Tahukah Anda Bahwa Puasa Baik Untuk Kesehatan Jantung? Simak Penjelasaanya Disini!

Di bulan suci Ramadhan maka semua umat muslim yang ada di dunia ini serentak menjalankan ibadah puasa.

Ketika kita menjalankan puasa banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh, dimana selain manfaat bathiniyah yang kita dapatkan kita pun akan mendapatkan pula manfaat lahiriah.

Manfaat puasa yang mungkin tidak pernah kita sadari sebelumnya yaitu bahwa puasa baik untuk kesehatan jantung. Jantung merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki oleh manusia yang terletak di dalam rongga dada. Organ ini berfungsi sebagai alat utuk memompa darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh kita. Mengingat pentingnya fungsi jantung dalam tubuh, maka menjaga kesehatan jantung adalah hal yang perlu kita lakukan karena jika jantung sehat maka tubuh kita pun akan menjadi sehat.

Manfaat-puasa-untuk-jantung

Puasa mampu menurunkan resiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Namun selain itu, puasa pun mampu menimbulkan perubahan yang cukup signifikan dari kadar kolesterol yang ada pada darah seseorang. Penelitian menunjukan bahwa dengan berpuasa maka risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner dapat menurun secara signifikan.

Penelitian lanjutan pun menemukan bahwa dengan berpuasa maka faktor resiko lain seperti trigliserida, berat badan dan kadar gula darah akan ikut menurun. Penurunan yang terjadi pada parameter tersebut mampu membuktikan bahwa angka penurunan risiko terjadinya penyakit jantung bukanlah hal yang dianggap sebagai kebetulan semata. Namun memiliki sebuah penjelasan fisiologis yang jelas.

Selain itu hasil yang sangat mengejutkan pun muncul, dimana ternyata selama periode puasa kolesterol total tubuh mengalami kenaikan. Dimana kenaikan ini terjadi karena kadar kolesterol jahat atau LDL-C dan kolesterol baik atau HDL-C mengalami peningkatkan.

Terjadinya kenaikan jumlah kolesterol total ini terjadi karena disebabkan oleh adanya aktivitas perombakan sel lemak untuk diubah menjadi energi. Penelitian juga menjelaskan bahwa puasa akan menyebabkan seseorang kelaparan dan stress, dalam keadaan seperti ini tubuh cenderung akan memanfaatkan kolesterol dalam jumlah yang lebih banyak sebagai sumber tenaga. Penggantian sumber tenaga yang berawal dari glukosa menjadi kolesterol atau LDL-C terjadi apabila setelah melakukan puasa seama 10-12 jam. Jika hal seperti ini berlangsung secara terus menerus, maka akibatnya akan terjadi penurunan sel lemak pada tubuh. Seseorang yang memiliki lebih sedikt sel lemak dalam tubuhnya akan memiliki risiko yang lebih kecil pula mengalami resistensi insulin serta akan lebih terlindung dari diabetes. Dimana diabetes ini sendiri pun telah diketahui sebagai salah satu faktor dari beberapa faktor peyakit jantung koroner.
Tidak hanya itu, berpuasa juga maka mampu meningkatkan human growth hormon atau HGH. Dimana senyawa ini diketahui mampu meningkatkan dan membakar lemak.

Puasa juga bermanfaat dalam menurunkan distribusi sirkadian dalam suhu tubuh, hormone kortisol, melatonin dan glisemia. Keadaan psikologis seseorang yang tenang ketika menjalankan puasa dipercaya dapat menurunkan adrenalin yang bisa meningkatkan penyakit jantung dan tekanan darah.

Itulah manfaat puasa bagi kesehatan jantung. Setelah mengetahui besarnya manfaat yang akan didapatkan, semoga kita semua bisa termotivasi untuk terus semangat dalam menjalankan puasa di bulah Ramadhan ini.

Nah, setelah membaca dan mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan jantung maka alangkah baiknya jika anda menyebarkannya kepada orang-orang di sekitar anda agar mereka pun bisa tahu dan memahami manfaat puasa untuk kesehatan jantung. Anda bisa menyebarkannya dengan cara klik tombol share yang telah tersedia. Jangan lupa pula untuk berikan komentar anda di bawah ini.

Leave a Reply