Sukses Melaju Menuju Perempat Final, Italia Kandaskan Harapan Spanyol Di EURO 2016

Suksesnya Italia menghentikan laju Spanyol di babak 16 EURO 2016 menjadi cerita tersendiri yang cukup membanggakan bagi suad Gli Azzuri tersebut. Stade de France, Prancis, Senin (27/06) menjadi saksi kemenangan gemilang bagi Italia yang berakhir dengan skor 2-0. Kemenangan atas skuad La Fujia Roca (julukan bagi Spanyol) ini pun menjadi momen balas dendam atas kekalahan besar (4-0) yang mereka terima kala berlaga di final Piala Eropa tahun 2012.

Dengan kemenangan meyakinkan ini, Italia juga sukses mematahkan prediksi banyak orang yang sebelumnya lebih mengunggulkan Spanyol keluar sebagai pemenang dalam laga tersebut. sebelumnya memang banyak yang meragukan kapasitas Italia dalam ajang EURO 2016 kali ini, apalagi kala mereka harus bertanding melawan sang juara bertahan, Spanyol.

Kemenangan Italia atas Spanyol ini di buka oleh gol dari pemain bertahan Italia, yakni Giorgio Chiellini. Chiellini berhasil memanfaatkan bola liar dalam kotak pinalti Spanyol, hingga akhirnya bisa memberikan skor pertama untuk skuad Gli Azurri. Gol tercipta, kala David De Gea berhasil menepis tendangan bebas Eder, namun justru bola muntahannya jatuh di kaki Chiellini, yang dengan cepat disambarnya dan dikonversikan menjadi sebuah gol.

Bukannya tanpa perlawanan, justru Spanyol pun sejak awal sudah menerapkan sistem menyerang, namun di sisi lain terrnyata kedisiplinan pemain bertahan Italia berulangkali bisa membungkam serangan yang dilancarkan La Fujia Roca. Keasyikan menyererang, akhirnya pada masa injury time, justru mereka kembali kecolongan, hingga akhirnya tepat di menit 90 Pelle yang menerima umpan silang Mateo Darmian dari sisi kiri bisa kembali menambah keunggulan timnas Italia menjadi 2-0.

Kemenangan Italia juga tidak lepas dari peran penjaga gawang sekaligus kapten tim Gianluigi Buffon. Kiper veteran tersebut dinilai menjadi salahsatu penentu kemenangan, karena aksinya yang berhasil dengan baik menjaga gawang dari berbagai momentum berbahaya yang di saat pertandingan berlangsung. Bahkan Chiellini secara khusus memberikan pujianya atas aksi gemilang Buffon kala beraksi menjaga gawang.

Dengan demikian Italia berhak melaju ke babak perempat final untuk kemudian bertanding besama jerman. Dalam laga sebelumnya, italia sendiri berhasil menumbangkan Jerman dengan skor 2-1. Kala itu 2 gol hasil striker kontroversial Mario Baloteli berhasil membuat Skud Gli Azzuri menundukan Tim Panzer.

Leave a Reply