Resep Cara Membuat Bubur Candil Tepung Ketan yang Nikmat dan Kental

Sajikan nikmat dan enaknya hidangan bubur candil tepung ketan di rumah anda. Dengan resep kali ini, hidangan istimewa ini akan tentu dapat anda buat dengan mudah. Baca juga: Resep Biji Salak

Resep Cara Membuat Bubur Candil Tepung Ketan yang Nikmat dan Kental

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tepung ketan
  • 240 ml air hangat
  • 1/2 sendok teh garam
  • 900 ml air
  • 250 gram gula merah sisir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan, diikat simpul
  • 3 sendok makan tepung sagu
  • 3 sendok makan air

Bahan Kuah Santan:

  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Persiapan Membuat Bubur Candil Tepung Ketan yang Nikmat dan Kental:

  1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cukup mudah dan sederhana. Langkah persiapan menjadi hal penting yang akan memudahkan anda membuat hidangan kali ini dengan lebih sederhana. Maka dari itu, silahkan simak beberapa langkah persiapan terlebih dahulu sebelum meracik bumbu kuah dari sajian bubur candil kali ini.
  2. Bahan pertama yang perlu dipersiapkan dengan merata adalah tepung ketannya. Silahkan ayak tepung ketan dengan merata menggunakan saringan guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Cara ini pun dimaksudkan agar partikel kasar yang ada pada tepung ketan dapat dipisahkan dengan merata.
  3. Setelah selesai kemudian anda akan dapat melanjutkannya cara ini dengan melarutkan tepung sagu dengan 3 sendok makan air lalu aduk-aduk dengan merata. Bahan ini adalah bahan larutan untuk mengentalkan sajian bubur candil kali ini.
  4. Selesai dengan persiapan di atas maka langkah berikutnya dapat anda lakukan dengan menyisir gula merah dengan merata. Lalukan di atas tatakan dan gunakan pisau yang tajam lalu masukkan dalam wadah pisahkan sementara bahan ini sebelum di campurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Ikat simpul daun pandan dengan merata. Cara ini dilakukan agar sari daun pandan lebih keluar pada saat kita mencampurkannya dengan rebusan kuah nanti. Maka dari itu, setelah daun pandan di bersihkan silahkan ikat simpul bahan ini dengan merata.

Cara Membuat Bubur Candil Tepung Ketan yang Nikmat dan Kental:

  1. Setelah selesai dengan langkah persiapan di atas maka anda akan dapat mulai membuat adonan bubur candil kali ini. Caranya, silahkan siapkan sebuah baskom atau wadah dengan ukuran sedang dan masukkan tepung ketan yang sudah disaring ke dalamnya bersama dengan garam. Lalu aduk-aduk dengan merata semua bahan ini.
  2. Masukkan air hangat ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai bahan ini lebih menggumpal dengan merata. Bila sudah selesai maka anda akan dapat menyisihkan sajian ini sebelum di campurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.
  3. Siapkan sebuah panci di atas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu masukkan air ke dalamnya bersama dengan gula merah yang sudah anda sisir sebelumnya dan tuangkan pula daun pandan lalu taburi dengan sedikit garam dan aduk-aduk semua bahan ini menjadi satu dan merata.
  4. Bila sudah mendidih maka angkat dan saring kuah gula ini untuk memisahkan kotoran dan partikel kasar yang ada pada kuah sajian ini. Kemudian sisihkan sementara.
  5. Siapkan sebuah panci dan masukkan air ke dalamnya. Sambil menunggu menididih, silahkan bulatkan adonan tepung ketan dengan ukuran sebesar kelereng. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan ketan yang masih ada.
  6. Masukkan dalam panci yang mendidih dan rebus sampai sajian ini mengapung ke permukaan dan sisihkan sementara dalam wadah. Panaskan kembali kuah gula dan masukkan bola-bola candil ke dalamnya dan aduk dengan merata.
  7. Lalu kentalkan sajian ini dengan larutan tepung sagu yang sudah kita buat sebelumnya. Masak sajian ini sampai meletup-letup dan matang merata.
  8. Dalam panci yang lain, silahkan rebus kuah santan sambil aduk-aduk dengan merata hingga mendidih agar bahan ini tidak pecah pada saat anda masak.

Sajikan dalam wadah dan siram dengan kuah santan setelah matang.

Leave a Reply