Tak Hanya Kuliner, Padang Pun Surganya Tempat Wisata

Tak Hanya Kuliner, Padang Pun Surganya Tempat Wisata – Mendengar kata Padang kita semua mungkin langsung teringat dengan hidangan makanan rendang dan sajian nasinya yang begitu khas. Betapa tidak, restoran atau rumah makan Padang hampir tersebar di seluruh pelosok di tanah air. Cita rasa masakan Padang yang lezat bahkan sudah diakui dunia internasional yang mana menjadikan sajian ini sebagai salah satu makanan terlezat yang ada di dunia.

Besarnya popularitas dari hidangan masakan Padang membuat banyak orang lantas penasaran mencari lebih dalam tentang kebudayaan dan banyak hal uniknya dengan menyambangi Padang. Dan siapa menyangka setelah berkunjung ke ibukota Sumatra Barat ini, Padang rupanya menyimpan segudang tempat wisata yang dijamin menarik disambangi para traveler.

Tak Hanya Kuliner, Padang Pun Surganya Tempat Wisata

Jam Gadang yang ada di Bukitinggi adalah salah satunya. Namun selain itu, ada begitu banyak destinasi wisata yang lebih menarik di Padang yang bisa anda kunjungi untuk liburan yang mungkin sedikit berbeda dari liburan-liburan anda sebelumnya. Namun dijamin menyambangi kota ini anda pasti akan dibuat kagum dengan pemandangan surgawinya yang sulit untuk dilupakan.

Penasaran apa saja daftar tempat wisata di Padang Sumatra Barat yang bisa anda sambangi ketika berlibur ke tempat ini? Maka mari simak informasinya di bawah ini.

Banto Rayo

Banto Rayo

Pernah membayangkan sensasi berjalan di atas jembatan papan untuk mengelilingi perairan dan hutan bakau dengan nuansa yang alami dan natural? Well, anda bisa mencoba pengalaman tersebut dengan mengunjungi Taman Wisata Banto Rayo Kota Tengah di Tilatang Kamang Agam. Tempatnya yang teduh dengan pemandangan perairan yang begitu menakjubkan akan dijamin membuat setiap mata jatuh cinta mendapatkan pemandangan yang demikian.

Uniknya, sebelum disulap menjadi kawasan wisata yang menakjubkan seperti saat ini. Sebelumnya Banto Rayo adalah sebuah lahan mati di Kaki Bukit Langkuang. Namun demikian, objek wisata yang diresmikan pada oktober tahun lalu ini siap memanjakan dahaga para traveler alam dengan pemandangan yang elok.

Selain sejuknya udara di Banto Rayo, di tempat ini anda pun bisa berselfie ria bersama dengan latar belakang pemandangan alam dan perairan yang menarik. Jangan lupa siapkan gadget berfoto anda selengkap-lengkapnya dan temukan angle yang tepat untuk bisa menghasilkan jepretan yang menakjubkan.

Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Menyusuri gugusan stalaktit dan stalakmit yang nyentrik dan menarik bisa anda jumpai bila berkunjung ke Goa Batu Kapal di Solok Selatan. Banyak orang memberikan kesan bahwa ini adalah hasil lukisan mahakarya alam yang mempesona. Hal ini dikarenakan dinding-dinding disepanjang goa maupun permukaan tebing Goa Batu Kapal berhiaskan guratan dengan motif yang begitu cantik.

Pemandangan semacam inilah yang seolah membuat kita setuju bahwa alam sendiri punya kemampuan berkarya seni yang amat mengagumkan. Lokasinya ada di Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di perbataan antara Sumatra Barat dan Jambi. Tempat wisata berbentuk goa ini sebenarnya sudah ada sejak lama  karena Goa Batu Kapal sendiri sudah ditemukan sejak tahun 1984 yang lalu.

Namun pada saat itu, tidak terlalu banyak orang melirik keindahan di tempat ini sebab akses jalan dan keterbatasan informasi yang diberikan untuk bisa menuju tempat ini. Namun belakangan banyak orang tertarik menyambangi tempat ini karena banyaknya informasi dari sosial media.

