Pulau Panjang Jepara

Mengintip Pesona Keindahan Pulau Panjang Jepara

Mengintip Pesona Keindahan Pulau Panjang Jepara – Pulau Panjang merupakan salah satu daya tarik wisata di Jepara. Pulau ini luasnya sekitar 19 hektare dengan kondisi yang masih alami dan suasananya masih tenang sehingga memiliki daya tarik untuk para wisatawan. Tidak kalah dari keindahan pulau lain yang ada di sekitarnya, keindahan Pulau Panjang Jepara akan membuat pengunjungnya terpesona. Untuk anda yang ingin berlibur ke objek wisata yang satu ini, simak terlebih dahulu ulasannya berikut.

Seputar Pulau Panjang Jepara

Pulau Panjang Jepara

Jepara selama ini terkenal dengan Karimunjawa yang begitu indah. Namun, selain itu ternyata ada wisata lainnya yang tidak kalah indah dan mempesona, yaitu Pulau Panjang. Pulau Panjang berada di Kelurahan Ujung Batu, Kec. Jepara, Jawa Tengah.

Pulau Panjang di sebelah timur berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sedangkan di sebelah selatan serta barat berbatasan dengan Jepara, kemudian berbatasan dengan Karimunjawa di sebelah utara. Jika Karimunjawa sudah dikenal luas, berbeda halnya dengan Pulau Panjang Jepara. Dimana masih sedikit orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu, tidak heran jika Pulau Panjang ini memiliki julukan Virgin Island, serta surga tersembunyi.

Pulau Panjang Jepara itu sendiri untuk pertamakalinya ditemukan oleh Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawy. Beliau merupakan seorang penyebar agama Islam di Jepara. Setelah wafat, kemudian dimakamkan di Pulau Panjang. Karena banyak orang yang datang untuk berziarah, maka pulau ini dilengkapi dengan pendopo, masjid dan kamar mandi.

Pesona Keindahan Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara

Ketika berada di Pulau Panjang Jepara, anda akan merasakan suasana yang berbeda. Di sini udaranya sangat bersih dan begitu asri. Di pulau ini terdapat hutan tropis dengan pepohonan yang lebat dan rindang. Terdapat banyak jenis pohon yang ada di sini, namun yang mendominasi yaitu pohon asem jawa, pohon randu, pohon dadap, serta pohon pinus.

Kawasan ini juga cocok bagi para wisatawan pecinta tracking. Medan di sini tidak terlalu berat sehingga masih aman bagi pemula. Adanya paving block di sini akan memudahkan wisatawan. Pengalaman yang menyenangkan akan anda dapatkan ketika mengelilingi Pulau Panjang ini. Selain itu, menariknya Pulau Panjang Jepara ini mempunyai pantai dengan pasir putih yang begitu lembut nan cantik. Karena ombaknya bersahabat, anda bisa bermain air dan berenang. Namun tetap disarankan untuk lebih berhati-hati.

Kondisi airnya yang bersih dan begitu jernih membuat para wisatawan bisa menyaksikan langsung bawah laut yang begitu mempesona dari atas. Walaupun tidak menyelam, namun anda tetap bisa menyaksikan indahnya terumbu karang. Melihat matahari terbenam di sini menjadi momen yang spesial.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara

Banyak aktivitas seru yang dapat anda lakukan saat mengunjungi Pulau Panjang Jepara. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat dicoba.

Menikmati Keindahan Alam Pulau Panjang

Saat berkunjung ke Pulau Panjang, hal pertama yang akan anda lakukan tentu menikmati keindahan alam yang disuguhkan di sini. Saat pertama menginjakan kaki di sini, anda akan terpesona oleh keindahan yang ditawarkan.

Deburan ombak yang tenang akan mengantarkan para pengunjung ke tempat ini. Kemudian semakin mendekati pulau ini, anda akan menyaksikan air laut yang nampak jernih dan biru. Bahkan para pengunjung akan dapat dengan mudah menyaksikan karang dan aneka jenis ikan warna-warni yang terdapat dalam perairan.

