Rute Penerbangan Terpendek Di Dunia Ternyata Ada Di Papua!

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang terpisah-pisah antara satu daerah dengan daerah yang lainya.

Luas wilayahnya mungkin terhitung pendek dan tidak terlalu besar, meskipun demikian justru kesulitan terletak pada bentang alamnya. Indoneisa diketahui memiliki keadaan alam yang sangat beragam dan masih alami. Di berbagai sudut tempatnya Indonesia kebanyak masih berbentuk hutan yang alami, dengan pegunungan, sungai dan lembah yang terjal, apalagi di beberapa lokasi seperti wilayah timur Indonesia yang memang dikenal memeiliki alam yang masih cukup terawat. Selain itu wilayah perairan yang luas menjadi salahsatu hal yang dihadapi Indonesia khususnya dalam moda transportasi yang diperlukan.

Berbicara mengenai transportasi dan bentang alam Indonesia yang beraneka ragam dan terkadang menyulitkan, maka transportiasi di Indonesia bisa dikatakan sebagai salahsatu yang perlu menjadi perhatian penting, apalagi di beberepa daerah ada yang belum samasakali menikmati trasnportasi yang memadai, belum lagi permasalahan lain karena kerusakan jalur transportasi yang terjadi.

09-rute-penerbangan-terpendek-di-dunia

di beberapa wilayah permasalahan transportasi ini menjadi sangat penting dan krusial. Salahsatu lokasi yang memang sulit dijangkau dan masih minim transportasi yang memadai adalah papua, meskipun memang di beberapa wilayahnya sudah dilakukan pembangunan yang sangat pesat dan maju, namun cukup banyak juga daerah di sana yang sangat terbatas dalam hal transportasi.

Keterbatasan transportasi di beberapa wilayah Papua tersebut memberikan dampak yang tidak main-main, berbagai hambatan untuk kemajuan sangatlah terasa. Bayangkan untuk pengiriman surat suara saja diperlukan waktu hingga berhari-hari lamanya karena tidak tersedianya jalur yang baik, yang menyebabkan tim pengirim harus melewati hutan belantara bahkan sungi serta lembah. Belum lagi berbagai permasalahn yang timbul akbiat sulitnya kiriman bahan pangan serta obat-obatan ke sebuah daerah di sana menjadi permasalahan serius yang perlu di tangani.

Cara yang terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan jalur udara atau menggunakan penerbangan, meskipun di beberapa kesempatan alam liar tersebut bisa sangat membahayakan penerbangan yang dilakukan tersebut. Pernebangan memang menajdi pemecahan permasalahan ransportasi yang sulit di Papua, mengingat alamnya yang sangat liar dan beragam, banyak sekali pegunungan tinggi yang silih berganti dengan lembah dalam, yang akan sangat memakan waktu dan tenaga jika ditempuh dengan menggunakan jalur darat.

Dari kenyataan tersebut ternyata ada sebuah fakta yang cukup unik dari transportasi di Papua, khususnya dari transportasi penerbangan. Faktanya ternyata ada sebuah jalur penerbangan yang paling pendek di Indonesia, bahkan diketahu sebagai yang terpendek di seluruh dunia, pasalnya penerbangan ini tidak lebih lama dari memasak mie instan, penerbangan ini hanya memakan waktu tidak lebih dari 2 menit asja, yakni hanya 73 detik saja.

Rute penerbangan tersebut melayani penerbangan antara dua desa yang berada di Papua, yakni Kegata dan Apowo. Kedua desa tersebut diketahui dipisahkan oleh sebuah lembah yang sangat dalam dan curam, sehingga jika anda mencoba melewatinya melalui jalur darat diperlukan waktu berhari-hari untuk sampai antara satu desa ke desa lainnya lagi. Pesawat yang beroperasi berukuran kecil dan hanya mampu menampung beberapa penumpang saja dari Kegata menuju Apowo.

Jangan lupa berbagi dengan teman dan keluarga anda mengenai fakta unik dari sebuah bandara di Indonesia yang memiliki rute penerbangan paling pendek di dunia tersebut, caranya tekan tombol share yang tersedia di bagian bawah artikel ini. anda juga bisa membagikan pendapat dengan memasukannya dalam kolom yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook