Pulau Moyo

Pulau Moyo, Surga Kecil di Sumbawa yang Menakjubkan

Pulau Moyo, Surga Kecil di Sumbawa yang Menakjubkan – Pulau Moyo merupakan pulau yang masuk wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini memiliki pemandangan yang indah, dikelilingi oleh terumbu karang serta biota lautnya elok. Memiliki pantai dengan air yang biru dan jernih, serta suasananya yang tenang menjadi daya tarik dari objek wisata ini.

Meskipun lokasinya cukup jauh dari ibu kota Kab. Sumbawa, namun fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap. Nah, untuk anda yang ingin berwisata alam dengan suasana yang tenang, Pulau Moyo dapat dijadikan pilihan. Melihat pemandangan yang begitu elok dengan suasana yang menyenangkan akan menjadi pengalaman berharga bagi anda.

Seputar Pulau Moyo

Pulau Moyo

Pulau Moyo memiliki keindahan yang memikat banyak wisatawan,  baik itu wisatawan nasional maupun wisatawan mancanegara. Bahkan diketahui beberapa pesohor dunia pernah berkunjung ke pulau yang satu ini. Salah satu yang paling terkenal yaitu kunjungan Lady Diana, juga berkunjung ke salah satu tempat wisata terbaik di Pulau Moyo yaitu Air Terjun Mata Jitu. Selain Lady Diana, beberapa artis dunia lainnya juga pernah berkunjung ke sini.

Selain itu, alasan lainnya mengapa Pulau Moyo banyak dijadikan tujuan wisata yaitu karena memiliki destinasi wisata lengkap, mulai dari pantai sampai air terjun ada di sini. Pulau Moyo memberikan jaminan privasi, sehingga tak heran jika tokoh atau artis dunia memilih berlibur ke tempat ini. Bahkan pihak pengelola menyediakan penginapan ekslusif di sini seperti Hotel Amanwana. Dengan fasilitas premium, serta baiknya sistem keamanan di sini akan membuat para tamu yang berkunjung merasa nyaman.

Lokasi Pulau Moyo

Pulau Moyo berada di Teluk Saleh, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pilihan Tempat Wisata di Pulau Moyo

Pulau Moyo

Ada beberapa objek wisata yang menarik di Pulau Moyo, salah satu yang terkenal yaitu Air Terjun Mata Jitu. Yuk simak beberapa objek wisata Pulau Moyo berikut ini.

Air Terjun Mata Jitu

Air terjun Mata Jitu menjadi spot populer yang menarik banyak minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Moyo. Memiliki bentuk dengan 4 undakan, serta 7 kolam dengan air berwarna biru tosca dan sangat jernih. Saat melihatnya tentu membuat siapa saja ingin menyeburkan diri dan merasakan kesegaran airnya.

Lady Pool

Lady Pool merupakan kolam alami yang begitu indah. Kenapa disebut dengan Lady Pool, sebab mendiang Lady Diana pernah berkunjung ke sini. Dari Air Terjun Mata Jitu, objek wisata ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah hulu. Tempat ini biasanya banyak dilewatkan oleh wisatawan karena ketidaktahuan akan tempat ini.

Air Terjun Diwu Mbai

Selanjutnya ada Air Terjun Diwu Mbai, yang merupakan spot adrenalin yang dapat anda sambangi. Dari Desa Labuan Aji, anda bisa naik ojek untuk sampai di tempat wisata yang satu ini.

Pantai Tanjung Pasir

Untuk wisatawan yang ingin berlibur ke pantai, tak perlu khawatir karena di sini juga pantainya begitu cantik dan mempesona, salah satunya yaitu Pantai Tanjung Pasir. Pantai ini lokasinya berada paling timur Pulau Moyo.

Pantai Raja Sua

Pantai ini terkenal karena memiliki keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona. Pantai ini menjadi lokasi favorit para wisatawan yang ingin snorkeling. Di sini anda bisa melihat aneka jenis terumbu karang.

Pantai Ai Manis

Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu indah dengan pasir putih yang sangat menawan. Kehadiran pepohonan di belakangnya menjadikan suasana semakin segar dan sejuk. Tidak hanya melihat indahnya pantai, di sini juga wisatawan dapat mengeksplor hutan.

Pantai Brang Sedo

Keindahan pemandangan bawah airnya tidak kalah dari Pantai Raja Sua. Tentu sangat sayang jika anda melewatkan pantai ini.

Takat Sagele

Takat Sagele merupakan pulau berukuran kecil yang terbentuk dari gundukan karang mati. Pulau ini akan muncul saat air laut surut, namun akan menghilang ketika air tenggelam. Dari Desa Labuan Aji jaraknya sekitar 15 menit. Objek wisata ini termasuk destinasi wisata favorit untuk diving dan snorkeling. Berbagai jenis ikan akan banyak anda jumpai di sini.

Pantai Poto Jarum

Hotel Amanwana merupakan hotel eksklusif di Pulau Moyo. Nah, biasanya tamu hotel ditawarkan destinasi wisata, salah satunya yaitu Pantai Poto Jarum. Pantai ini memiliki pasir putih dan suasananya masih sepi. Pantai ini sering dijadikan lokasi favorit untuk santai dan menenangkan diri.

Pantai Batu Kapal

Pantai ini oleh warga setempat biasa disebut dengan Crocodile Head Beach karena memiliki bentuk mirip kepala buaya. Pantai ini termasuk salah satu spot sunset terbaik.

Air Terjun Sangelo

Air terjun ini mungkin tidak seterkenal air terjun lainnya yang ada di Pulau Moyo karena aksesnya cukup sulit. Namun, keindahan dari objek wisata ini begitu memukau. Sulitnya akses ke sini akan terbayarkan dengan keindahan air terjun ini.

Pantai Sangelo

Pantai Sangelo menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Pulau Moyo. Memiliki terumbu karang yang padat, serta berwarna-warni akan membuat anda takjub saat melihatnya.

Lihat juga : Wisata Menuju Desa Tersembunyi Wae Rebo Di Nusa Tenggara Timur

Rute Menuju Pulau Moyo

Pulau Moyo

Untuk menuju ke Pulau Moyo, salah satu aksesnya yaitu dari Dermaga Aji. Di Dermaga Aji ada beberapa pilihan jenis Armada yaitu speedboat dan perahu nelayan. Apabila anda memilih speedboat, waktu tempuhnya sekitar 20 hingga 30 menit. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Moyo yaitu saat musim kemarau.

Fasilitas Pulau Moyo

Di Pulau Moyo sudah disediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang liburan wisatawan. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di sini yaitu aneka objek wisata seperti yang sudah disebutkan di atas, penginapan, resort dan lain sebagainya.

Tips Berkunjung ke Pulau Moyo

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan saat berkunjung ke Pulau Moyo seperti berikut ini.

  • Pastikan kondisi anda dan rombongan dalam keadaan fit dan sehat.
  • Siapkan perlengkapan wisata outdoor seperti alas kaki yang nyaman, tabir surya, losion untuk mencegah gigitan serangga, topi, kacamata dan lain sebagainya yang dirasa diperlukan.
  • Wisatawan disarankan untuk membawa uang cash sesuai yang dibutuhkan. Pasalnya transaksi di pulau ini sebagian besar menggunakan uang tunai.
  • Anda dan rombongan juga bisa menggunakan jasa pemandu lokal sebab mereka lebih tau rute, terutama rute objek wisata di pedalaman. Ini dilakukan agar lebih aman dan tidak tersesat.

Itulah informasi seputar Pulau Moyo yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.