Sungai Ini Merupakan 5 Sungai Terpanjang Di Indonesia 5/5 (1)

Sungai merupakan sebuah jalur aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Indonesia sebagai negara tropis selain memiliki banyak hutan juga memiliki banyak sungai-sungai besar yang mengalir di sejumlah tempat dari ujung timur hingga barat, dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Sungai sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni sungai tetap atau permanen, sungai periodik, sungai episodik dan sungai ephemeral.

Dari berbagai macam jenis sungai yang ada, sungai permanen biasanya merupakan sungai dengan ketetapan debit air yang sama sepanjang tahun dan cenderung merupakan sungai-sungai besar. Aliran aliran sungai ini berasal dari gunung dan mengalir terus hingga bermuara ke laut. Di beberapa tempat sungai juga dapat digunakan sebagai salahsatu sarana perlintasan tranportasi dan cukup vital bagi kelangsungan kehidupan di daerah tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui sungai-sungai apa saja yang mengalir di Indonesia dan disebut-sebut sebagai yang terpanjang, berikut adalah 5 sungai di Indonesia yang dikategorikan sebagai yang terpanjang.

5. Sungai Musi

Berada di Sumatera Selatan, Sungai Musi disebut sebut sebagai yang terpanjang di Pulau Sumatera setelah Sungai Batanghari. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi 2 bagian, yakni seberang ilir di utara dan seberang ulu di selatan. Panjang sungai ini mencapai 750 Km. Sungai Musi juga disebut sebagai batanghari sembilan di mana merupakan muara dari 8 sungai lainnya.

Leave a Reply