Sungai Ini Merupakan 12 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Sungai merupakan sebuah jalur aliran air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Indonesia sebagai negara tropis selain memiliki banyak hutan juga memiliki banyak sungai-sungai besar yang mengalir di sejumlah tempat dari ujung timur hingga barat, dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Sungai sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni sungai tetap atau permanen, sungai periodik, sungai episodik dan sungai ephemeral.

Dari berbagai macam jenis sungai yang ada, sungai permanen biasanya merupakan sungai dengan ketetapan debit air yang sama sepanjang tahun dan cenderung merupakan sungai-sungai besar. Aliran aliran sungai ini berasal dari gunung dan mengalir terus hingga bermuara ke laut. Di beberapa tempat sungai juga dapat digunakan sebagai salahsatu sarana perlintasan tranportasi dan cukup vital bagi kelangsungan kehidupan di daerah tersebut.

Jika kamu ingin mengetahui sungai-sungai apa saja yang mengalir di Indonesia dan disebut-sebut sebagai yang terpanjang, berikut adalah 12 sungai di Indonesia yang dikategorikan sebagai yang terpanjang.

12. Sungai Krueng Aceh

Sungai Krueng Aceh

Sungai ini berada di Aceh. Hulu sungai ini berada di pegunungan Aceh besar, lalu mengaliri areal persawahan sebagian di Banda Aceh, serta Aceh besar. Sungai ini bermuara di Selat Malaka. Panjang sungai ini sekitar 145 km. Sungai ini bermanfaat untuk memberikan kesuburan pada tanah di sekitarnya.

Krueng Aceh mempunyai beberapa sub daerah aliran sungai. Dimana daerah aliran sungai (DAS) Krueng Aceh fisiografinya bergelombang, datar, berbukit dan bergunung yang umumnya terletak di Kabupaten Aceh Besar.

11. Sungai Brantas

Sungai Brantas

Sungai Brantas adalah sungai terpanjang kedua di Jawa. Sungai Brantas panjangnya 320 km, hanya saja jika ditambah oleh cabang aliran sungainya panjangnya bisa mencapai 346 km. Mata air sungai  ini terdapat di Gunung Arjuno kota Batu, untuk muara sungainya terdapat di Selat Madura. Aliran sungai ini bercabang menjadi 2, yaitu Kali Mas dan Kali Porong. Untuk panjang Kali Mas panjangnya 12 km, sedangkan untuk Kali Porong 14 km.

Kali Brantas memiliki daerah aliran sungai (DAS) dengan luas 11.800 km persegi. Sungai ini panjangnya 320 km yang mengalir melingkari gunung berapi yang aktif yaknikGunung Kelud. Curah hujannya rata-rata hingga mencapai 2.000 mm dalam pertahun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.