Sungguh Mengharukan! Perjuangan Seorang Kuli Bangunan China Yang Bekerja Hanya Dengan Satu Tangan

Keterbatasan fisik yang dimiliki oleh seseorang kerap dijadikan sebagai senjata jitu untuk membuat hidupnya lebih berarti. Seperti pada kisah mengharukan berikut ini yang datang dari seorang kuli bangunan asal negara China yang selalu tampak semangat bekerja meski hanya memiliki 1 tangan saja. Tidak tanggung-tanggung, ia melakukan pekerjaan yang sangat berat meski dilakukan oleh orang yang memiliki fisik yang sempurna.

Seorang pria bernama Tao Jinjin ini menjadi viral dan terkenal di media sosial akibat dari kegigihannya tersebut. Ia tidak pantang menyerah dengan segala keterbatasan fisik yang ia miliki. Seperti pada unggahan video yang tonton hampir 800.000 orang yang tengah memperlihatkan ia mendorong gerobak berisi adukan semen dan juga pasir. Ia juga tidak tanggung-tangguh untuk mengangkut dan juga mengangkat batu bata dengan memanfaatkan satu tangannya saja.

Pria bertangan satu ini berusia 24 tahun yang tinggal di Shijiazhuang, Hebei, China Utara. Penyebab kenapa ia memiliki satu tangan diduga akibat kecelakaan 8 tahun yang lalu sehingga ia kehilangan tangan kanannya. Tentu, kejadian ini sangatlah menyayat hati dan juga membuatnya serasa tidak hidup lagi. Akan tetapi, kondisi memprihatinkan ini berubah seiring berjalannya waktu. Ia tidak ingin terpuruk dan juga merasa dikasihani oleh orang lain akibat keterbatasan fisik yang ia miliki. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk bangkit dan mulai menjalani hidup sebagaimana mestinya. Selama apa yang ia bisa lakukan, tentunya ia tidak merasa gengsi ataupun malu meskipun menjadi buruh kuli bangunan sebagai pengangkut batu bata dan juga memplester dinding.

Ia pun mengaku kesulitan pada saat awal-awal ia mulai bekerja sebagi kuli bangunan. Namun, seiring berjalan waktu dan juga semangat yang berkobar pada dirinya membuat pekerjaan berat ini terasa lebih ringan. Ia sempat mengaku bahwa apa yang bisa orang lain kerjakan 10 menit, buat ia membutuhkan waktu selama 10 menit. Saat mendorong gerobak dengan satu tangan tentu inilah pekerjaan yang menguras tenaga sehingga tetesan keringan membanjiri hampir seluruh tubuhnya.

Ia mulai terkenal di media sosial setelah teman Tao memberitahu sebuah aplikasi untuk menggunggah video ke dalam media sosial. Dengan informasi yang ia dapatkan dari temannya itu, ia mengupload sebuah video miliknya yang memperlihatkan dirinya sedang bekerja. Berkat video yang ia unggah pertama kali, inilah asal muasal ia menjadi terkenal di dunia maya.

Kendati demikian, ia mengaku tidak sedang mencari popularitas atau ingin menjadi terkenal di dunia maya. Akan tetapi, ia bertujuan untuk membuktikan kepada dunia bahwa orang yang mempunyai batasan fisik bukanlah halangan untuk terus berkarya dan juga melakukan aktifitas yang kerap dilakukan oleh orang normal pada umumnya.

Dengan begitu, ia dapat memberikan inspirasi kepada dunia terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik.  Kerja keras dan semangat pantang menyerah yang ia lakukan tidaklah terlepas dari kekuatan dan dukungan yang ia dapatkan dari netizen. Banyak netizen yang kagum dan juga terinspirasi oleh apa yang ia lakukan saat ini.

Menjadi seorang kuli bangunan, ia kerap mendapatkan bayaran sebesar 100 yuan atau sekitar 200 ribu per hari. Sementara berkat ketelatenan dan inspirasi yang ia berikan pada netizen melalui media sosial, ia mendapatkan penghasilan yang cukup fantastis yang jarang orang normal dapatkan. Ia berhasil mendapatkan 8.000  yuan atau sekitar 16 juta perbulannya. 

Ia pun berencana untuk memiliki pasangan dan juga ingin menikah serta bercita-cita ingin menjadi seorang ayah pada suatu hari nanti. Ia bersyukur menjalani hidup meski hanya memiliki satu tangan saja. Kecelakaan yang terjadi ternyata telah mengubah hidupnya dan juga sudut pandang hidupnya sehingga ia lebih berarti bagi orang lain.

Apakah saat ini Anda masih tidak bersyukur dengan kesempurnaan fisik yang Anda miliki? Untuk itu, selalu ucapkan rasa syukur dan jangan mengeluh dengan keterbatasan fisik yang kita miliki. Ternyata, banyak orang lain di luar sana yang memiliki fisik yang terbatas, namun mereka selalu menjalani hidupnya dengan penuh rasa semangat. Jangan lupa untuk berbagi kepada teman ataupun kerabatmu menganai artikel ini ya.. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply