Suka Dengan Aroma Tanah Setelah Hujan? Simak Faktanya Berikut!

Apa yang anda rasakan setelah mencium aroma atau wangi tanah setelah hujan?

Bagi sebagian orang wangi tanah setelah hujan tercium sebagai aroma yang menenangkan dan seringkali membangkitkan kenangan lalu, apalagi dengan nuansa yang begitu khas dan secangkir minuman hangat bisa dengan mudah mengantarkan anda kepaa ingatan-ingatan di masa lalu.

DI dalam beberapa kepercayaan juga disebutkan jika aroma hujan sendiri emang disukai dan diwariskan secara bergenerasi karena aroma hujan sendiri mengingatkan kepada mereka jika leluhur atau nenek moyang di masa lalu menggunakan dan mengandalkan hujan untuk kelangsungan hidupnya di masa lalu.

07

Berbicara lebih lanjut mengenai hujan dan aromanya setelahnya yang begitu khas, maka anda sebaiknya mengetahui jika faktanya hujan sendiri hanyalah berupa butiran air yang tidak memiliki aroma apapaun, hingga sampai di tanah dan bereaksi dengan lingkungan sekitar maka munculah sebuah aroma yang begitusangat khas dan menenangkan bernama Petrichor. Nama Petrichor sendiri diambil dari Bahasa Yunanai yang pertama kali diperkenalkan oleh 2 orang ilmuwan asal Australia pada tahun 1964. Petrichor sendiri kemudian menjadi sebutan bagi aroma hujan yang sangat khas setelah musim kering yang cukup panjang.

Darimanakah kemudian aroma khas petrichor itu berasal? Faktanya aroma tersebut muncul dikarenakan reaksi kimia dari minyak alami yang diproduksi oleh beberapa jenis tanaman yang dilepas ke udara, kemudian bereaksi bersama dengan senyawa bernama geosmin yang diproduksi olh bakter yang tinggal di dalam tanah. Kedua jenis senyawa alami tersebut kemudian bereaksi di udara dan munculah sebuah senyawa aromatik khas bernama petrichor.

Meskipun memang hujan sendiri seringkali membawa aroma yang menenangkan dan menjadi aroma relaksasi bagi yang menghirupnya, namun di beberapa lokasi justru aroma hujan sendiri bisa menjadi hal yang berbahaya untuk dihirup. Di kota besar dengan tingkat polusi yang cukup tingi, biasanya aroma hujan yang menenangkan itu tidak akan tercium, justru polusi tersebut akan membuat air hujan tersebut akan bereaksi dengan polusi dan membuat kandungan asam menjadi besar.

Butiran air hujan yang jatuh ke atas tanah akan pecah dan menyebarkan partikel miskroskopis aerosol yang turut membawa bakteri serta senyawa aromatik. Perlu diketahui juga jika anda akan mencium aroma hujan secara lebih baik ketika curah hujan yang turun tidaklah terlalu deras, namun cukup untuk membasahi lingkungan sekitar. Jika curah hujan yang turun sangat deras, maka biasanya aroma khas yang dimiliki hujan sendiri tidak akan tercium dengan baik. hal tersebut disebabkan karena semakin deras hujan turun maka, aerosol yang bisa membawa senyawa aromatik tanaman, serta bakteri dalam tanah itu hanya terbentuk sedikit dan berbanding terbalik dengan ketika curah hujan yang sedang atau rendah.

Selain dengan wangi aromatik dari senyawa tanaman dan juga bakteri tanah, bau hujan juga biasanya identik dengan ozon. Biasanya ketika terjadi hujan di sebuah daerah badai petir akan membuat sebuah rekasi kimia yang ditimbulkan dari pemisahan molekul . Sehingga jika di beberapa kesempatan anda bisa merasakan wangi hujan atau mencium aroma kedatangan hujan, maka kemungkinan besar anda mencium wangi hujan dari ozon yang terbawa oleh angin.

Sudah tahu kan mengapa setelah hujan anda mencium aroma tanah yang begitu khas dan terkadang membuat anda rindu dengan nuansa ketika hujan itu sendiri. Silahkan membagikan artikel dan informasi mengenai wangi tanah setelah hujan ini dengan cara menekan tombol share yang ada pada halaman ini. Lanjutkan dengan memberikan komentar anda mengenai informasi dan fakta unik tersebut hanya dengan mengisi kolom komentar yang sudah tersedia.