jalan Cinangsi.

Di daerah Mekargalih anda akan menemukan pertigaan yang menuju Jl. Mariwati. Dari sini anda akan menempuh perjalan kurang lebih 15 km. Gak ada macet, namun yang perlu di catat adalah, di jalan ini nanti anda akan melewati perkebunan sawit dengan jalan yang sangat berkelok-kelok dan sangat sepiiii..sekali banget dah. Jadi perlu ekstra waspada saat melewati jalur ini, usahakan jangan melewati jalur ini saat malam hari. takuuutt..Namun untungnya, jalur ini sebagian besar sudah baik, karena sebagian besar jalannya sudah di beton. Aneh juga jalan perkebunan tapi di beton…tapi salut.

Hotel Dekat Taman Bunga Nusantara

Jika anda berniat menginap, maka saya sarankan adalah Wisma Saung Nini. Karena Wisma ini masih milik Taman Bunga Nusantara dan lokasinya bersebelahan dengan Taman Bunga Nusantara. Namun jika anda ingin alternatif lain, ada beberapa pilihan:

  1. Villa Permata Hotel & Resort. Alamat: KM 7.5 Desa Cikanyereh, Jalan Mariwati, sukaresmi, Cipanas, Cikanyere, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254, telp 0878-8513-0353. Google Review 4.3 sangat baik. Jarak ke Taman Bunga Nusantara 7 menit.
  2. Club Bali Java Highlands Resort. Alamat: Jl. Mariwati Km.7.5, Cikanyere, Sukaresmi, Pakuon, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254 telp (0263) 2580016. Google Review 4.0 sangat baik. Jarak ke Taman Bunga Nusantara 4 menit
  3. Wisma Kompas Gramedia. Alamat: Jl. Raya Pacet No.37, Cipanas, Cipendawa, Pacet, Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253 telp (0263) 511532. Google Review 4.3 Sangat baik. Jarak ke Taman Bunga Nusantara 16 menit.

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara

  1. Usahakan berkunjung di hari biasa (weekday). Di tempat wisata manapun weekend dan hari libur merupakan puncak kunjungan. Dan padatnya pengunjung biasanya mengurangi nikmatnya berwisata. Dan weekend atau hari libur juga puncak kemacetan jalur-jalur yang akan di lewatinya, yang bisa membuat waktu anda tersita di perjalanan, kecuali anda akan menginap. Begitu juga di Taman Bunga Nusantara. Lengangnya pengunjung di hari biasa akan menambah nikmatnya anda dalam menikmati berbagai keindahan di Taman Bunga Nusantara.
  2. Luangkan banyak waktu. Usahakan jangan berkunjung ke Taman Bunga Nusantara hanya 1-2 jam saja. Taman Bunga Nusantara sangat luas (42 hektar), tidak cukup untuk explore dan menikmatinya hanya dalam waktu 1-2 jam saja. Kalau perlu seharian, pagi anda explore jalur kiri, siang istirahat, sholat dan makan di alam imajinasi atau di area piknik, kemudian lanjut explore jalur kanan dan tengah hingga sore hari.
  3. Bawa makanan dari rumah. Taman Bunga Nusantara menyediakan beberapa lokasi piknik yang sangat nyaman dengan hamparan rumput hijau dan gazebo-gazebo indah. Sayang untuk di lewatkan. Meskipun tersedia beberapa resto dan cafe, namun tidak ada salahnya anda membawa juga makanan dari rumah, selain menghemat, toh saya tidak melihat adanya larangan untuk membawa makanan (betul gak yah…?)
  4. Usahakan tidak menggunakan Dotto Train atau Garden Tram. Bukan berarti kendaraan tersebut jelek, malah bagus karena di lengkapi panduan, namun dengan jalan kaki anda akan lebih puas menikmati satu lokasi wisata ke lokasi wisata lainnya. Dengan jalan kaki anda bisa berlama-lama ber foto ria di seluruh area wisata, bebas menentukan ke area wisata mana yang anda inginkan. Dan dengan berjalan kaki anda makin sehat dan menghemat uang pula, lumayan hemat sepuluh ribu:)..
  5. Jangan kotori Taman Bunga Nusantara. Baik itu vandalism atau buang sampah sembarangan. Taman Bunga Nusantara sangat bersih dan terawat, jagalah kebersihan itu agar keindahan Taman Bunga Nusantara makin terjaga, karena bisa jadi Taman Bunga Nusantara menjadi wisata kebanggaan kita, karena juga banyak turis-turis asing yang berkunjung ke lokasi ini.
  6. Jangan petik bunga.Kecuali seizin petugas di sana. Kalau ingin bunga, lebih baik beli saja di bursa bunga, banyak pilihan bunga yang bisa anda beli.
  7. Perhatikan batere handphone atau kamera anda, apalagi sampai ketinggalan. Begitu banyak lokasi indah di Taman Bunga Nusantara, jangan sampai momen tersebut terlewatkan gara-gara batere habis.

Kesimpulan

Taman Bungan Nusantara tujuan awal berdirinya adalah sebagai agrowisata lokal yang bertaraf internasional. Dan kami menilai bahwa Taman Bunga Nusantara memang layak sebagai wisata kelas internasional.

Lokasi wisata begitu indah, sangat bersih, hijau karena rumput, tanaman, dan pepohonan terpelihara dengan rapi, penuh warna-warni bunga yang elok,  udara begitu segar, lokasi sangat luas kurang lebih 40 ha, fasilitas pendukung sangat lengkap (toilet, mushola, food court, arena bermain, arena piknik, penunjuk arah, peta lokasi, area parkir luas, terdapat kereta dotto/mobil wara-wiri dengan guide, pengeras suara dengan full musik non stop, dll).

Harga tiket masuk sangat affordable. Dengan Rp.40.000,- saya merasa cukup puas menikmati berbagai keindahan yang di sajikan. Jadi, Taman Bunga Nusantara sangat di rekomendasikan untuk di kunjungi.

Info Tambahan

Taman Bunga Nusantara Cianjur

Alamat

Taman Bunga Nusantara beralamat di Jl. Mariwati No.KM, 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

No Telp.

  • +62 263 581 617
  • +62 263 581 618

Web Resmi

http://www.tamanbunga-nusantara.com/

Email:

tamanbunganusantara@yahoo.co.id

Taman Bunga Nusantara: Review Lengkap Wisata Bertaraf Internasional - Ketahui.com
Taman Bungan Nusantara tujuan awal berdirinya adalah sebagai agrowisata lokal yang bertaraf internasional. Dan kami menilai bahwa Taman Bunga Nusantara memang layak sebagai wisata kelas internasional.
Editor's Rating:
5

Leave a Reply