Pulau Misool

Pulau Misool, Surga Kecil di Raja Ampat yang Mempesona

Pulau Misool, Surga Kecil di Raja Ampat yang Mempesona – Pulau Misool menjadi salah satu destinasi wisata menakjubkan yang bisa anda masukan ke daftar tujuan wisata anda. Di sini anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan. Anda akan menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan dan beberapa daya tarik lainnya di Pulau Misool. Mari simak pembahasan seputar Pulau Misool berikut ini.

Mengintip Keindahan Pulau Misool Raja Ampat

Pulau Misool

Pulau Misool Raja Ampat merupakan salah satu pulau terbaik di Papua. Raja Ampat itu sendiri memiliki pesona keindahan yang menakjubkan dan merupakan surga wisata bahari. Para pecinta olahraga air tentu akan senang berada di Pulau ini. Pemandangan alamnya begitu indah, tidak  kalah indahnya pula dengan pemandangan di bawah lautnya.

Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang menjadi daya tarik dari Pulau Misool, di sini juga terdapat peninggalan Kerjaan Misool, serta aneka pilihan tempat wisata lainnya yang menarik. Anda tentu tidak akan kecewa ketika berkunjung ke sini.

Pulau Misool bagaikan surga tersembunyi yang menyimpan keindahan luar biasa. Luas wilayahnya mencapai sekitar 2.034 km persegi. Di Raja Ampat itu sendiri ada 4 pulau besar, dimana Pulau Misool menjadi salah satunya. Letaknya berbatasan langsung Laut Seram dan lautan lepas. Ada banyak pulau kecil di sekitarnya yang tidak berpenghuni. Ketika berada di sana bagaikan berada di pulau pribadi.

Tanpa bersusah payah menyelam, anda bisa melihat keindahan bawah laut dari permukaan. Warna airnya begitu jernih membuat mata segar memandangnya. Hamparan laut yang luas dengan pasir putih dan jernihnya air di sini, ditambah dengan pepohonan hijau akan membuat siapa saja merasa takjub melihatnya.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pulau Misool

Pulau Misool

Di Pulau ini aktivitas diving berada di beberapa titik. Berbagai spesies terumbu karang, ikan, penyu, pari dan biota lautnya berada di perairan Pulau Misool. Ketika berada di sini, diving serta snorkeling menjadi aktivitas yang sangat menarik. Tentu akan sangat disayangkan jika berkunjung ke sini namun anda tidak menjelajahi keindahan alam bawah lautnya.

Waktu menyelam terbaik di sini hampir sepanjang tahun, terkecuali saat musim hujan karena rintikan air yang turun akan menganggu aktivitas anda.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat boat trips. Ketika menaiki boat trips anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan menyisir pulau yang indah ini. Pemandangan yang anda lihat saat melakukan penyusuran akan membuat anda kagum.

Aktivitas lainnya yang bisa anda lakukan di sini yaitu scuba diving, berenang, bersantai dan berjemur. Ketika berlibur ke sini dijamin anda akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Karena belum tentu anda  akan menemukan keindahan tempat ini di tempat lainnya.

Selain itu, di sini juga terdapat peninggalan sejarah yang bisa ditemukan pada dinding gua, yakni berupa lukisan. Diketahui lukisan yang terdapat pada dinding tersebut merupakan peninggalan nenek moyang suku yang ada di pulau ini. Di sekitar Misool terdapat beberapa desa yang sangat menarik untuk ditelusuri.

Hal menarik lainnya yang jangan sampai anda lewatkan yaitu tempat lukisan usia 5 ribu tahun. Nama lukisannya yaitu Petroglyph yang memiliki bentuk ikan, tangan manusia dan lain sebagainya. Dimana lukisannya didominasi oleh warna merah. Lukisan ini sedikit tersembunyi, yakni berada di dalam labirin.

Hal yang sama sekali tidak boleh dilewatkan ketika berada di Raja Ampat yaitu foto-foto. Tentu ini sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Di sini terdapat spot foto yang populer yakni Puncak Harfat. Dimana lokasinya tidak berada jauh dari Pulau Misool. Pantai-pantai yang berada di sekeliling Pulau Misool juga menjadi spot foto terbaik yang harus dicoba. Pantai dengan panorama terbaik salah satunya yaitu Pantai Gamfi.

Rute Pulau Misool

Pulau Misool

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Pulau Misool, tentu anda harus mengetahui rute jalan terlebih dahulu supaya bisa sampai ke tempat tujuan dengan lancar. Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa menggunakan pesawat rute perjalanan ke Sorong. Lalu transportasi yang digunakan yaitu kapal.

Jika anda ingin cepat sampai di Pulau Misool, anda bisa menggunakan kapal Cantika Lestari. Dengan kapal ini waktu perjalanan akan di tempuh sekitar 4 hingga 5 jam.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan KM. Fajar Indah. KM. Kurisi dan Fajar Mulia. Perjalanan dengan kapal ini akan ditempuh sekitar 10 jam.

Lihat juga : Danau Sentani, Kekayaan Budaya di Tanah Papua

Keindahan Lainnya di Pulau Misool

Pulau Misool

Ada beberapa keindahan yang terletak di Pulau Misool. Berikut ini ada beberapa tempat yang bisa anda kunjungi.

Yapap

Yapap merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika pergi ke Pulau Misool. Untuk bisa ke sini anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu. Diketahui harga yang ditawarkan cukup mahal. Namun, jika memiliki budget lebih tidak ada salahnya jika anda mengunjungi tempat ini.  Beningnya air membuat anda mudah melihat ikan tanpa harus menyelam ke dalam laut.

Danau Ubur-Ubur Lenmakana

Untuk bisa sampai ke tempat ini anda membutuhkan waktu yang cukup lama, sebab harus memanjat batu karang, serta trek yang lumayan ekstrim. Namun, semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang tersaji di sini. Jangan khawatir, ubur-ubur di sini tidak menyengat.

Love Pool

Love Pool merupakan penomena alam, dimana kolam seolah-olah berbentuk hati. Dengan air kolam yang sangat jernih membuat kita ingin berenang. Tidak hanya itu, anda juga bisa naik ke bukit untuk mengabadikan momen dengan berfoto di sini.

Harfat Peak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Harfat Peak merupakan salah satu tempat menarik di sini. Sebab di sini anda bisa menikmati seluruh pemandangan.

Penginapan Bak di Maldives

Jika anda sedang mencari penginapan yang memiliki pemandangan menakjubkan, maka Misool Eco Resort bisa dijadikan pilihan. Tempat ini menyediakan pantai private yang bisa anda nikmati. Kamar-kamar di sini menghadap langsung ke laut lepas, bagaikan di Maldives.

Tips Saat Berkunjung ke Pulau Misool

Pulau Misool

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan saat berkunjung ke Pulau Misool seperti berikut ini.

  • Bawa uang tunai yang cukup untuk berlibur, sebab di sini jauh dari ATM.
  • Anda harus membawa sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit terbakar.
  • Pilihlah waktu berkunjung terbaik ke pulau ini. Adapun waktu terbaik yaitu bulan Mei hingga September. Walaupun anda bisa berkunjung ke sini kapanpun, akan tetapi saat bulan tersebut wisatawan jarang datang sehingga kondisi pulau tidak terlalu ramai.
  • Anda sebaiknya suntik atau minum obat malaria.

Demikian beberapa informasi mengenai Pulau Misool Raja Ampat yang mempesona. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.