Pulau Salawati

Pulau Salawati, Spot Tersembunyi di Raja Ampat yang Memukau

Pulau Salawati, Spot Tersembunyi di Raja Ampat yang Memukau – Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal karena memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan. Kepulauan Raja Ampat itu sendiri mepunyai beberapa pulau yang memiliki potensi wisata serta keunikannya tersendiri, salah satunya yaitu Pulau Salawati. Pulau ini memiliki keindahan yang mempesona.

Nah, berikut ini informasi seputar Pulau Salawati yang kami hadirkan untuk anda, mulai dari alamat, daya tarik, kegiatan menarik yang bisa dilakukan hingga rute menuju ke lokasi. Mari simak di bawah ini.

Seputar Pulau Salawati

Pulau Salawati

Pulau Salawati merupakan salah satu pulau terbesar yang berada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Sorong. Pulau ini memilki panorama alam yang begitu indah dan memukau, yang akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Kondisi pulau ini masih asri dan sunyi. Mempunyai luas sekitar 1.623 km persegi, pulau ini mempunyai potensi alam yang besar. Dengan area yang luas ini, sekitar 3/4 pulau ini merupakan hutan sagu. Meskipun tidak ada yang menanamnya, pohon-pohon sagu ini tumbuh dengan subur. Nah, di pulau ini juga ditemukan spesies ikan baru yaitu ikan pelangi Salawati.

Tidak hanya ada kehadiran ikan pelangi saja, namun bawah lautnya juga memiliki biota laut yang indah dan akan membuat siapa saja tergoda untuk menyelam di sini.

Daya Tarik dari Pulau Salawati

Pulau Salawati

Ada banyak daya tarik yang disuguhkan oleh Pulau Salawati ini. Pengunjung yang datang ke pulau ini tentu akan terpesona. Yuk simak beberapa daya tarik Pulau Salawati di bawah ini.

Pohon Sagu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pulau ini dihiasi oleh banyak pohon sagu yang tumbuh liar dan subur. Kehadiran pohon sagu ini membuat suasana pulau terasa segar dan sejuk. Selain itu, keberadaan pohon sagu juga menjadi ciri khas dari Pulau Salawati ini. Adanya jejeran pohon sagu membuat Pulau Salawati ini berbeda dengan pulau yang lainnya.

Suasananya Masih Sepi, Tenang dan Asri

Pulau Salawati itu sendiri termasuk pulau yang masih perawan. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang asri dan alami, namun pulau ini juga sangat tenang, masih sepi pengunjung. Oleh karena itu, pulau ini menjadi pilihan tempat wisata yang cocok untuk anda yang ingin bersantai sambil melepaskan penat dari aktivitas dan keramaian kota.

Memiliki Pasir Putih dan Air yang Jernih

Selain suasananya yang tenang dan sepi, Pulau Salawati juga menyuguhkan kekayaan alam yang akan membuat siapa saja yang berkunjung ke sini merasa betah dan nyaman. Memiliki hamparan pasir berwarna putih bersih terlihat kontras dengan pepohonan warna hijau yang terdapat di sekitarnya. Selain itu, air laut yang ada di sini juga sangat jernih dengan warna kebiruan yang terlihat sangat cantik. Dengan perpaduan tersebut tentunya akan memanjakan siapa saja yang berlibur ke sini. Di sekitar hamparan pasir ini para wisatawan juga dapat melihat bunker peninggalan Jepang dan Belanda.

Terumbu Karang

Daya tarik lainnya dari Pulau Salawati yaitu kehadiran terumbu karang. Pulau ini memiliki jenis serta variasi terumbu karang terkaya di dunia. Terumbu karang yang terdapat di pulau ini tipenya yaitu terumbu karang tepi. Namun, di sini juga anda bisa menemukan terumbu karang atol dan terumbu karang taka.

Tanpa harus menyelam anda bisa menikmati indahnya terumbu karang. Hal ini disebabkan karena jernihnya air laut yang berada di sekitar pulau. Anda bisa melihatnya menembus permukaan.

Fauna Endemik

Di pulau ini terdapat fauna endemik yang tidak akan bisa anda temukan di daerah lainnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di sini terdapat ikan pelangi Salawati dengan tubuh berwarna-warni.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Salawati

Pulau Salawati

Tentunya ada banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan saat berlibur ke Pulau Salawati, seperti berikut ini.

Berenang

Di sekitar pantai anda bisa melakukan kegiatan berenang. Salah satu pantai yang biasanya sering dikunjungi yang berada di pulau ini yaitu Pantai Bam. Air lautnya di sini sangat jernih dan warnanya biru. Walaupun tanpa menyelam anda bisa melihat keindahan batu karangnya di sini.

Snorkeling dan Diving

Pulau ini mempunyai keindahan alam bawah laut yang begitu menakjubkan. Hamparan batu karang yang indah, ditambah spesies ikan baru yang sangat cantik, tentunya membuat banyak pengunjung ingin mencoba menyelam untuk melihat pesona yang ditawarkan tersebut. Ketika berkunjung ke Pulau ini, kegiatan snorkeling dan diving memang menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan.

Wisata Budaya

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di pulau ini yaitu wisata budaya. Ketika  berlibur ke pulau ini, anda juga dapat menyaksikan wisata budaya. Masyarakat setempat biasanya akan menampilkan tarian tor untuk tamu yang datang.

Menikmati Kuliner Khas

Saat berkunjung ke pulau ini tentu rasanya tidak lengkap jika anda tidak mencoba mencicipi kuliner khas. Ada beberapa kuliner khas yang disajikan di Pulau Salawati seperti berikut ini.

  • Insonem atau Cacing Laut. Cacing ini biasanya banyak ditemukan pada pasir putih timbul atau pasir yang hanya muncul saat laut surut. Memiliki warna putih dengan panjang sekitar 30 hingga 40 cm. Setelah dibersihkan dan mengeluarkan pasir yang ada di dalam tubuh insonem, kemudian dipanggang dengan serabut serta tempurung kelapa. Jika sudah matang, cacing warnanya akan berubah kecoklatan. Saat sudah matang, cacing ini tidak terlihat seperti cacing namun lebih mirip seperti kentang.
  • Ulat sagu. Ulat sagu biasanya diolah dengan dibakar. Saat sudah matang, teksturnya seperti sosis bakar. Selain itu, ulat yang sudah dibakar dapat dimasak dengan aneka bumbu seperti bumbu balado, rica-rica hingga dibuat pepes.
  • Papeda. Tidak hanya di Raja Ampat saja, namun papeda juga ada di seluruh Papua. Hanya saja, papeda di Raja Ampat biasanya ditemani dengan ikan kuah kuning. Papeda yaitu bubur sagu yang memiliki tekstur lengket. Sedangkan ikan kuah kuning terbuat dari ikan cakalang, gabus, tuna, tongkol atau mubara.

Rute Menuju Ke Lokasi

Pulau Salawati

Di Kepulauan Raja Ampat, Pulau Salawati itu sendiri yaitu salah satu pulau terbesar. Untuk bisa sampai ke Kepulauan Raja Ampat, paling mudah aksesnya dengan memakai pesawat menuju ke Kabupaten Sorong. Lalu di Kabupaten Sorong perjalanan ke Raja Ampat dapat ditempuh dengan udara ataupun laut. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Sorong ke Salawati. Ketika diperjalanan anda tidak akan merasa bosan sama sekali, karena anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang begitu indah dan memukau.

Itulah informasi seputar Pulau Salawati yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.