Suasananya yang begitu asri dengan pohon yang rimbun akan menambah kenyamanan anda saat berkunjung ke sini.

Snorkeling

Keindahan alam bawah laut di Pulau Panjang Jepara begitu mempesona. Saat anda berkunjung ke sini, tentu anda jangan melewatkan keindahan alam bawah lautnya yang menawan. Perairannya yang dangkal akan memungkinkan bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan tempat ini dengan mudah.

Kondisi ombak yang tidak besar menjadikan tempat ini aman untuk melakukan snorkeling. Untuk wisatawan yang tidak membawa peralatan snorkeling tidak perlu khawatir, sebab ada banyak penyewaan alat snorkeling di sini dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Mengelilingi Pulau

Pulau Panjang Jepara itu sendiri bukan pulau besar sehingga anda bisa mengelilingi pulau ini dengan cepat bahkan sekitar kurang lebih 1 jam. Selain itu, pengelola setempat telah melengkapi objek wisata ini dengan jalan setapak. Bahkan para wisatawan dapat menyewa sepeda agar bisa mengelilingi pulau dengan lebih mudah.

Di bagian kanan dan kiri jalan setapak terdapat pepohonan yang rimbun. Sehingga berjalan mengelilingi pulau tidak akan terasa panas walaupun matahari pada saat itu sangat terik.

Bermain di Tepi Pantai

Pasir pantai yang putih dengan area yang cukup luas semakin menambah keindahan dan kenyamanan dari tempat ini. Di area pasir ini para pengunjung bisa dengan leluasa bermain dan berlarian.

Kemah di Tepi Pantai

Karena area pasirnya luas, wisatawan yang datang ke sini jadi bisa mendirikan tenda. Cukup banyak wisatawan yang menikmati malam di tempat ini. Ketika malam sudah tiba, indahnya bintang akan terlihat dengan begitu jelas. Kemudian saat pagi harinya, para pengunjung dapat melihat matahari terbit. Jika ingin berkemah di sini, anda tidak perlu membawa perlengkapan sendiri sebab anda bisa menyewanya sendiri dengan harga yang terjangkau.

Lihat juga : 15 Tempat Wisata Semarang yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Fasilitas yang Terdapat di Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara

Tempat wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Toilet hingga mushola sudah disediakan di sini. Selain itu, warung kuliner juga tersedia di sini. Tentunya ketika berkunjung ke sini anda tidak akan kelaparan karena bisa dengan mudah menemukan makanan sesuai selera. Selain itu, di sini juga sudah tersedia toko souvenir yang bisa memudahkan anda membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Rute Menuju Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara

Perjalanan menuju ke Pulau Panjang Jepara bisa anda tempuh melalui 2 jalur, yakni Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Nah, rute yang bisa ditempuh seperti berikut ini.

Rute Pantai Kartini dari Terminal Jepara

Ke arah Tenggara menuju ke Jalan M.T Haryono, kemudian belok kanan, belok kanan menuju Jalan A.E Suryani, lalu lurus dan belok kiri ke Jalan Pelabuhan Kartini, belok ke arah kiri untuk menuju ke Pantai Kartini.

Rute Pantai Bandengan dari Terminal Jepara

Ke arah barat laut menuju ke Jalan Pasar Burung Jepara, lalu belok ke kanan ke Jalan Pasar Burung Jepara, kemudian belok ke kiri ke Jalan Cik Lanang, Setelah itu belok ke arah kanan ke Jalan CT. Winarso. Lalu terus jalan ke Jembaran Cinta, belok ke arah kiri ke Jalan Tirto Samudro, setelah itu sampai di Pantai Bandengan.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota, anda harus menuju ke Kabupaten Jepara terlebih dahulu lalu bisa menuju ke salah satu pantai tersebut. Untuk menuju ke Pulau Panjang anda harus menyebrang menggunakan perahu selama kurang lebih 20 menit.

Itulah ulasan seputar Pulau Panjang Jepara. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *