Sri Asih: Sosok Superhero Wanita Lokal yang Legendaris

Selama ini kita dijejali dengan berbagai sosok atau tokoh superhero dari berbagai negara seperti Amerika atau[un juga Jepang. Banyak sekali anak-anak yang bangga dan mengidolakan sosok-sosk tersebut. Namun pertanyaannya adalah apakah Indonesia juga memiliki sosok superhero juga seperti negara lainnya? Mungkin anda pernah mendengar nama Gundala Putra Petir yang lumayan dikenal oleh pecinta komik era lama. Namun Tahukah anda selain Gundala, Indonesia juga memiliki sosok superhero lainnya.

Berbalut pakaian tradisional berwatak tangguh dan pemberani inilah gambaran umum dari sosok Sri Asih yang merupakan superhero wanita dari Indonesia. Ternyata Indonesia memiliki sosok superheo perempuan bernama Sri Asih yang mulai populer melalui media komik di era tahun 1954. Wow! Menilik sejarahnya, ternyata Indoneisa justri telah memiliki superhero sejak dulu meskipun memang kini popularitasnya sudah sangat kurang dan jarnag orang yang mengetahuinya.

sri asih legenda komik lokal

Di era awalnya komik kepahlawanan Sri Asih sendiri sangatlah populer, bahkan hingga diekspor sampai ke negeri Singapura dan juga Macau. Kesuksesannya sempat membuat Sri Asih diangkat ke dalam film layar lebar sekaligus menjadi film superhero pertama di Indonesia. Sebuah faktayang mengejutkan bukan di balik minimnya kemunculan superhero asli Indonesia yang bisa menarik minat anak-anak di era sekarang.

Di balik kesuksesan Sri Asih sendiri ada nama RA Kosasih. Bagi anda yang lekat dengan dunia komik dan islustrasi, nama RA Kosasih sendiri patilah sudah sangat akrab. RA Kosasih merupakan sosok komikus legendaris asal Indonesia. Ia juga dijulluki sebagai bapak komik Indonesia dengan jumlah karya yang berjumlah ratusan seama hidupnya. RA Kosasih memang dikenal sebagai komikus yang banyak menulis mengenai legenda pewayangan.

Komikus yang lahir tahun 1919 ini mulai mengawali kiprahnya di dunia komik dan illustrasi di tahun 1939. Dalam karya-karya buatannya yang didominasi oleh cerita dan tokoh bermuatan lokal, RA Kosasih juga banyak menyampaikan kisah-kisah yang bermuatan budaya lokal Indonesia. Ketertarikannya kepada illustrasi berawal dari kesukaannya membaca komik yang ada dalam halaman potongan koran pembungkus belanjaan sang ibu. Ketertarikannya dalam bidang tersebut kemudian membawanya untuk terus belajar dan menekuni bidang tersebut.

Sri Asih merupakan salahsatu serial komik buaan RA Kosasih yang cukup sukses menggebrak dunia komik lokal di era tersebut. Sri Asih sendiri memang terispirasi dari banak tokoh superhero lokasl wanita di luar negeri. Meskipun demikian, RA Kosasih dengan baik memasukan dan meleburkan konsep-konsep cerita lokal dan budaya yang menjadi bumbu cerita. Hal tersebut jugalah yang sukses membawa nama komik Sri Asih menanjak.

Selain Sri Asih beberapa komik superhero wanita juga pernah dibuat oleh Ra Kosasih, yakni seperti Sri Dewi dan Siti gahara. Kedua tokoh superhero wanita tersebut juga merupakan sosok buatan RA Kosasih yang cukup mampu merebut hati para pecinta komik lokal di era tersebut.

Bagaimana? Anda sudah berkenalan dengan sosok superhero wanita Indonesia yang begitu keren satu ini? Kini jika anda ditanya apakah Indonesia memiliki sosok superhero wanita, maka silahkan dengan bangga menjawab Sri Asih. Sebagai karya lokal, superhero Sri Asih menjadi cerminan budaya kita yag seharusnya tidak boleh hilang dan sebaiknya bisa menyesuaikan dengan zaman.

Mari bagikan artikel ini dan ajak teman-teman anda mengenal elbih dalam sosok Sri Asih yang merupakan superhero asli Indonesia ini. Anda bisa membagikan artikelnya dengan cara menekan tolmbol share yang sudah disediakan pada bagian bawah dari artikel ini. Anda juga bisaberinteraksi dengan pembaca lainnya melalui komenta yang bias anda berikan melalui kolom yang telah disediakan pada bagian bawah dari artikel ini.