Untuk penamaan Batu Kapal sendiri sebenarnya di tempat ini terdapat empat bongkahan batu kapur besar. Namun hanya ada dua dengan ukuran yang terbesar di goa tersebut. Masyarakat disekitaran menamakannya dengan Batu Kapal. Hal ini dikarenakan bentuknya yang sekilas mirip dengan kabin kapal yang cantik. Pertama kali masuk ke bibir Goa anda akan disambut dengan kawanan butung walet dan kelelawar yang berterbangan di dinding atas goa.

Tak perlu khawatir bila anda hendak berkunjung ke tampat ini sebab kini pihak pengelola sudah mulai memberikan fasilitas berupa kedai-kedai kecil di bagian depan pintu goa. Selain itu beberapa fasilitas seperti tempat sampah, free guide pun bisa anda nikmati di tempat ini.

Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan

Surga tersembunyi yang ada di Sumatra Barat, mungkin itulah kata yang tepat menggambarkan betapa mewah dan eloknya tempat yang satu ini. Bila anda sedang berada di Padang dan mendamba mengunjungi tempat wisata yang menarik maka jangan lewatkan Pulau Pamutusan. Berlokasi di kawasan Bungus di Teluk Kabung, Padang. Perjalanan menuju tempat ini dapat ditempuh dengan waktu 1 jam dari kota padang menggunakan transportasi laut.

Pulau yang punya luas sekitar 8 hektar ini punya pasir putih yang halus dengan pemandangan pohon kelapa yang begitu elok. Tak lupa tanaman mangrove serta perbukitan hijau pun semakin menyempurnakan tempat wisata yang satu ini.

Adapun pemberian nama Pulau Pamutusan rupanya terinspirasi dari kondisi pulau yang terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan berpasir pada saat air laut dalam kondisi surut. Bila anda tertarik menyambangi pulau ini anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 per orang. Biaya tersebut adalah retribusi kebersihan untuk menjaga kawasan pulau tetap asri dan bersih.

Selain itu, anda pun dapat menikmati beberapa kegiatan yang menyenangkan dengan fasilitas yang disediakan seperti halnya snorkling dan masih banyak lagi. Untuk tempat menginap pun di tempat ini sudah ada banyak penginapan sehingga anda tidak perlu kesulitan mencari tempat tinggal sementara saat berlibur ke tempat yang satu ini.

Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid Raya Sumatra Barat

Selain pemandangan alam dan panorama pantai dan pulau-pulau kecil yang ada di Padang. Anda pun dapat menikmati pemandangan yang unik dan megah dari bangunan tempat ibadah para Muslim yakni Masjid Raya Sumatra Barat. Berbeda dari masjid-masjid lainnya, ikon terbaru kota Padang ini punya bentuk yang mengadopsi rumah adat Minangkabau yang unik. Karena keunikan inilah banyak orang tertarik menyambangi tempat ini baik untuk beribadah atau hanya sekedar mengagumi keindahan mesjid di bagian sekitarannya.

Bahkan untuk sebagian orang, mesjid raya ini banyak dijadikan destinasi wisata religi. Tak heran bila di area parkiran kendaraan akan banyak rombongan bus yang sengaja ingin menyambangi tempat ini untuk menunaikan ibadah shalat sambil mengagumi keindahan arsitekturnya. Alamat dari Masjid Raya Sumatra Barat ini ada di Jl. Khatib Sulaiman di Alai Perak Kopi di Kecamatan Padang Utara kota Padang Sumbar.

Ngalau Simarasok

Ngalau Simarasok

Satu lagi destinasi wisata bertemakan alam dengan konsep goa asri yang indah. Adalah Ngalau Simalasok yang menjadi salah satu destinasi wisata di Padang yang masih sangat dijaga kealamiannya. Berlokasi di kawasan Jorong Simarasak, Agam. Ngalau Simarasak adalah gabungan goa di atas sungai yang mengalir. Barisan pepohonan hijau dengan nuansa alam yang menyegarkan menjadi daya tarik pecinta alam ingin berlibur di tempat ini.

Leave a Reply