Pura Ulun Danu Batur

Menikmati Pesona Pura Ulun Danu Batur, Pura Suci Berlatar Gunung

Menikmati Pesona Pura Ulun Danu Batur, Pura Suci Berlatar Gunung – Pulau Bali memiliki banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi. Salah satu wisata Bali yang populer yaitu Pura Ulun Danu Batur. Pura ini merupakan destinasi wisata budaya, seni dan agama di Pulau Bali.

Ketika anda berwisata ke Bali, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pura ini agar liburan anda semakin berkesan. Warga Bali yang mayoritas beragama Hindu membuat pulau ini memiliki banyak pura sebagai tempat ibadah.

Nah, untuk anda yang ingin berkunjung ke Pura Ulun Danu Batur, anda bisa simak beberapa ulasannya berikut ini.

Lihat juga : Daftar Pantai di Nusa Dua Bali yang Indah dan Mempesona

Seputar Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Bali mempunyai keindahan alam yang begitu mempesona. Banyak pantai-pantai cantik yang terdapat di Bali. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan Bali sebagai tujuan wisatanya.

Selain keindahan alam, Bali juga memiliki keindahan buatan yaitu dengan kehadiran berbagai candi atau pura. Candi dan pura-pura yang terdapat di Bali begitu indah dan megah. Siapa saja yang melihatnya pasti akan terpesona saat melihat keindahannya.

Di Bali terdapat dua Pura yang namanya hampir sama. Ada pura Ulun Danu Batur yang lokasinya dekat Danau Batur, serta Pura Ulun Danu Beratan yang lokasinya dekat Danau Beratan. Meskipun kedua pura ini namanya sama, namun daya tarik dan keindahannya berbeda.

Pura Batur begitu indah, megah dan besar. Terdapat banyak candi bentar di dalam pura. Berkunjung ke pura ini menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang menyukai objek wisata seni arsitektur yang mempunyai nilai sejarah.

Pura ini ada di ketinggian 900 m di permukaan laut. Lokasinya ada di Desa Kalanganyar, Kec. Kintamani, Bangli. Tempat wisata yang satu ini memiliki latar Gunung Batur. Danau Batur yang luas seolah-olah melengkapi indahnya Pura Batur.

Sejarah Singkat Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur yaitu kompleks terdiri 9 pura. Terdiri 285 paviliun, serta candi di dalamnya. Setelah Pura Besakih, Pura Ulun Danu Batur merupakan pura paling penting kedua. Pura ini dijadikan sebagai tempat ibadah untuk 45 desa yang ada di Bali. Pembangunan pura ini bertujuan untuk memuja Dewi Batari Ulun Danu. Dimana Ulun Danu itu sendiri memilik makna penguasa danau. Upacara pemujaan yang dilakukan di pura ini yaitu menjadi pesan agar menjaga kelestarian air, serta hutan yang terdapat di Bali. Nah, kawasan yang terdapat di sekitar pura diketahui menjadi kawasan resapan air. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelestariannya.

Pura Ulun Danu Batur ini awalnya berada di lereng Barat Daya Gunung Batur. Pada tahun 1917 letusan Gunung Batur memakan banyak korban hingga menghancurkan desa, namun pura ini sama sekali tidak tersentuh. Lalu kemudian Gunung Batur meletus kembali pada tahun 1926, menghancurkan lagi Desa Batur serta Pura Ulun Danu Batur. Dimana yang tersisa yaitu satu pelinggih tertinggi. Oleh para penduduk setempat pelinggih dipakai lagi untuk membuat pura, serta desa pada tempat yang lokasinya lebih tinggi, yakni tepatnya di Desa Kalanganyar.

Kegiatan Menarik Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur ini memiliki banyak daya tarik. Ketika berkunjung ke Bali sangat sayang jika anda tidak berkunjung ke pura ini. Nah, berikut ini beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pura Ulun Danu Batur.

Melihat Pemandangan yang Indah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pura Ulun Danu Batur mempunyai pemandangan yang begitu indah. Ketika pertama kali melihatnya anda akan terpesona akan keindahannya tersebut. Ketika berkunjung ke sini anda bisa mengabadikan keindahan pura dengan latar belakang yang memukau.

Menikmati Udara Sejuk di Sekitar Pura

Tempat wisata yang satu ini lokasinya berada di ketinggian, sehingga udara dan suasananya begitu nyaman dan sejuk, namun saat sore hari cukup dingin. Nah, dengan suasana yang sejuk seperti ini anda bisa menikmatinya sambil melihat pemandangan indah yang tersaji di sini. Selain melihat keindahan pura, para wisatawan juga banyak yang datang ke sini untuk menenangkan pikiran.

Menjelajahi Kawasan Pura

Aktivitas menarik lainnya yang bisa anda lakukan di sini yaitu menjelajahi kawasan pura. Kawasan di area pura bisa anda jelajahi sambil menikmati pemandangan indah yang tersaji di sini. Di kawasan pura ini terdapat banyak patung. Di sini anda dapat berjalan-jalan santai sambil menyaksikan keunikan pura.

Menaiki Speed Boat

Di sini juga anda bisa menaiki speed boat dengan menyewanya. Dengan menggunakan perahu motor ini anda bisa melihat keindahan danau yang ada di sekeliling pura. Anda bisa menyewa speed boat dengan harga yang cukup terjangkau.

Melihat Keindahan Kebun Bunga

Selain menikmati keindahan pura dan danau, anda juga dapat melihat keindahan kebun bunga. Kebun bunga di sini ditata dengan rapi dan menarik.

Rute Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pura ini berlokasi di Kintamani, Bangli. Untuk menuju ke pura ini wisatawan bisa menggunakan jalan utama. Untuk sampai ke pura ini menggunakan jalan utama menjadi akses yang paling mudah. Jika anda memulai perjalanan dari Singaraja, untuk bisa sampai ke pura ini jalan yang ditempuh yaitu Jalan Gunung Batur.

Apabila anda memulai perjalanan dari Pantai Lovina, untuk sampai ke Pura Batur ini waktu yang dibutuhkan yaitu 2 jam atau sejauh 70 km. Anda akan melalui jalan yang menanjak dan berkelok mengingat lokasinya ada di pegunungan. Oleh karena itu, pastikan kondisi kendaraan anda baik sebelum pergi ke tempat wisata yang satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Fasilitas yang tersedia di Pura Ulun Danu Batur sudah cukup memadai. Di sini sudah disediakan fasilitas umum seperti warung makan, restoran, area parkir yang cukup luas. Selain itu, di sini juga sudah tersedia beberapa tempat penginapan yang bisa anda manfaatkan jika ingin menikmati waktu liburan lebih lama di sini. Di sini juga ada fasilitas toilet umum, toko cinderamata untuk oleh-oleh kerabat di rumah dan lain sebagainya.

Tips Berkunjung ke Pura Ulun Danu Batur

Ketika anda berkunjung ke Pura Ulun Danu Batur, agar liburan anda menjadi lebih menyenangkan anda bisa simak beberapa tips berkunjung seperti berikut ini.

  • Waktu terbaik yang bisa anda jadikan pilihan untuk berkunjung ke Pura Danu Ulun Batur yaitu ketika diselengarakan upacara adat.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan di sini.
  • Selain itu, sebelum berkunjung anda juga sebaiknya memantau terlebih dahulu cuaca.
  • Anda harus mematuhi semua aturan yang berlaku di sini.

Itulah ulasan seputar Pura Ulun Danu Batur yang bisa anda simak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.